Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa yang Menggugah Selera

Dipos pada October 18, 2021

Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa

Anda sedang mencari inspirasi resep Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa kira-kira 3 - 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa memakai 23 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saya suka banget makan cumi cabe garam. Sebelum corona, biasanya beli2 aja di resto2 atau di kedai2 yang jual seafood gitu. Tapi semenjak corona kan harus berhemat beb. Yaudah akhirnya saya nyoba2 deh bikin sendiri. Karena saya bingung resep yang enak gimana, saya capcus ke Youtubenya Ko William Ghozali. Itu tuuh yang pernah juara masterchef. Diliat2 resepnya beliau itu paling gampang bikinnya (menurut saya) dan juga praktis bahannya. Cuma di resep aslinya, dia pakai telur ayam dan maizena buat marinasinya. Kemaren pas saya bikin maizenanya tinggal sedikit dan telornya udah abis. Jadinya bikin aja pake bahan seadanya. Alhamdulillah rasanya tetep uenaaak kayak di resto2 dan bikinnya guampang, cuepet. Selamat mencoba teman-teman :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa:

  1. 500 gram cumi, saya pakainya cumi kupas, cumi seger lebih enak
  2. Bumbu Marinasi
  3. 1 buah bawang putih geprek, bisa diskip kalo ga terlalu suka
  4. 1 1/2 sdt lada bubuk
  5. 2 sdm saus tiram
  6. 2 sdt garam
  7. 2 sdm tepung maizena
  8. 3 sdm air dingin
  9. Sejimpit gula pasir
  10. Bahan Kering/adonan tepung bumbu
  11. 10 sdm tepung terigu
  12. 2 sdm tepung maizena atau tepung beras kalo ga ada
  13. 1 sdt lada bubuk
  14. 1 sdt kaldu bubuk atau kaldu jamur
  15. 1 1/2 sdt garam halus
  16. Bumbu tabur
  17. 7 siung bawang putih
  18. Secukupnya cabe rawit, saya pake banyak karena saya suka pedes
  19. 2 batang daun bawang
  20. Sedikit seledri jika suka, saya suka jadi saya pake. Hehe
  21. 2 jimpit garam
  22. 3 sdm margarin untuk menumis
  23. 1 jimpit gula pasir untuk penyeimbang rasa

Langkah-langkah untuk membuat Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa

1
Karena saya pakai cumi kupas, jadinya tinggal saya cuci bersih lalu saya potong2 dengan lebar kira2 1 cm. Jangan tipis2 karena nanti cuminya bakalan mengkerut. Kalau teman2 pakai cumi segar, cuminya bisa dibersihkan dulu dan dibuang tintanya yaa.
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 1
2
Campurkan bumbu2 marinasi ke dalam cumi yang sudah dipotong2, lalu aduk2 sampai bumbu tercampur dengan cuminya. Selanjutnya, diamkan di dalam lemari es bagian chiller (kalau ada, kalau ga ada bisa didiamkan di wadah tertutup aja) selama kurang lebih 15 - 20 menit.
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 2
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 2
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 2
3
Sementara cumi dimarinasi, kita dapat membuat adonan tepung keringnya. Caranya, campurkan tepung terigu, tepung beras atau tepung maizena (kalau ga ada tepung terigu aja juga gapapa, tepung maizena atau bisa diganti dengan tepung beras berfungsi untuk menambahkan kerenyahannya), garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk ke dalam suatu wadah. Lalu aduk2 sampai tercampur rata. Sisihkan.
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 3
4
Karena marinasinya lama, kita bisa sambil menyiapkan bumbu taburnya dulu nih teman2. Caranya, cabe, bawang putih, dan daun bawang dipotong kecil2 aja.
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 4
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 4
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 4
5
Aku kan pakai caranya chef william ghozali yang bumbu cabe garamnya ditabur2in aja. Jadi aku bisa numis bumbunya sementara cumi dimarinasi. Kalau resep yang ini dari dalem cuminya udah berasa gurih, tepungnya udah gurih, dan setiap gigitan cumi udah ada rasanya. Jadi bumbunya bisa ditabur2 aja biar cepet.
6
Caranya, panaskan teflon, lalu lelehkan 3 sdm margarin. Selanjutnya tumis bawang putih sampai harum dan berwarna sedikit kecoklatan
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 6
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 6
7
Jika bawang putih sedikit kecoklatan, masukkan cabe rawit. Tumis lagi sampai bawangnya semakin wangi dan wuenak. Masukkan 2 jimpit garam dan sejimpit gula.
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 7
8
Selanjutnya, masukkan daun bawang dan seledri jika suka. Lalu tumis lagi sampai daun bawangnya layu. Lalu sisihkan.
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 8
9
Setelah 15-20 menit, keluarkan cumi dari kulkas, lalu aduk2 dan guling2kan ke adonan tepung kering. Kalau tepungnya kurang tebal, celupin lagi cuminya ke adonan bumbu dan gulingkan lagi ke tepung kering. Tekan2 supaya tepungnya menempel.
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 9
10
Panaskan minyak goreng, lalu goreng cumi dengan api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan.
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 10
11
Angkat cumi yang sudah matang. Lalu tata di piring saji. Selanjutnya taburkan bumbu yang tadi udah kita tumis. Jadi deeh.
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 11
Cumi Cabe Garam Endulita | Menu masakan praktis untuk buka puasa - Step 11
12
Kalau teman2 suka yang bumbunya lebih nyampur, step 5 - 8 atau saat menumis bumbunya bisa dilakukan setelah cuminya matang. Saat daun2nya sudah mulai layu, masukkan cumi yang udah digoreng ke dalam bumbu dan aduk2 sampai bumbunya merata. Hasilnya sama enaknya kok. Aku nyoba cara ini (nyampur bumbu belakanhan) buat bikin tahu cabe garam.
13
Gimana? Mudah banget kan bikinnya. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Martabak Telur Ramadhan

