Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Maldouf yang Enak

Dipos pada February 17, 2021

Maldouf

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Maldouf yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Maldouf yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Maldouf, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Maldouf di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Maldouf sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Maldouf memakai 10 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Subuh subuh pas buka CP dapat surat dari mamah cookpad diajakin #BelanjaIdeDipasarCookpad. kebetulan banget mau bikin roti buat sarapan, pas si tepung sama telur habis.๐Ÿคฆ Aih...si mamah selain jago masak, ternyata punya ilmu kebatinan yack, bisa aja menerawang bahan dapur yg lagi habis. ๐Ÿคญ๐Ÿ˜† Langsung berangkat yuk belanja "tepung terigu sama telur" Kali aja kalo langganan ke pasar cookpad ntar dapat bonus #SarungTanganCookpad (belanja tapi ngarepnya bonus melulu ๐Ÿ˜…) . Well, kembali ke resep Maldouf adalah paratha tradisional ala Oman ๐Ÿ‡ด๐Ÿ‡ฒ Bedanya dengan paratha India atau paratha Bangladesh adalah si paratha Oman ini rasanya manis karena menggunakan tambahan Kurma. teksturnya juga lebih lembut. Dan bentuknya itu Kotak. Bukan bulat. ๐Ÿ˜ Ketika disajikan paratha yg manis ini di isi dengan parutan keju Cheddar yg gurih, membuat perpaduan rasa yg Masha Allah makin Lazizzz ๐Ÿ˜‹ #BelanjaIdeDipasarCookpad #SarungTanganCookpad

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Maldouf:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 1 butir telur ukuran besar
  3. 10 butir kurma atau sesuai selera
  4. 100 ml air panas (untuk merendam kurma)
  5. Secukupnya air hangat (untuk tambahan adonan)
  6. 3 sdm minyak Samin bisa pakai mentega leleh
  7. 1/4 sdt garam halus atau sesuai selera
  8. 3 sdm susu bubuk
  9. Secukupnya minyak Samin/mentega leleh (untuk olesan+ penggang)
  10. Secukupnya keju Cheddar parut (untuk isian)

Langkah-langkah untuk membuat Maldouf

1
Untuk campuran roti atau masakan, saya selalu menggunakan kurma jenis "kurma khalas" yaitu kurma yg teksturnya lembek lengket tapi kandungan gulanya lebih tinggi, bisa pakai kurma jenis apapun ya mom's, tinggal ditambah aja jumlah kurmanya jika kurang manis. Sesuaikan selera.
Maldouf - Step 1
2
Buang isi kurma, rendam dengan air panas, biarkan 1 jam atau sampai lunak, lalu remas remas hingga smooth (kalo males meremas, bisa diblender)
Maldouf - Step 2
3
Dalam wadah, campur terigu, telur, susu bubuk, garam halus dan hasil rendaman kurma tadi, tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil ulen adonan.
Maldouf - Step 3
4
Tekstur adonan memang harus lengket ya, lalu tambahkan minyak Samin atau mentega leleh, uleni terus hingga adonan mulai tidak lengket lagi ditangan,, jangan keburu emosi, jika kita ulen terus lama lama gluten akan terikat, ingat ya adonannya harus lembut seperti photo. Lalu Tutup rapat adonan dan istihatkan 1 jam.
Maldouf - Step 4
Maldouf - Step 4
5
Setelah kita istirahatkan 1 jam, uleni lagi sebentar saja, lihat teksturnya lebih Kalis tapi masih tetap lembut. Bagi adonan menjadi beberapa bulatan kecil. (Selalu tutup adonan agar tidak kering)
Maldouf - Step 5
6
Ambil 1 adonan, gilas pipihkan, olesi dengan mentega leleh lalu taburi dengan tepung, lalu lipat, olesi tiap lipatan dgn mentega leleh juga taburi dengan tepung. Lipat seperti amplop
Maldouf - Step 6
Maldouf - Step 6
Maldouf - Step 6
7
Hingga menjadi kotak, lakukan kesemua sisa adonan hingga habis, tutup dan istirahatkan lagi 15 menit
Maldouf - Step 7
Maldouf - Step 7
8
Setelah 15 menit, panaskan teflon, sambil menunggu teflon panas ambil 1 adonan, gilas pelan hingga berbentuk kotak, karena inilah ciri khas Maldouf alias paratha khas Oman.
Maldouf - Step 8
9
Cek teflon harus benar-benar panas, baru kecilkan api, dan teflon JANGAN diolesi apapun, taruh pelan maldouf diatasnya, biarkan hingga keluar gelembung, lalu balikkan, tunggu beberapa detik.
Maldouf - Step 9
Maldouf - Step 9
10
Lalu taruh diatasnya sekitar 2 sendok makan mentega leleh, baru dibalikkan lagi, sekarang putar api kearah besar, sambil tekan tekan dan putar putar si maldouf, balikkan juga sisi satunya hingga semua permukaan terkena lelehan mentega dan warna menjadi lebih cantik.
Maldouf - Step 10
Maldouf - Step 10
11
Setiap selesai memanggang satu maldouf, jika ingin menaruh Maldouf selanjutnya, LAP lebih dulu teflon dengan tisyu agar bersih dari bekas mentega, biar maldouf selanjutnya tidak cepat gosong ya.
Maldouf - Step 11
12
Olesi Maldouf dengan sedikit mentega, lalu taburi dengan keju Cheddar parut, lalu gulung, dan inilah sarapan dengan paratha from Oman ๐Ÿ‡ด๐Ÿ‡ฒโค๏ธ
Maldouf - Step 12
13
Nikmati dengan secangkir Chai naknak (teh mint panas) atau lainnya, Alhamdulillah nikmatโค๏ธ
Maldouf - Step 13
14
Bisa untuk sarapan ataupun cemilan saat tea time. selamat mencoba, semoga bermanfaat ๐Ÿ˜˜
Maldouf - Step 14

