Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sambal pecel jogja istimewa yang Menggugah Selera

Dipos pada June 5, 2019

Sambal pecel jogja istimewa

Bagaimana membuat Sambal pecel jogja istimewa yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Sambal pecel jogja istimewa yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Sambal pecel jogja istimewa, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal pecel jogja istimewa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Sambal pecel jogja istimewa yaitu 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Sambal pecel jogja istimewa diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal pecel jogja istimewa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal pecel jogja istimewa memakai 10 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masa remaja saya sering banget ke dapur, salah satu pekerjaan saya di dapur adalah menggiling SAMBAL PECEL, lumayan juga bisa sampai Lima kilogram campuran kacang tanah dan gula merah beserta bumbu bumbu nya. Kali ini saya mencoba menduplikasi reset sambel pecel jogjakarta istimewa, langsung dari ibu kandung saya. Begini resepnya. (When I was teenager, I often spent my time in the kitchen, helping my mom to do many things, one of the activity was making SAMBAL PECEL, enough heavy to make until 5 kilogram peanuts and palm sugar include all the seasoning. This time I am duplicating my mother recipe. How? Have a look, please!!!!. Thank You)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal pecel jogja istimewa:

  1. 225 gram Kacang tanah (Peanut)
  2. 150 gram Gula Jawa (Palm Sugar)
  3. 50 gram Bawang Putih (Garlic)
  4. 60 gram Cabe Merah (Red Chilie)
  5. 15 gram Cabe Rawit Merah (Red Hot Chili)
  6. 15 gram Kencur (Galangal)
  7. 10 gram TERASI (Shrimp extraction)
  8. 2.5 gram Daun Jeruk (Lime Leaves)
  9. 15 gram Asam Jawa (Tamarin)
  10. 2 Sendok Teh Garam (Salt)

Langkah-langkah untuk membuat Sambal pecel jogja istimewa

1
Bersihkan kacang tanah, kemudian goreng hingga matang. Kali ini saya menggunakan kacang bawang. Kemudian digiling atau di blender kasar. Pisahkan. (Select the peanuts, clean up from any impurities, than fry until well done. Using some margarin, you will get a better taste. This time I am using some peanut fried in garlic seasoningseasoning. Keep a side)
Sambal pecel jogja istimewa - Step 1
2
Siangi Bawang Putih, Cuci bersig. Lalu potong kecil kecil (Pell up and clean up, than chops all garlic)
Sambal pecel jogja istimewa - Step 2
3
Siangi Cabe Rawit dan Cabe Merah nya (Do the same onto all chilies)
Sambal pecel jogja istimewa - Step 3
Sambal pecel jogja istimewa - Step 3
4
Kupas kencur, cuci bersih dan potong menjadi 5-6 bagian (Do to the galangal)
Sambal pecel jogja istimewa - Step 4
5
Potong-potong Asam Jawa juga. (Cut of into small parts of Tamarin)
Sambal pecel jogja istimewa - Step 5
6
Goreng semua bahan di atas (Bawang Putih, Cabe Rawit, Cabe Merah, Terasi, dan Asam Jawa) kemudian goreng dengan sedikit margarin, sampai keluar bau tajamnya. Setelah dingin, blender kasar. Sisihkan. (Fry all the above spices until you get a sharp smell, let them cold, and blend for a while. Keep a side)
Sambal pecel jogja istimewa - Step 6
7
Potong halus semua daun jeruk (please cut into small fibers all the lime leaves)
Sambal pecel jogja istimewa - Step 7
8
Campurkan semua bahan Kacang Tanah Giling, Bumbu halus yg sudah diblender, irisan daun Jeruk. Aduk hingga rata. (Mix all the peanut and seasoning pasta, stir until you have a good mixture)
9
Parut sedikit demi sedikit gula Merah dengan parutan keju, dan segera campur dengan adonan kacang di atas. Kemudian aduk merata. Process ini adalah langkah yg paling berat. Lanjutkan dan parut lagi gula Merah sampai habis. (Grate a little by a little the palm sugar, using cheese grater is OK. Mix well to the peanut dough. Do again and again until all the palm sugar finish. Stir well, you can use your hand also to get a better a brown pasta)
Sambal pecel jogja istimewa - Step 9
10
Bagi adonan menjadi sepuluh bagian lalu bungkus dengan plastik. Letakan dalam satu kontainer tertutup rapat dan simpan di dalam lemari es. Ambil satu pak dan tambah air secukupnya, saat anda bikin pecel. (Divide into ten parts @ 50 gram, cover with a sheet of plastic then keep into one container, than save into your cooler. Take one pack add some water, blend it well, when you are make a vegetable salad)
11
Inilah SAMBAL PECEL JOGJAKARTA ISTIMEWA (here it is SPECIAL SAMBAL PECEL JOGJAKARTA)
Sambal pecel jogja istimewa - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu Pecel Madiun Ala Bu Fauzi