Martabak Telur Ramadhan

Mencoba berkreasi untuk gorengan buka puasa..dng bahan2 yg ada...it's so simple bingit😉Alhamdulillah semua lahap makanny..terimakasi kesayangan sdh makan masakan mama😘

Easy Mixed Fruits Salad #RabuBaru #BikinRamadhanBerkesan

Easy Mixed Fruits Salad #RabuBaru #BikinRamadhanBerkesan

Menu sahur wajib di rumah maupun di kos! buah!!!!❤🍈🍋🍉 ini resep asli enak banget kombinasi rasa manis dan asam sangat pas dan seger banget dimulut. Kebetulan juga ini blewahnya nggak ada rasanya. Jadi kl dibuat mixed fruits salad enak ngets. mau ditambah pepaya juga enak kok 😊 simple sehat dan segar~

1 porsi
10 menit
Biji salak ubi Ramadhan

Biji salak ubi Ramadhan

Setiap Ramadhan tiba,biji salak ini menjadi jualan andalan dan laris manis😄 Alhamdhulillah...

kurleb 20 porsi
Soto Daging plus lemak" #Resep Ramadhan

Soto Daging plus lemak" #Resep Ramadhan

Rindu makan soto daging yg ada lemak"nya, cuss bikin

Puding buah rumahan

Puding buah rumahan

Untuk puasa pertama bikin makanan pembuka yg segar2 untuk anak2 jadi dech puding buah rumahan dengan buah seadanya😘😘

5 orang
1 jam
Menu sahur ke -22

Menu sahur ke -22

Semakin hari semakin bingung ya saur pake apa wkwkwk

Nugget Tempe Mie

Nugget Tempe Mie

Menyambut bulan ramadhan, sekaligus menjawab #RamadanCamp_Misi4. Clue-nya "Simpan aku difreezer, panaskan lalu hidangkan!".. nah manda kali ini buat nugget tempe dengan ditambah mie. kandungan protein dari tempe bahkan lebih besar dari daging, jadi ini bisa jadi alternatif gizi seimbang yang harganya murah meriah. nugget ini bisa tahan lebih dari 3 bulan jika disimpan dengan baik dalam frezzer. Namun manda buat secukupnya, jd paling lama sebulan sudah habis. Duo ganteng satu kali makan biasanya minta 3 potong. #KopijosRamadan #Kopijos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi4

40-50 potong
1 jam
Baso Cilok Ayam

Baso Cilok Ayam

Bismillah Alhamdulillah, akhirnya bisa bikin ini buat nanti berbuka. Sudah terbayang enaknya dicocol saus dan kecap🤤 Source @dewi008saraswati (1/2 resep) #JabodetabekBikinYuk_FrozenFood #Cookpadcommunity_Bogor #ramadancamp_misi4

Sop Ayam

Sop Ayam

menu sahur praktis ga usah ulek2 bumbu 😄 #BikinRamadanBerkesan #16

4 porsi
30 menit
Suki yaki rumahan

Suki yaki rumahan

Alhamdulillah puasa pertama si.kakak semangadd waktunya bunda mikir apa yg buat kakak berselera makan tapi masaknya gak lama biar bisa sambil momong si ade..akhirnya jatuh ma suki yaki..emang anak doyan pake banget..

