Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bubur Ayam Cakwe yang Lezat Sekali

Dipos pada December 20, 2018

Bubur Ayam Cakwe

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Bubur Ayam Cakwe yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Bubur Ayam Cakwe yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Ayam Cakwe, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Ayam Cakwe ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Ayam Cakwe biasanya untuk 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Ayam Cakwe sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Ayam Cakwe memakai 32 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi bosen makan nasi, spagetty, kepengen bubur, disini ga ada yang jual, jadinya niatin deh buat...dari mulai bubur, cakwe dan kaldu ayamnya...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Ayam Cakwe:

  1. Bahan bubur:
  2. 2 piring nasi (blender halus dengan air)
  3. 1 sdt garam
  4. 1/2 sdt vetsin
  5. 3 gelas air
  6. Bahan cakwe:
  7. 12 sdm tepung terigu
  8. 2 sdt minyak sayur
  9. 1 1/2 sdt kaldu ayam
  10. 1/4 sdt garam
  11. 1 butir telur kocok
  12. 3/4 sdt baking powder (hampir 1 sdt)
  13. 1/4 sdt baking soda
  14. 100 ml air (kurang lebih)
  15. Bahan kuah & ayam:
  16. 2 sdm bumbu dasar kuning
  17. 1 sdm minyak
  18. 150 gr dada ayam
  19. 250 ml air
  20. 1/2 sdt garam
  21. 1/2 sdt vetsin
  22. 1/4 sdt jahe bubuk
  23. 1/4 sdt kunyit bubuk
  24. 1/2 sdt ketumbar tumbuk
  25. 1 sdm kemiri tumbuk
  26. Bahan tambahan:
  27. Kecap manis
  28. Kerupuk
  29. Bawang goreng
  30. Lada bubuk
  31. Daun seledri (saya ganti peterseli sbg pemanis)
  32. Kacang kedelai (saya skip)

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Ayam Cakwe

1
Blender halus nasi dengan sedikit air, kemudian masak dipanci tambahkan air, garam dan vetsin. Masak hingga mendidih meletup sambil diaduk dan dengan api kecil sampai air menyusut, bubur mengental sesuai selera. Setelah matang sisihkan.
2
Buat cakwe: masukan semua bahan, aduk rata kecuali air dimasukan bertahap sambil diulen tangan sampai rata, tidak perlu ulen lama asal rata saja, tutup dengan plastik wrap dan diamkan suhu ruang selama minimum 1 jam atau boleh juga semaleman (bisa lihat di resep cakwe terpisah). Setelah satu jam, tidak perlu diulen langsung diguling dengan tangan bentuk memanjang kemudian pipihkan dengan roll sekitar ketebalan 1 cm, potong potong dan tempelkan satu bagian dengan yang lainnya.
3
Panaskan minyak, bisa test dengan sedikit adonan. Goreng sambil dibalik balik hingga mengembang dan menguning. Bisa diangkat dan sisihkan, potong-potong kecil untuk topping bubur.
Bubur Ayam Cakwe - Step 3
Bubur Ayam Cakwe - Step 3
4
Untuk kuah dan ayam suir: tumis bumbu dasar kuning lalu tambahkan air dan masukan dada ayamnya, beri bumbu. Masak hingga mendidih dan ayam matang. Test rasa. Ayam bisa diangkat lalu kemudian digoreng ya tidak usah terlalu kering. Setelah itu disuir-suir. Kuah ayam sisihkan untuk kuah bubur.
Bubur Ayam Cakwe - Step 4
Bubur Ayam Cakwe - Step 4
5
Penyajian: cedok bubur sekitar 2 1/2 centong, tata cakwe, ayam suir, kemudian tuang kuahnya sesuai selera. Beri bawang goreng, seledri, dkk. Dan beri kecap manis. Bubur ayam siap dinikmati.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur hati ayam MPASI 6+

Bubur hati ayam MPASI 6+

Bubur hati ayam ini tergolong mudah untuk dibuat cepat dan juga murah. Kalau sedang malas memasak saya biasa bikin bubur ini untuk si baby.

