Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit yang Lezat

Dipos pada October 5, 2018

Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit sekitar 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit diperkirakan sekitar 15 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit memakai 7 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Baru-baru kemarin beli jenang Candil, ini tuh udah mahal dan rasanya nggak well banget. Akhirnya sy memutuskan untuk membuatnya hari ini.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit:

  1. 100 gr tepung ketan
  2. 100 gr gula jawa
  3. 3 sendok gula pasir
  4. 1/2 sendok teh garam
  5. 1 bungkus santan kara
  6. 300 ml air
  7. 2 lembar Daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit

1
Masukan tepung ketan ke dalam wadah. Ambil 3 sendok makan untuk di cairkan.
2
Tambahkan air pada tepung ketan untuk nguleni kurang lebih 50ml atau sampai tepung benar-benar Kalis. Jika ingin Candil terasa manis dan asin tambahkan gula pasir dan garam secukupnya.
3
Buatlah bulat-bulat kecil sebesar kelereng.
4
Sisir gula merah dan tambahkan ke dalam air 250ml. Masak diatas kompor aduk sampai mendidih, tambahkan gula pasir kurang lebih 2 sendok makan,tambahkan daun pandan.
5
Saring air gula Jawa yang sudah matang. Lalu masak lagi tunggu mendidih dan masukan bulatan tepung tadi ke dalam air gula. Tunggu sampai adonan mengapung ke atas, lalu tambahkan tepung ketan yang sudah dicairkan. Aduk cepat agar tidak menggerindil. Adonan sudah jadi dan siap.
6
Masukan santan kara ke dalam panci dan tambahkan air 100ml. Aduk hingga mendidih jangan lupa tambahkan daun pandan dan sedikit garam.
7
Tunggu hingga dingin. Tuangkan air santan ke dalam mangkok dan jenang. Jenang Candil siap dinikmati.
Jenang Candil kenyal dan enak memasak hanya butuh waktu 15 menit - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Candil Pelangi

Candil Pelangi

Makanan kesukaan pak suami

Bubur Candil Ubi Madu

Bubur Candil Ubi Madu

Bismillah... Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Udah pada tau belum momies mau bikin takjil apa nanti sore? Bikin bubur candil aja yuk. Resep ini udah dari tahun lalu saya post di Instagram saya @dwimuslimah4, dan lupa kalau belum dipost di siniπŸ˜†. Okay langsung aja yuk.... #buburcandil #takjil #menubukapuasa #takjilsimpel #bubur #ubimadu #cookpaders #dirumahaja #kedapuraja #masakitusaya #masakapahariini #cookpadid #cookpadindonesia #cookpaders #ramadhan

Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

Senangnya nemuin si ungu banyak manfaat ini di pasar dengan harga super murah. Lagi ingin cemilan manis-manis buat pagi nanti, ke-idean bikin bubur candil deh...

Kolak Biji Salak (Candil Biji Salak)

Kolak Biji Salak (Candil Biji Salak)

Bulan Ramadhan jauh dari rumah dan ngidam bini salak buat buka puasa, tapi sayang jarang yang jual di daerah sini. Alhasil bikin kolak candil sendiri. Kalau di sukabumi ini namanya candil, kalau di jawa timur kebanyakan orang bilang ini biji salak πŸ˜‚

Bubur Candil ubi ungu

Bubur Candil ubi ungu

Masih punya sisa ubi ungu waktu kemaren bikib bugis..daripada mubadzir dimanfaatkan saja #berburucelemekemas#resolusi2019

Candil Ubi Ungu

Candil Ubi Ungu

#PejuangGoldenApron2

Bubur Sumsum Siram Candil

Bubur Sumsum Siram Candil

Kepingin candil tapi kepingin bubur sumsum juga, gak masalah.. mari disatukan ajaπŸ˜†. Dulu kalau beli bubur sumsum di tukang jualan, candilnya disatukan dalam adonan bubur sumsum, jadi kalau pas nyuap dapet candilnya serasa dapet harta karun!πŸ˜„πŸ˜„ Alhamdulillah ngenyangin banget nih buat buka puasa😍 Notes : Kalau mau ngerebus candilnya langsung di kuah gula juga boleh ya, tapi pastikan kuah gulanya disaring dulu agar bersih dari ampas2 kelapa. Di resep ini saya rebus candilnya terpisah dari kuah gula. #CookpadCommunity_Bandung

Bubur sumsum kuah candil

Bubur sumsum kuah candil

Resep dari mamah. Pkoknya 1 banding 5. Tepung 1 air santan 5

Bubur candil

Bubur candil

Ini resep ala ibu saya yaa... Rahasianya pake gula putih. Bukan gula merah. Serius ini enak bgt ketimbang yang pake gula merah. Aku udh pernah coba yang pake gula merah. Ternyata jauuuh lebih enak pake gula putih. Metodenya gulanya di sangrai ya. Enak nya pake bangeeeet 🀀🀀🀀 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #minggu39

Bubur Candil Nangka

Bubur Candil Nangka

Candilnya lembut banget...

Kolak candil biji salak kenyal kenyal

Kolak candil biji salak kenyal kenyal

Candil termantul yg pernah adaaaaa ughhhh .

Bubur Candil ubi/biji salak

Bubur Candil ubi/biji salak

Bingung mau bikin takjil, yuukk bikin bubur candil aja. Bahannya murah rasanya mewah 😍

Candil alami & sehat

Candil alami & sehat

Karena banyak stock ubi ungu ,pandan & buah bit tepung ketan, jd iseng buat candil untuk takjil buka puasa.

Jenang Candil Ubi Kuning

Jenang Candil Ubi Kuning

source: eva arviyani ada ubi kuning di dirumah, tapi klo dimakan gtu aja suami kurang suka, nah krn skr mulai susah cari jenang candil apalagi di perantauan, akhirnya bkin jenang candil aja.

Bola Bola pelangi (candil rainbow)

Bola Bola pelangi (candil rainbow)

Anak saya yg kedua BB nya kurang dari BB ideal anak seusianya. Karena abis sakit dan susah makan. Alhamdulillah skrg sudah mulai mau makan. Dan saya buatin Camilan ini sebagai MP-ASI

Jenang Grendul aka Biji Salak aka Bubur Candil

Jenang Grendul aka Biji Salak aka Bubur Candil

Source: mbak @dhiah oddie Yummiii.. Kenyal2 enak..πŸ˜‹πŸ’•πŸ’