Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Ayam tahu tempe goreng lengkuas yang Enak

Dipos pada September 7, 2020

Ayam tahu tempe goreng lengkuas

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Ayam tahu tempe goreng lengkuas yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Ayam tahu tempe goreng lengkuas yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Ayam tahu tempe goreng lengkuas, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam tahu tempe goreng lengkuas bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Ayam tahu tempe goreng lengkuas sekitar 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam tahu tempe goreng lengkuas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam tahu tempe goreng lengkuas memakai 23 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Gurih dan kaya akan rempah, kental dengan aroma lengkuas, bagi penyuka ayam goreng kuning, bisa mencoba masak ayam ini, tidak perlu diungkep berjam-jam sebelum digoreng.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam tahu tempe goreng lengkuas:

  1. Bahan dasar
  2. 750 gram ayam (campuran paha dan dada bertulang)
  3. 4 potong tempe (potongnya sesuai selera)
  4. 5 buah tahu bogor (ukuran 4 x 4 cm)
  5. Secukupnya minyak untuk menggoreng
  6. 2 butir jeruk nipis
  7. 800 ml air
  8. Bumbu halus
  9. 8 siung bawang merah besar
  10. 7 siung bawang putih
  11. 6 butir kemiri, dibakar 1 menit
  12. 2 ruas kunyit (masing-masing 3 cm)
  13. 1 ruas jahe (3 cm)
  14. 1 sdt biji ketumbar
  15. Secukupnya minyak untuk menumis
  16. Bumbu aromatik
  17. 2 buah lengkuas ukuran besar, diparut
  18. 2 batang sereh, geprek
  19. 4 lembar daun jeruk
  20. 2 lembar daun salam
  21. Perasa
  22. Secukupnya garam
  23. Secukupnya kaldu jamur

Langkah-langkah untuk membuat Ayam tahu tempe goreng lengkuas

1
Siapkan dan cuci bahan-bahan.
2
Potong-potong ayam sesuai selera, lalu peraskan 2 butir air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air 1x.
3
Blender semua bumbu halus sampai seluruhnya hancur merata.
4
Panaskan 2 sdm minyak di wajan, lalu tumis bumbu halus sekitar 1 menit
5
Masukkan bumbu-bumbu aromatik kemudian aduk-aduk sekitar 2 menit. Tambahkan 800 ml air. Aduk sampai bumbu merata. Kemudian tambahkan potongan ayam, tahu, dan tempe. Diamkan sampai mendidih.
6
Setelah mendidih, tambahkan 2 sdt garam dan 1 1/2 sdt kaldu jamur. Aduk dan diamkan, kecilkan api. Rebus sampai air habis, sekitar 1,5-2 jam. Lalu matikan api. Diamkan selama 30 menit.
7
Angkat potongan ayam, tahu, dan tempe dari wajan. Pisahkan untuk digoreng.
Ayam tahu tempe goreng lengkuas - Step 7
8
Buang sereh, daun jeruk, dan daun salam dari sisa bumbu di wajan. Kumpulkan sisa bumbu untuk digoreng.
Ayam tahu tempe goreng lengkuas - Step 8
9
Panaskan minyak untuk menggoreng ayam, sekitar 3 menit. Lalu goreng ayam, tahu, dan tempe dalam beberapa batch sampai warnanya kuning coklat.
10
Matikan kompor, diamkan selama 3 menit, lalu nyalakan kembali kompor. Ke dalam minyak bekas menggoreng ayam, masukkan sisa bumbu kuning. Akan berbuih dan sedikit bergumpal. Aduk agar gumpalan pecah. Biarkan selama 45-60 detik hingga warnanya menjadi coklat. Angkat dan tiriskan. Lama-lama akan menjadi coklat tua karena proses menggoreng masih terjadi.
Ayam tahu tempe goreng lengkuas - Step 10
11
Tata ayam, tahu, dan tempe di piring, bisa ditaburkan bumbu goreng atau bisa disajikan terpisah. Sajikan dengan sambal dan lalapan.
Ayam tahu tempe goreng lengkuas - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bola bola tahu goreng

Bola bola tahu goreng

request an dr ibuk

6buah
20menit
Tahu dan Ayam goreng mentega

Tahu dan Ayam goreng mentega

Marhaban ya ramadhan bunda semua...alhamdulilllah sudah memasuki hari kedua ini ,tetap semangat ,kali ini saya share resep ayam goreng mentega yang saya beri "tahu" supaya lebih sehat tapi tetap enak bunnn ,yuk langsung aja !!!#siapramadhan#ahlinyaayam

Ayam n tahu goreng saos teriyaki

Ayam n tahu goreng saos teriyaki

Fiuhh..punya anak maunya ayam goreng tepunggg Mlulu..yg nyuapin loh sampe kering tangan😂😂 sekali2 dicoba ayam tepung di saosin gini ...biasax klo campur saos tomat pesti suka..selamat mencoba bunda..