3 porsi
1 jam
Bubur Ayam Nasi Sisa / Leftover Rice Chicken porridge

Bubur Ayam Nasi Sisa / Leftover Rice Chicken porridge

Cooksnap Mamak ku @dapurade50 ini ternyata enak loch bubur nasi sisa xixixi baru pertama kali buat langsung suka. Yuk kita lihat cara membuatnya. #cookpadcimmnity_bogor #buburnasisisa #Genkpejuangdapur #remembergenkpeda_DapurAde #semangatuntukAdeGenkPeda #dibuangsayang

2 porsi
25 menit
Bubur Ampok Jangung

Bubur Ampok Jangung

Biasanya ampok jagung dibuat nasi, tapi kalau di Lumajang ampok juga dibuat bubur atau jenang. Ampok disebutnya Glepungan.. edisi rindu emaak #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #CookpadCommunity_TanjungRedeb #CookpadCommunity_Berau #PejuangGoldenApron3 #OlahanJagung

2 porsi
Bubur Ayam ala Chinese Resto

Bubur Ayam ala Chinese Resto

Hi mom, belakangan ini cuaca sepertinya mulai tidak menentu ya. Padahal belum memasuki musim hujan, tapi tidak apa-apa rasanya kalau kita memiliki resep bubur untuk dibuat bagi keluarga terkasih. Resep ini sangat aku rekomendasikan kepada para mom yang lebih menyukai bubur ayam tidak berkuah dan tekstur bubur yang tidak terlalu berat. Selamat mencoba moms!

7 orang
1 jam 30 menit
Bubur ikan kembung saus tomat mpasi 7bulan

Bubur ikan kembung saus tomat mpasi 7bulan

Dapat resepnya dari bunda adila delama yang ada dicookpad juga, cuma bedanya aq pakai ikan kembung, dan reaksinya alhamdulillah baby q suka makannya sangat lahap..

3porsi
MPASI Bubur Ikan Tuna Edamame dan Tomat Merah

MPASI Bubur Ikan Tuna Edamame dan Tomat Merah

Everyday is Cooking Day. Cook with your heart for your special love ❀

3 kali makan
3 jam 10 menit
Bubur oatmeal pedas gurih

Bubur oatmeal pedas gurih

Sarapan sehat tetap enakk

1 Orang
30 menit
Bubur Ayam Cepat & Sederhana

Bubur Ayam Cepat & Sederhana

Memanfaatkan sisa nasi tapi bosen sama nasi goreng. Jadilah bikin bubur cepat ini. Topping bisa menyesuaikan dengan stok yang ada, bisa ayam suwir, abon, pampis tongkol, atau cuma telur rebus ajaa juga enaak.. Ini kebetulan punya sisa paha ayam fillet, jadi air nya diganti kaldu ayam.. Makin guriihh.. Jika tidak ada fillet ayam, diganti air biasa + kaldu jamur secukupnya 😊 Intip resepnya Eyang Puji winarni πŸ€—πŸ€—

3 porsi
30 menit
Bubur Kaldu Ayam

Bubur Kaldu Ayam

Mpasi Shabira✨ Hari ini mau masak ayam sisit, seperti biasa ayam di rebus dulu terus airnya sayang kalo dibuang (semenjak punya anak otak berfikir keras apa yg bisa di manfaatin dan apa yg dibuang)πŸ˜‚ Rasanya kayak yg di resto itu loh mom yg di mall, mamaknya jg doyan pasti kannn. Bisa tambah minyak wijen & kecap asin🀀 #pekanposbar

3x makan bayi
Bubur ala korea ala2 πŸ˜€

Bubur ala korea ala2 πŸ˜€

Ceritanya lg ga enak badan, jd mau coba2 buat bubur yg lembut enak di perut kyk di drama2 korea. Pas juga skrg lg musim hujan, dingin2 enaknya yg hangat :)

