Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Cilok bumbu kacang yang Bikin Ngiler

Dipos pada August 13, 2019

Cilok bumbu kacang

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Cilok bumbu kacang yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Cilok bumbu kacang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Cilok bumbu kacang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Cilok bumbu kacang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Oh ya untuk tambahan saja, perkiraan waktu untuk memasak Cilok bumbu kacang diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok bumbu kacang memakai 22 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jajanan favorit saya, karna takut jajan sembarangan di luar yg saya ngga tau dibuatnya pake tangan atau bkn (efek baca berita) jadi bikin sendiri aja deh.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok bumbu kacang:

  1. Cilok
  2. Tepung tapioka (diganti sagu jg bisa)
  3. 5 sdm tepung terigu untuk membuat biang
  4. Air panas mendidih
  5. Garam
  6. Masako
  7. 2 butir bawang putih dihaluskan
  8. Merica
  9. 2 batang daun bawang diiris halus
  10. Sambal kacang
  11. 100 gr Kacang tanah
  12. 5 buah cabe merah keriting potong kasar
  13. 9 buah cabe rawit oren potong potong menjadi 2 bagian
  14. 4 butir bawang putih di iris
  15. 4 lembar daun jeruk pisahkan daun dgn batang tengahnya
  16. Kecap manis
  17. Saus cabai
  18. Garam
  19. Masako
  20. Gula merah
  21. Air
  22. Minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Cilok bumbu kacang

1
Buat biang terlebih dulu, siapkan baskom masukkan tepung terigu, bawang putih yg sudah dihaluskan, daun bawang, garam, masako dan merica. Tuang air panas mendidih dikira2 saja jgn sampai adonan encer, aduk merata sampai tidak ada gumpalan.
2
Tambahkan tepung tapioka sedikit sedikit sampai adonan bisa dibentuk. Lalu bentuk bulat-bulat.
3
Siapkan panci, rebus air sampai panas. Masukkan cilok yg sudah dibentuk bulat bulat. Masak cilok sampai mengapung.
4
Jika cilok sudah mengapung, angkat, tiriskan. Saya biasanya membilas cilok dgn air matang supaya cilok tidak menempel satu sama lain dan bersih dari lapisan tapioka yg keluar saat merebus.
5
Untuk membuat sambal kacang, panaskan minyak di wajan dengan api kecil saja. Masukkan kacang, aduk2 terus, jika kacang sudah agak berubah warna, masukkan bawang putih, cabe merah keriting, cabe rawit dan daun jeruk. Goreng sampai kacang dan bahan lain matang.
6
Siapkan blender atau ulekan, haluskan kacang dan bumbu yg sudah digoreng. Kalau saya menghaluskan kacang atau bumbu pakai blender biasanya menggunakan minyak, bukan air supaya saat dimasak bumbu matang dan tidak basah.
7
Siapkan wajan, masak kembali sambal kacang yg sudah dihaluskan. Ditambahkan air supaya tidak terlalu kental dan aduk terus supaya tidak gosong bawahnya. Pakai api kecil saja.
8
Tambahkan garam, masako, gula merah (dikira-kira saja sampai dirasa sudah pas), kecap 2 sdm, saos cabe 2 sdm. Kalau airnya kering, bisa ditambah lg sedikit. Masak sampai mendidih.
9
Sajikan cilok dengan menyiramkan sambal kacang diatasnya. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan sayur & bumbu kacang

Bakwan sayur & bumbu kacang

Ngiler liat gorengan yg di jual, tp takut beli karna lagi musim Corona, soo...buat sendiri lebih enak😋

Bumbu Kacang Siomay & Batagor

Bumbu Kacang Siomay & Batagor

07.. #PGA3Week7 #DiRumahAja #KeDapurAja #NgeksisDiCookpad #PejuangGoldenApron3 #TiketMasukGoldenApron3 #CookpadCommunity_Riau #CookpadCommunityIndonesia #Culinary Teman2 bisa lht langkah2 pembuatannya di channel youtube saya "Nur Rahmah Jamil" atau Link Youtube. 👇 https://youtu.be/MHNDApA0XbM

Siomay bumbu kacang

Siomay bumbu kacang

Bosan nasi, hari ini bikin siomay, lengkap sama tahu bakso kentang dan sawi. Disiram bumbu kacang enak banget..bumbu kacang cocok juga untuk cilok dan batagor

Bumbu/ Saus Kacang Serbaguna

Bumbu/ Saus Kacang Serbaguna

Bisa untuk saus siomay, batagor, cilok, sate dan lain sebagainya Kekentalan dan teksturnya bisa diatur sesuai selera yaa 🥰 #bumbukacang_fernia #TiketMasukGoldenApron3

Siomay Tenggiri | with Bumbu Kacang Tanah

Siomay Tenggiri | with Bumbu Kacang Tanah

Siap ngeramein olahan yang menggunakan serba kacang nih... Kali ini mau buat siomay bandung yang biasa kita beli di gerobak2 siomay yang pake ikan asli tenggiri. Aroma ikan tenggiri dan seratnya itu citi khas banget. Saat ini sepertinya udah jarang banget kita dapatin siomay ikan tenggiri, kecuali di outlet2 resto gitu... Dan bumbunya pakai kacang tanah yang buat tambah enak dan aromanya pun guriiih banget. #CABEKU #diKACANGinaja #Cookpad_Id #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron2 #KeDapurAja #MasakItuSaya

10 porsi
1jam 30menit
Week 3. Kangkung Kaples Bumbu Kacang

Week 3. Kangkung Kaples Bumbu Kacang

ini sayuran enak sekali bikin nambah terus. apalagi pedes duh jauh2 deh nasi angetnya😂😂. buatnya gampang dan cepat. #PejuangGoldenApron3

Kacang pedas manis(bumbu Rujak)

Kacang pedas manis(bumbu Rujak)

Gara2 pademi covid yg mengharuskan untuk d rumah aj jd tiap hari pengennya mengolah aj itung2 dr pd jajan d luar

Cilok bumbu kacang seuhah

Cilok bumbu kacang seuhah

Menu #dirumahaja jumat pagi ini... Seuhah gaessss

Bumbu kacang Siomay

Bumbu kacang Siomay

Ada dua versi, pakai ubi merah kukus atau tidak. Sebaiknya pakai, bikin tambah medok dan kental. Karena saya tdk punya, dan belom sempat belanja, jd ala kadarnya aja. Enak juga sih. Hehe

45 menit
Cilok simpel bumbu kacang

Cilok simpel bumbu kacang

Alhamdulillah d kasih anak2 yg doyan makan dan doyan ngemil.. Jadi mamak terus semangat buat makanan dan cemilan 😊

Cilok bumbu kacang, ekonomis

Cilok bumbu kacang, ekonomis

Anak pada nambah melulu

Bumbu Kacang Cilok

Bumbu Kacang Cilok

Bismillah. Hari kedua lebaran ini memutuskan buat ngemil cilok. Di rumah ada cilok tinggal rebus/kukus, dikasih tetangga, tapi gak ada bumbunya😂 akhirnya coba-coba bikin bumbu, Alhamdulillah enaaaaak. Selamat mencoba!🥰 Resep awal: Google dengan bbrp modifikasi sendiri.

Salome Bumbu Kacang (Lombok)

Salome Bumbu Kacang (Lombok)

Kali ini masak memanfaatkan bahan seadaanya dikarenakan desakan dari si adek yang sedang ingin banget makan Salome ini. Ini ukurannya aku tidak cantumkan ya karena ya itu tadi seadanya. Happy cooking all~