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Home made healthy ice cream

Home made healthy ice cream

Si kecil minta dibuatkan ice cream dari bahan kurma, bayam dan stoberi, terinspirasi dari youtube yang ditontonnya, resepnya mudah dan rasanya juga enak dan sehat

8 pcs
15 menit
Puding Tape Panggang

Puding Tape Panggang

#Recook_Nana_Hanif Sudah lamaaa banget cookmark resep ini dari DapurVy, tapi akhirnya baru bisa dieksekusi sekarang melalui resepnya mbak Nana Hanif.. ๐Ÿ˜… Kenapa dinamakan puding tapi dipanggang? ๐Ÿ˜ฎ mungkin krn tekstur nya lembut sangat, menyerupai puding.. apalagi kalau dimakan dlm keadaan sejuk.. ๐Ÿ˜˜ Tekstur nya mirip kue Bingka dari Kalimantan atau kue Bolu Kojo dari Sumatera Selatan ya.. ๐Ÿ˜Š Resep asli bisa dilihat disini ๐Ÿ‘‰ Puding tape panggang #pr_tapedeeh https://cookpad.com/id/resep/5300048-puding-tape-panggang-pr_tapedeeh

2x 20x10x4cm
Nastar Lumer isi kurma

Nastar Lumer isi kurma

Lebaran tahun ini kami tidak bisa pulang kampung. Saya dan suami tinggal di surabaya, dan mertua di palembang. Jadi saya berinisiatif untuk membuat kue kering dan mengirimnya untuk mertua saja. Hehee. Karena hasilnya enak jadi saya bikin 2x. #SiapRamadan

4 toples
Oatmeal Madu

Oatmeal Madu

Resep oatmeal madu ini adalah resep oatmeal pertama yang berhasil bikin aku jatuh cinta sama oatmeal. Simply, yet delicious. Mengenyangkan, bikin nya pun tinggal campur jadi satu aja. Sehat banget dalam 1 bowl. Dan kalori nya pun ngga tinggi banget yah. Kurang lebih dengan 400kkal ini udah bisa bikin kenyang seharian :) Kenapa kenyang seharian? Karna oatmeal adalah karbohidrat kompleks, tidak seperti nasi yang karbohidrat simpleks, menjadikan oatmeal ini lebih lama mengenyangkan perut. Selain itu oatmeal ini tinggi sekali serat, jadi sehat banget ya :)

