Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada July 7, 2020

Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food yaitu 5-7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food memakai 32 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya mau niru nasi jeruk gerobak betawi. Nasi jeruk nya gurih dan wangi, sayang terlalu asin untuk semua lauknya. Akhirnya coba bikin sendiri, resep ini hasil comot sana sini dari cookpad dan YouTube. Saya sendiri tidak bisa makan pedas, jadi semua rawit saya hilangkan. Kalau suka pedas, banyaknya cabai bisa ditambahkan sesuai selera masing2 yah.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food:

  1. Nasi jeruk (resep sist Ine)
  2. 4 cup beras
  3. 65 ml santan kara
  4. 1 sdm garam
  5. 1 sdt kaldu bubuk
  6. 2 btg serai memarkan
  7. 4 lbr daun jeruk iris halus
  8. 3 lbr daun salam
  9. Teri cabe ijo (dapat 1 mangkok full)
  10. 50 gr Teri Medan (me:Teri asin, jd dicuci 2x spya ga trllu asin)
  11. 1 genggam cabe ijo (blender kasar)
  12. 3 siung bawang putih
  13. 3 siung bawang merah
  14. Sedikit perasan jeruk
  15. 1 sdt Gula
  16. 1 sdt kaldu jamur
  17. 1 tomat (potong potong)
  18. Kentang oseng (dapat 1 piring full)
  19. 3 kentang ukuran sedang
  20. 8 siung bawang merah
  21. 3 siung bawang putih
  22. Segenggam cabe merah (blender kasar)
  23. Kecap manis, garam, kaldu totole
  24. Bakwan jagung (resep nur aini alfiyah saya modif) dapat 10bakwan
  25. 1 bonggol jagung manis di pipil
  26. 2 lbr Daun jeruk iris tipis
  27. 4 siung bawang merah
  28. 1 siung bawang putih
  29. 5 sdm tepung serba guna
  30. 1 sdm tepung beras
  31. secukupnya Gula, garam, kaldu totole, bubuk bawang putih dan lada
  32. Air

Langkah-langkah untuk membuat Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food

1
Iris halus semua bumbu untuk 3 masakan di atas lalu pisahkan masing". (daun jeruk, bawang putih, bawang merah, cabe merah dan cabe hijau) Kalo punya chopper jadi cepat selesai. Lalu geprek serai.
2
Masak nasi dulu, cuci beras lalu masak di Rice cooker bersama semua bumbu nasi jadi 1. Daun jeruk yg di iris tipis saya campur dengan nasi. Sementara bumbu lain saya buang setelah nasi matang.
Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food - Step 2
3
Kentang oseng cabe merah: potong dadu kentang lalu cuci bersih. Kentang tidak saya goreng. Jadi langsung tumis bumbu kentang diwajan sampai wangi, masukan kentang dan air secukupnya, tutup wajan sambil sesekali diaduk agar tidak gosong. Cek rasa dan tingkat kematangan kentang. Kalau sudah empuk, siap di hidangkan.
Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food - Step 3
4
Teri cabe ijo: Oseng semua bumbu teri sampai wangi lalu masukan teri dan air, masak bersama sampai teri matang. Karena saya pakai teri Medan yang kecil2, teri tidak saya goreng karena takut gosong. Kalau pake teri yg besar, di goreng dulu yah baru di campur ke bumbu.
Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food - Step 4
5
Bakwan jagung: campur semua bahan ke wadah, aduk rata. (adonan jangan terlalu encer, idealnya agak kental) Ambil 1 sdm adonan dan goreng dalam minyak sampai kuning kecoklatan, tiriskan. Lakukan sampai adonan habis.
Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food - Step 5
6
Hidangkan bersama
Nasi jeruk kentang teri cabe ijo bakwan jagung Indonesian food - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

10 porsi
Bakwan Renyah

Bakwan Renyah

Resep dari sahabat kesayangan aku โค #PejuangGoldenApron3

Bakwan Sweet Corn ๐ŸŒฝ

Bakwan Sweet Corn ๐ŸŒฝ

Ikut merayakan challenge bareng komunitas dari Semarang nih ๐Ÿคฉ kalo ngomongin jagung aku seringnya bikin bakwan jagung goreng yg gurih enak renyah dan manis, si kuning ini selalu jadi idola setiap aku masak bakwan ๐Ÿคฉ senengnya lagi bisa share resep ke temen2 cookpad semua ๐Ÿ˜ selamat mencoba ๐Ÿคฉ #CABEKU #FestivalRamadanCookpad