Sambal Goreng Tahu Krecek(Krupuk Kulit)

Sambal Goreng Tahu Krecek(Krupuk Kulit)

Alhamdulillah sudah hari Jum'at saja nih, gak terasa sudah weekend lagi 🥰 Walau dirumah aja tetap Semangat yaa buat Bunda² dan Cookpaders semua.. Kali ini saya ikut meramaikan event #Cocomtangpost_Kupastuntaskulit, yaitu olahan dari kulit sapi yang diproses menjadi krupuk, ini salah satu pelengkap memu gudeg juga niih,, tapi di resep saya tidak memakai kacang tolo/tunggak, karna keluarga dirumah kurang suka dengan kacang²an. Jadi saya buat dengan bahan alakadarnya 😀 tetap enduul rasanya..👩🏻‍🍳 Happy Cooking #GA_TheNextLevel #MasakSetiapBagian #Cocomtangpost_KupasTuntasKulit #CoookpadCommunity_Tangerang

Sambal Goreng Tahu Puyuh

Sambal Goreng Tahu Puyuh

Yang simple dan kesukaan orang rumah banget :) #PejuangGoldenApron3 #StayAtHome

5 porsi
45 menit
Pangsit Goreng isi tahu dan teri medan

Pangsit Goreng isi tahu dan teri medan

Bismillah... Setor arisan cs lagi nih mba @jessica_ecy . Tapi isian nya aku ganti ya.. sesuai kan dengan stock yang ada di rumah 🙏🙏 Nekat pengen bikin pangsit goreng dengan bahan seadanya,tes rasa alhamdulillah anakku suka.💃💃💃💃 Dan aku iseng coret2 di kulit pangsit nya ,tapi coretan ala anak sd🤭🤭🤭 Kalau bisa di gambar lebih bagus pasti hasilnya juga keren,tapi apa daya jiwa seni menggambarku jongkkok🤣🤣🤣 Eh.. pas di goreng tuh gambar yang keliatan cuma seuprit🤭🤭🤭 Tapi gpp lah... Itu cuma kegabutan aku aja,harap di maklumi ya mba..😘😘😘 Source : @jessica_ecy #CooksnapResep_Ecy #CookpadCommunity_Bekasi #PejuangGoldenApronBatik #CookpadIndonesia

Sambal goreng tahu tempe

Sambal goreng tahu tempe

#PejuangGoldenApron2

Sambel goreng tahu telur sederhana

Sambel goreng tahu telur sederhana

Sore2 bingung mau masak apa suami bentar lagi pulang kerja cari di kulkas ada tahu ya udah deh bikin yang simpel sambel goreng tahu telur

4 porsi
Telur tahu sambal goreng bumbu simple (masakan sederhana)

Telur tahu sambal goreng bumbu simple (masakan sederhana)

mengandalkan bahan2 yg ada dikulkas saja.. heheh #masakanseharihari #masakanrumahan #masakansederhana

5 porsi
Tahu pong goreng tepung

Tahu pong goreng tepung

#PejuangGoldenApron2 IG: koleksiresepsj

3 porsi
30 menit
Sambal goreng tahu, kacang panjang, udang yang niikmat segerr

Sambal goreng tahu, kacang panjang, udang yang niikmat segerr

Karena adanya bahan di kulkas kacang panjang, sedikit udang dan tahu kebetulan ada santan maka jadilah.

3 orang
30 menit
Tahu Goreng Cabe Garam

Tahu Goreng Cabe Garam

Selalu penasaran dengan masakan ini, meskipun cuma tahu di goreng tapi beneran loh rasanya endess banget, oh iya cabenya aku banyakin dari resep aslinya karena menurutku tambah pedes tambah nikmat, dan asinnya pun harus berasa, yuk yang penasaran kayak aku bisa di coba, simpel dan gampil banget... buat cici @dee_devina Makasih ya resepnya sekalian ijin copas

Perkedel mie goreng tahu

Perkedel mie goreng tahu

Mie ny kayak gosong, sbenarnya tdk gosong lo mom, krn mie goreng ad kecap ny ya, goreng sbentar aj kayak gosong