Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Bubur Hintalu Karuang yang Lezat

Dipos pada January 17, 2019

Bubur Hintalu Karuang

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur Hintalu Karuang yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Bubur Hintalu Karuang yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bubur Hintalu Karuang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Hintalu Karuang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Bubur Hintalu Karuang biasanya untuk 8 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bubur Hintalu Karuang diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Hintalu Karuang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Hintalu Karuang memakai 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillahirrahmaanirrahiim. Sabtu, 4 Juli 2020 menjawab tantangan cilmin #ApakahAku bulat² kecil dan berkuah berbahan dasar tepung ketan, gula merah dan santan. jawabnnya...??? Aku adalah #hintalukaruang ikut #Pameranrecook #Dutarecookberaksi #DutarecookTanjung #CookpadCommunity_Tabalong #CookpadCommunity_Borneo #yutaSQUAD ikutan yukkk..!! Sumber: Icha Annisa Septiana Sudah lama nggak makan bubur hintalu karuang. Entah apa yang membuat anak perempuan bunda tiba² minta dibikinkan hintalu karuang.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Hintalu Karuang:

  1. 250 gr tepung ketan
  2. 75 gr tepung beras
  3. 2 sdm air kapur
  4. 150 ml air
  5. Sejumput garam
  6. Kuah gula
  7. 200 gr gula merah
  8. 3 sdm gula pasir
  9. 2 daun pandan
  10. 200 ml air
  11. 1 ltr santan sedang
  12. 1/2 sdt garam
  13. 1 butir telur
  14. 2 sdm tepung beras larutkan dg 3 sdm air

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Hintalu Karuang

1
Buat bola2 tepung dulu.. Campur tepung ketan, tepung beras dan air kapur sirih tambahkan air matang sedikit2 sampai adonan kalis dan bisa dibentuk, Ambil 1 sdt adonan lalu bentuk bola2 seperti kelereng, lakukan hingga adonan habis. Sisihkan. Tips agar bola² tepung tidak lengket. Alasi / ditaburi dengan sedikit tepung ya..
Bubur Hintalu Karuang - Step 1
Bubur Hintalu Karuang - Step 1
Bubur Hintalu Karuang - Step 1
2
Bahan kuah: Rebus gula merah dan gula pasir dgn 200 ml air lalu saring.
Bubur Hintalu Karuang - Step 2
Bubur Hintalu Karuang - Step 2
3
Rebus santan hingga mendidih Setelah santan mendidih kecilkan api,masukan rebusan gula merah kedalam rebusan santan
Bubur Hintalu Karuang - Step 3
Bubur Hintalu Karuang - Step 3
4
Masukan bola2 tepung biarkan hingga bola2 terapung (tandanya sudah matang),masukan kocokan telur aduk cepat hingga telur berserabut,tuang larutan tepung beras aduk rata, biarkan mendidih sebentar, matikan api.
Bubur Hintalu Karuang - Step 4
Bubur Hintalu Karuang - Step 4
Bubur Hintalu Karuang - Step 4
5
Biarkan beberapa jam agar air gula meresap ke dalam bola2, warnanya akan berubah jd lebih gelap dan rasanya pun akan lebih legit.
Bubur Hintalu Karuang - Step 5
Bubur Hintalu Karuang - Step 5
6
Pindahkan ke mangkuk saji. Sajikan bubur hintalu karuang. Jangan lupa cuci tangan sebelum makan dan berdoa.
Bubur Hintalu Karuang - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

12. Bubur kacang ijo sederhana

12. Bubur kacang ijo sederhana

menggunakan bahan sederhana tapi tetep menyehatkan

Bubur manado (burma)

Bubur manado (burma)

Burma adalah satu makanan khas manado yang jd favorit sy, mama saya sering buat makanan ini di hari minggu, supaya makannya panas2 dan rame2, makanan ini sangat sehat krn banyak sayurannya, paling enak di santap dengan ikan kering, dan sambel roa, untuk pendamping lainnya bisa dengan perkedel jagung atau tahu goreng, sungguh nikmat membayangkannya, selamat mencoba ibu2.

Bubur Ayam Hainan (mpasi 8m+)

Bubur Ayam Hainan (mpasi 8m+)

Karna bosen masak bubur ayam cuma sekedar campur daging dan sayur jadi pingin rasanya agak beda jadilah punya ide untuk bikin bubur hainan, ini zein lahap banget makannya padahal porsi nya lumayan banyak untuk umur dia saat itu.