3-4 porsi
20 menit
Sago Mango

Sago Mango

Pertama kali coba Sago Mango. Cooksnap resep mbak @cook_6168662_wa. Tapi,menyesuaikan bahan yang ada aja dikulkas. Duh,mager banget deh. Puasa hari pertama keluar rumah. MaasyaAllah,dinikmati saat buka puasa tadi seger banget walau kurang manis karen saya pakai susu UHT. Asli resepnya pakai SKM. #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Bontang

Bakwan Jagung / Bala-Bala Jagung / Takjil / Menu Buka Puasa

Bakwan Jagung / Bala-Bala Jagung / Takjil / Menu Buka Puasa

Yuk ikutan challenge #CABEKU Apaan tuh cabeku? Cabeku adalah singkatan dari challenge bareng komunitas. Kali ini challengenya yaitu menu jagung! Belum afdol ga sihh kalo takjil atau menu buka puasa ga makan bakwan? Heheheh Yuk jangan lupa recook! ☺️❤️ #CABEKU #RamadanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadanCookpad #DiRumahaja #KeDapurAja #CookpadIndonesia #MasakItuSaya #CookpadCommunity_Bandung

20 pcs
30 menit
Tahu Telur Bumbu Pecel Ramadhan

Tahu Telur Bumbu Pecel Ramadhan

Tiba-tiba ingin makan tahu telur. Tapi malas ngulek bumbu kacangnya. Secara lemes lagi puasa😁 . Alhamdulillah ada bumbu pecel oleh2 dari Surabaya. Taraa.. Jadi juga makan tahu telur untuk buka puasa

4 orang
30 menit
Sambal goreng udang tempe #menusahur #ramadhan

Sambal goreng udang tempe #menusahur #ramadhan

Bhaiiiqqlaahhhh mulai masak dan posting lagi. Kebetulan sdh mulai masuk bulan ramadhan kali ini masak buat sahur #menusahur #ramadhan

Ayam Suwir Pedas (Kering)

Ayam Suwir Pedas (Kering)

Haloo... Lama ngga nulis resep yaa.. hihi (mon maap, sibuk mencerdaskan anak bangsa) Lagi bulan puasa niih.. Bangun Sahur masih harus masak? OMG, Mager paraah.. jd cari ide buat lauk yg ngga repot dibikinnya tp bisa langsung dimakan. Praktis bgt. Nih, Mira bagiin resepnya.. Selamat Mencobaa...

American Risoles Pedas/ Risol Mayo

American Risoles Pedas/ Risol Mayo

Ini aku bikin 2 resep berbeda, sama2 enak lembut kulitnya, empuk, tapi aku share 1 resep ini dulu.. resep ini menurutku, kulitnya lembut bgt jd gampang robek, jd harus hati2, jgn sampai kulitnya ada pori2 bolong, karena isian akan bocor. Saat sudah diisi jgn di taruh bertumpuk, harus 1 per satu, jika ditindih, risol dibawahnya penyet. Jika terlanjur bolong besar atau robek, tambal lagi dgn adonan kulit. Karenanya sisakan bahan adonan sedikit untuk cadangan ada bocor, sobek, bolong. Jadi lebih cepatnya, saat buat kulit, lgsg isi, jika ada yg bolong lgsg ditambal. Bisa dicoba ya,ini beneran empuk kalo dijual harganya pasti diatas rata2, karena rasa gak bohong, ada harga ada rasa. Pas bgt skrg ramadhan, Risol ini menjadi menu ifthar yg bikin buka puasa jadi tambah hangat di rumah. Source: @yeti_titi Tapi aku modif sedikit, takaran air dan minyak. Dan rasanya pedas Bismillah Jawaban minggu ke-4 #RamadanCamp_Misi4 #PostingBareng Minggu ke-10 #PejuangGoldenBatikApron

20pcs wajan20cm
Soto Lamongan Ceritanyaaaa

Soto Lamongan Ceritanyaaaa

Jadi bingung pertama sahur pakai apa, ada ibu " blng, ni jeruk limau buat bikin soto enak seger. Jadilah buat soto sekalian kirim" buat ua " d dket rumah. #PejuangGoldenBatikApron

10 Orang
2 Jam