3 porsi
1 jam
Mpasi Bubur Hati Ayam 6+

Mpasi Bubur Hati Ayam 6+

Menu mpasi selanjunyaπŸ‘

2 porsi
30menit
138. Bubur Kacang Ijo Metode 5-30-7 (IRIT GAS)

138. Bubur Kacang Ijo Metode 5-30-7 (IRIT GAS)

πŸ“ Minggu ke 15, 11/09/2020 Sore Cookpader ❀️ Lagi nggak enak badan penginnya makan Bubur, sdh lama simpan Resep Mbak Zahra Aliyah, Alhamdulillah Enak dan sesuai Selera, biasanya keluarga saya kl bikin Bubur Kacang Ijo campurannya beras Ketan, tapi di Kalimantan kl lagi sakit tak dibolehkan makan ketan, entah kenapa, nggak tahu alasannya, pesan penduduk asli patut dihargai, selain itu ada Resep Simple yg sdh berseliweran di Beranda Cookpad Yaitu Metode 5-30-7 yg irit gas dan ringan juga memasaknya, bisa sambil duduk lihat resep di beranda Cookpad πŸ˜‹ Langsung praktek lihat teori dlm praktek aja ya pembuatan Bubur Kacang Ijo Metode 5-30-7, Saya bikin 1/2 Resep saja. Cekidot πŸ‘‡ Source @Zahra Aliyah #PejuangGoldenAppron3 #AnekaBubur #BuburKacangIjo #ResepBuburKacangIjoSastraDewi #Cookpad_id

3 Porsi
1 Jam
Bubur Hati Ayam Kampung 4🌟 (MPASI 6+)

Bubur Hati Ayam Kampung 4🌟 (MPASI 6+)

setelah 2 hari masak hati ayam kampung, kyaknya si baby kurang suka dengan hati (apa mungkin krn pahit) jadi porsi makan dikit banget. Pas diganti daging eh makannya jadi lahap lagi ☺️

Bubur Ayam Mentega By. dr. Meta Hanindita (Menu MPASI 4 Bintang)

Bubur Ayam Mentega By. dr. Meta Hanindita (Menu MPASI 4 Bintang)

Anakku beneran mangap teruz sama menu yg ini, cocok banget untuk anaknya yg lagi GTM.. Selamat mencoba moms..^^

4 kali makan
1 jam
MPASI 6 BULAN (BUBUR IKAN TUNA) Menu Lengkap 4 bintang ⭐

MPASI 6 BULAN (BUBUR IKAN TUNA) Menu Lengkap 4 bintang ⭐

Cooking with Love ya moms ❀️

3 porsi
20-30 menit
Bubur manado

Bubur manado

Bismillah ... Ini poto jualan ahahaha, gak ada lagi potonya udah pada ilang .. Meju fav jualan inih enak masya Allah

10 orang
1 jam 30 menit
MPASI 6-8 bulan : Bubur Udang

MPASI 6-8 bulan : Bubur Udang

Respon makan Azhar ⭐⭐⭐⭐ Pertama kali ngasih udang. Sempet worry karena kedua orang tuanya alergi. Tp pas makan Azhar suka dan ga ada reaksi alergi (tidak ada ruam merah).

Tips membuat bubur super simpel

Tips membuat bubur super simpel

Bismillah....haiii moms...πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—ini jurus jitu aku loh bikin bubur ga pake lama.ga banyak wktu.ga bnyak pake gasπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.cucok untuk yg kepepet waktunya.rasapun tak kalah dg bubur2 yg di proses dg manual.cuzzzz kekepin yuk resepnya hihihii.eh kok kekepin🀣 dikira ama doi aja kale yahπŸ€­πŸ˜‚mksdny kepoin yaaaπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€­πŸ€­πŸ€­πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