Bubur nasi merah putih

Bubur nasi merah putih

Bikin bubur untuk kasih nama keponakan🤭🤭butuh kesabaran ekstra Bun (hampir 2 jam bikinnya😅😅)

100 cup
Bubur Daging Sapi Buncis (MPASI)

Bubur Daging Sapi Buncis (MPASI)

Lagi semangat bikin MPASI Homemade lagi.. Setelah bbrp hari kemarin males, jadinya pake bubur fortifikasi. Resep ini nengok dari buku 78 Resep MPASI dr. Meta 📝 Di buku pake bayam, krn ga ada jadi diganti sama buncis. Alhamdulillah khalid suka 🥰👍🏻

3 Porsi (3x makan)
20-30menit
Tumis Tahu untuk Toping Bubur

Tumis Tahu untuk Toping Bubur

masih dalam rangka bebersih kulkas, ada tahu kuning dan sedikit sayuran. karena besok jadwal restock kulkas jadi hari ini kita kuras habis dulu bahan² masakannya. sarapan pagi ini pasukan request bubur. oke kita bikin aja yg praktis. nasi semalam masih banyak di rice cooker, tinggal tambah air yg banyak, kasih daun salam dan sedikit garam kita masak lagi di rice cooker sampai jadi bubur. nah untuk topingnya gak usah bikin yg ribet². tinggal biikin tumisan tahu ini, pasukan di rumah udah rebutan deh makan buburnya. 😘😍 kalo lagi komplit sih bisa ditambah daging ayam suir dan ati ampela goreng. 😉 kalo kurang asin tinggal tambah kecap asin. nah untuk sambelnya tinggal kasih togarashi aja, resepnya sudah saya bagikan ☺ #berburucelemekemas #resolusi2019

Bubur Gerendul Ubi Cilembu

Bubur Gerendul Ubi Cilembu

Bubur gerendul ini cocok untuk hidangam penutup atau sebagai camilan disaat lapar #PejuangGoldenApron2

Bubur Kacang Ijo Ala Dapur Saya😘

Bubur Kacang Ijo Ala Dapur Saya😘

Soulmate nya nya bubur ketan hitam😄

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Ini saya bikinnya tanpa direndam dulu kacangnya alias bikinnya dadakan. Jadi ada sedikit tips nich Kalo kalian lupa ngerendem kacang hijau semaleman, bisa pakai metode 5-30-7 dijamin cepet mateng, irit gas, tekstur kacang hijau nya masih bagus ga terlalu mekar tapi sudah empuk. Gak cuman buat kacang ijo aja lho, bisa buat rebus kacang, ubi rebus, bubur ketan item, daging, banyak deh. dan alhamdulillah hasilnya di sukai ama keluarga 🤗❤ #PertamaPerdana

Bubur Ayam Gorontalo

Bubur Ayam Gorontalo

Teringat bulan ramadhan, karena setiap buka puasa pasti ada bubur ayam... Dan masih ada sisa daging ayam kemarin, jadi di buat bubur deeh..

Bubur Sehat

Bubur Sehat

Bubur ini cocok banget disajikan saat hujan atau flu karena hangat dan enak.

4 porsi
Bubur Ayam Kecap

Bubur Ayam Kecap

Paling nyaman bikin bubur sendiri. Karena toppingnya bisa dibumbui bebas sesuka hati. Yg suka bubur begini aja? Yuk toss..

2 orang
60 menit
Menu MPASI Bubur telur ayam kampung ❤️

Menu MPASI Bubur telur ayam kampung ❤️

Fresh from the oven. Baru banget mateng. Aromanya bikin ibunya laper 😂

Bubur Mpasi Anak Tumgi

Bubur Mpasi Anak Tumgi

Anak aku lg tumbuh gigi (tumgi), dia jd nolak makan karena gusi bengkak sakit klo harus ngunyah. jd aku bikinin bubur ini. alhamdulillah mau maem... buburnya guriihh bgt krna ada keju. anak pasti suka 😊 selamat mencoba

3 porsi kecil
Mpasi 8+ Bubur Telur Puyuh

Mpasi 8+ Bubur Telur Puyuh

Enak gurih anak saya lahap makannya. Saya perkenalkan naik tekstur sejak usia 8 bulan tapi masih selang seling di saring, 8.5 bulan sudah tanpa saring.

Mpasi 6mos - Bubur nasi udang wortel

Mpasi 6mos - Bubur nasi udang wortel

Ini enak, anak lahap mamine jg doyan sih makanin yg g kesaring 😂😂

2 porsi
2 jam
Bubur ayam ungu mpasi 8m+

Bubur ayam ungu mpasi 8m+

Dibuat dengan hati seorang mama 😊

Bubur Oatmeal Mpasi 8 Mo+

Bubur Oatmeal Mpasi 8 Mo+

Ini resep lama, waktu anak bayi masih umur 8 bulan. Karena sebelumnya mama berperang dengan malas ngetik, sekarang aja ya mama share resepnya. #SayangAnak #SiapRamadhan

MPASI Bubur Salmon Kacang Merah Pokcay

MPASI Bubur Salmon Kacang Merah Pokcay

@nic.kitchen MPASI Bubur Salmon Kacang Merah Pokcay . . ⭐️Karbohidrat: Beras putih, kentang ⭐️Protein hewani: Daging ikan salmon ⭐️Protein nabati: Kacang merah ⭐️Sayuran: Pokcay . . #nickitchen #mpasi #mpasi4bintang #mpasi6bulan #mpasi7bulan #buburbayi #bubursaring #takahi #slowcook #slowcooker

2 porsi
3 jam
Bubur ayam kuah kuning

Bubur ayam kuah kuning

210619 Bismillah jum'at berkah .. Sarapan simpel tsaqib hri ini ☺ #resolusi2019 #berburucelemekemas #cookpadcommunity_Tangerang #bundatsaqibcooking