Bakwan Oat (Cemilan sehat, rendah kalori)

Bakwan Oat (Cemilan sehat, rendah kalori)

Buat yang sedang diet dan kangen cemilan gurih ini, boleh banget nih dicoba. Rasanya tetep enak meskipun tepungnya diganti oat. Saya pakai rolled oat, jadi saya rendam air panas dulu. Kalau pakai instant oatmeal ga usah direndam, pakai air dingin kayak biasa aja. Kalau mau bakwannya lebih padat, boleh ditambah 1-2 sdm tepung beras. Ini total kalorinya 376 kkal, bisa dapet 12-15 buah bakwan tergantung seberapa besar bikinnya. Kalau saya jadinya 12 buah, jadi kalori per bakwan cuma sekitar 32 kkal.

2-3 orang
15 menit
Kakiage (Bakwan Ala Jepang)

Kakiage (Bakwan Ala Jepang)

Bikin cemilan buat teman ngeteh di sore hari. Bahan juga simpel ada di kulkas semua wortel, buncis, sama tepung terigu juga ada sekalian bs buat setoran #BelanjaIdeDiPasarCookpad yg berbonus #SarungTanganCookpad biar kalau baking ga ke nyos oven trs๐Ÿ˜‚ #PejuangGoldenApron3 #MingguKe11

Bakwan Kriuk

Bakwan Kriuk

Recook resep milik jeng Theresia Linda Hasil bakwannya memang kriukkk tahan lama.๐Ÿ˜ Sekalian mau disimpan disini, dengan modifikasi dan trik menggoreng sesuai selera saya. Tipsnya biar kriuk tahan lama: **Jangan pakai bawang merah **Penggunaan Margarin leleh harus ada. Resep asli ada di link ๐Ÿ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/4242155-bakwan-kriuk-tahan-lama?invite_token=YKykLYhjvEY8nKvR64PLash4&shared_at=1596329757

Bakwanย  Wortel Kress (Renyah & Maknyus)

Bakwanย  Wortel Kress (Renyah & Maknyus)

Ini resep dari salah satu artis di indonesia yaitu mba ussy. Saya liat resep ini di acara kuliner salah satu tv swasta. Diacara tersebut mba ussy memberikan tips agar bakwan kress alias renyah, besoknya langsung saya praktekin dan ternyata benar renyah. Tetapi di resep saya ini ada sayuran yg saya ganti & bumbu saya sesuaikan dengan selera saya.. #GA_TheNextLevel #CABEKU #diWORTELan

5 orang
30 menit
Bakwan jagung & rempeyek udang anti gagal

Bakwan jagung & rempeyek udang anti gagal

Karena waktu nya mepet keburu berangkat kerja buat lauk dengan cara yg mudah dan instan. Nyambi rebus sayur dan buat bumbu pecel jadi. Siap buat bekal anti ribet.....

12 buah
Bakwan Jamur Renyah

Bakwan Jamur Renyah

ingin makan bakwan jamur yg renyah, yg cocok buat mukbang ASMR..๐Ÿ˜†. isian nya bisa diganti apa aja. koentji nya adalah tepung yg saling harmonisasi seperti soneta grup. #TiketMasukGoldenApron3

4 Porsi
30 menit
Bakwan Dadar

Bakwan Dadar

Aku paling suka bikin cemilan2 yg bahan utamanya dari Kol/Kubis, sawi putih, wortel, toge, dll.

2 porsi
Bakwan goreng

Bakwan goreng

5 orang
1 jam
Bakwan sayur kriuk

Bakwan sayur kriuk

Ga ada bosennya ma yang namanya gorengan hahaha (bahan sayur seadanya di kulkas)

Bakwan jagung

Bakwan jagung

Resep fav keluarga yang simple Dan praktiss ๐Ÿ˜‰ #bakwanjagung #bakwanjagungpraktis

5 orang
30 menit
Bakwan Jagung Tauge

Bakwan Jagung Tauge

Gorengan favorit seisi rumah, selalu habis gak bersisa ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Sampit

Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

Masak yang ga ribet dan cepat saji. Putri ku doyan bakwan jagung.Katanya kangen bakwan jagung masakan mama Aurel temannya.Akhirnya dibuatin mama katanya enak kan bakwan mama๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

2 orang
1/2 jam