1 mangkuk
5 - 10 menit
Lumpia Apel Karamel

Lumpia Apel Karamel

Efek weekend ga kemana2, dari pagi ampe sore pengennya sibuk di dapur mulu. Emang udah hobi bgt masak, jadinya happy aja dan ga berasa cape sama sekali. Abis beres2 kulkas, nemu apel 3 biji yg kulitnya udh mulai agak mengkerut dan kurma yg dari bulan puasa kemaren (efek kulkas penuh) ๐Ÿ˜‚. Kulit lumpia jg ada di freezer. Browsing resep di google, nemu resep lumpia apel karamel punya nya bundanina bahannya jg lengkap, langsung di eksekusi. Di isinya aku tambahin kurma. Lumayan buat cemilan sore hari. Izin share ya mba resepnya.

Pie Susu Kurma

Pie Susu Kurma

#sajianramadhan

Bread Pudding with vanilla Sauce yummii

Bread Pudding with vanilla Sauce yummii

Ini enak bener.. Dah lama pengen coba resep ini, sebelumnya pernah bikin dg resep lain tapi lebih enak yg ini deh kyknya..๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜Š Resep sedikit dimodif menyesuaikan dg stok yg ada.. Kalo mau resep asli cek di cp ci Tintin Rayner saja yah bund.. Aq bikin hanya setengah resep tapi modif sedikit karena bahannya nanggung.. Tapi hasilnya enak banget kok bund.. Yuk dicoba..๐Ÿ˜‰ Source: ci tintin rayner

Ayam Gulai Putiah Ayam Kurma Khas Padang

Ayam Gulai Putiah Ayam Kurma Khas Padang

ayam di gulai tdk pedas ini merupakan makanan penyelamat jika kami sedang makan diluar bersama si sulung yang belum bisa makan pedas. sore ini mamak iseng pengen masakin kakak gulai ayam putiah. n berhasil bikin kakak makan 2 piring malam ini

5 porsi
30 menit
Sekoteng Oriental Style

Sekoteng Oriental Style

Sekoteng Singapore Style

4 porsi
Ollie Bolen / roti goreng

Ollie Bolen / roti goreng

Waktu hujan kok pengen nyemil, liat ig2 ada resep saya utak atik sesuai bahan dirumah...

Roti kukus keju

Roti kukus keju

Pertama nyoba liat resep teman.. anak pengen jajan jadilah ini..enak sih.

7 porsi
Pai Apel Teflon

Pai Apel Teflon

Karena ada apel 1 buah di rumah g dimakan-makan akhirnya bereksperimen membuat Pai Apel aja efek mager di rumah #dirumahaja #sosialdistance

Jus plumberries

Jus plumberries

3 gelas
Klappertart (versi halal tanpa rhum)

Klappertart (versi halal tanpa rhum)

Ud lama ngidam ni makanan..cuma disini ga ada yg jual..iseng2 bikin dan hasilnya memuaskan..uenaaaakkk pol...!!๐Ÿ˜

Nabiiz milk with honey

Nabiiz milk with honey

Buat minuman tonik Dari makanan berkah Konsul dokter spesialis gizi sarannya pakai susu uht agar penyerapan lebih baik Walhamdulillah Hidangan kita di yaumut tasawwuq Ma'had al-Birr

3 gelas
Kukis Oat Coklat

Kukis Oat Coklat

Karena si anak kicik gak konsumsi telur dan produk dairy, jadilah ubek2 cookpad. Nemu resep Mb Amez Mekabe yg di-recook Mb Teti Ummu Yumna. Sedikit modifikasi di susu kental manisnya.

Bubur Singkong

Bubur Singkong

Pengen makan bubur tapi yang tidak terlalu berlemak atau manis.Jadilah bubur tanpa santan di ganti dengan sedikit fibercreme

Salad Buah

Salad Buah

Ini salad buah ala aku yaa.. Aku tu gasuka sama mayones jadi aku pakein kental manis aja sm taburan keju. Oiya, dibuat begini tuuh hasil perpaduan comot2 bahan dari #belanjaidedipasarcookpad loooh.. Itung2 ini bikin gaya baru utk menyantap buah laahhh yaaa ๐Ÿ˜ Semoga Bisa jadi referensi teman2 semua yaa ๐Ÿฅฐ #sarungtangancookpad #cookpadcommunity_yogyakarta #alamommyrizky #alame

1 porsi
15 menit