Bumbu Pecel Madiun Ala Bu Fauzi

#PejuangGoldenApron2 #saturesepsatupohon #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu Assalamualaikum.buu ebook masak apa hari ini ? setelah dapat pr dari mamah cookpad ttg makanan fav ibuku, ampipit langsung teringat sama nasi pecel. makanan fav ibuku segala macam sayur, kalo ditanyain bu mau makan apa hari ini, jawabnya pasti yang penting sayur, ga pedes, dan ga asin. itulah ibuku. naaah waktu kita masih tinggal dimalang seminggu sekali kita selalu jajan nasi pecel di pecel langganan kita. resep bumbu pecel ini diberi sama tetangga ku di malang, yuuuk buu ebook cobain buat bumbu pecel sendiri.

1,5 kg
Sambal Pecel Kedelai

Sambal Pecel Kedelai

Biasanya kalo buat pecel bumbunya dikasih kencur kali ini sy coba resep dr mb desi yg tanpa kencur truzz kacang saya ganti kedelai.. Sambal pecel kedelai saya buat dg rasa pedes, manis, asam duh unik nich.. Hayukk dikepoin!!? Sc..desi dresviana resep cek 👇: https://cookpad.com/id/resep/11990618-bumbu-pecel-homemade?invite_token=dzEfjkRr3W6jTFgKnUcewxTq&shared_at=1616154025 #PekanPosbarKacang #PekanRayaKacang #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_eksis #RememberGenkPeDa_DesiDresviana #CookpadCommunity_Surabaya

Bumbu pecal

Bumbu pecal

Bisa di simpan di frezer dan kapan mau di gunakan tinggal kasih air panas tes rasa kurang apa sesuai selera siap di sajikan dan ngak perlu ngulek setiap buat pecal

Pecel sayur lezat

Pecel sayur lezat

#MomenManis

4 porsi
25 menit
Sego Pecel

Sego Pecel

3 porsi
Pecel Sayur

Pecel Sayur

Indonesian vegetable salad (pecel sayur)🤭🤭

Pecel sayur bumbu kacang simple

Pecel sayur bumbu kacang simple

Edisi malas masak akhirnya cuman ulek rebus goreng udah dehh selesai tinggal dimakan sama ikan goreng atau ayam goreng udahh wenakk poll😋

2 orang
1 jam
Bumbu Pecel Simple

Bumbu Pecel Simple

Manis dan asinnya disesuaikan selera ya.

4-5 porsi
Pecel Sayur alias Lotek

Pecel Sayur alias Lotek

Orang Sunda bilang makanan ini Lotek, ga punya waktu lama buat masak ? Cuus bikin ini cepet, sehat, enaaaak

1 porsi
Pecel ayam

Pecel ayam

Ikutan challenge nya mm lagi kali ini mm suruh bikin kita sambel di padukan dengan ayam menu hidangan yg ga ada bosen nya banya di jual di KQ5 endek apa hayo yuuuppp Pecel ayam langsubg ke resep aja Yo #Cookpadcommunity_Bekasi #Potberbisik_Bekasi #MakananEnak #PecelAyam

Bumbu pecel endull

Bumbu pecel endull

Bismilah resep pertama yg ku buat d cookpad yaa... Meskipun kondisi punya anak bayi d sempetin buat sambal pecel,,biar praktis stok kulkas 1bulan insallah aman..

6 / 7 porsi
30menit
Sayur pecel

Sayur pecel

🍃🍃

15 menit
Pecel Ayam khas Banyuwangi

Pecel Ayam khas Banyuwangi

Ibu yang buat

4 orang
2 jam
Bumbu Pecel Simple

Bumbu Pecel Simple

Bumbu pecel ala ala ngarang sendiri 😁

Sayur Sop rasa pecel tanpa daging

Sayur Sop rasa pecel tanpa daging

Sarapan pagiii pengen makan pecel tapi gak ada bahannya , adanya bahan untuk ngesop 😅 jadi begini deeh 😋

1porsi
45 menit
Sambel pecel santan

Sambel pecel santan

Resep sambal ini merupakan sambel khas dari keluarga saya yang asalnya dari tulungagung jatim. Gak tau kenapa kok disebut sambel pecel 😊😊 #sambalkuBedaLho #cookpadcomunity_RengatPekanbaruRiau

Sambel Pecel Mercon (SuperPedas)

Sambel Pecel Mercon (SuperPedas)

Jadi lagi LDR sama suami, dia suka sekali ngemil atau makan tapi pakai sambal pecel. Akhirnya.... waktu suami libur buat deh sambal pecel buat bekal suami 😽 #5resepterbaruku