Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Cilok bumbu kacang yang Lezat

Dipos pada August 12, 2019

Cilok bumbu kacang

Sore-sore begini enaknya membuat Cilok bumbu kacang yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Cilok bumbu kacang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Cilok bumbu kacang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Cilok bumbu kacang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok bumbu kacang memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini waktu malem minggu terus keadaan ujan, Pak suamik pingin makan cilok yang anget-anget enak, pedes. Asyiaapp boskuh untukmu apa si yang tidak eaaa...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok bumbu kacang:

  1. Bahan cilok :
  2. 1/4 kg tepung kanji
  3. 1/4 kg tepung terigu, dibagi 2
  4. 2 siung bawang putih
  5. 1 batang daun bawang
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt lada bubuk
  8. 2 batang sosis untuk isian
  9. Bahan sambal :
  10. 1/4 kacang tanah, dibagi 2
  11. 1 buah cabai merah
  12. 10 buah cabai rawit
  13. 1 bulatan sedang gula merah
  14. 2 siung bawang putih
  15. Secukupnya kecap manis
  16. Secukupnya garam
  17. Bahan lainnya :
  18. Secukupnya minyak
  19. Secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Cilok bumbu kacang

1
Membuat cilok : cincang halus bawang putih dan iris daun bawang. Lalu tumis tambahkan garam, lada bubuk, dan terigu. Beri sedikit air. Masak hingga adonan mengendal/khalis.
2
Lalu masukan ke dalam wadah yang sudah berisi tepung kanji, aduk-aduk hingga adonan tercampur. Boleh tambahkan sedikit air hangat agar adonan bisa dapat di bentuk.
3
Bulat-bulat adonan dengan diisi potongan sosis. Setelah itu didihkan air dengan tambahkan sedikit minyak, masukan adonan cilok yang sudah dibulatkan tadi. Masak hingga matang/mengapung. Angkat, tiriskan.
4
Membuat sambal : goreng kacang hingga matang, dan iris-iris gula merah. Setelah itu blender semua bahan dengan tambahan sedikit air.
5
Panaskan sedikit minyak, lalu tuangkan sambal kacang tadi. Apabila kurang encer boleh tambahkan air. Koreksi rasa, apabila kurang tambahkan kecap atau garam sesuai selera.
6
Setelah meletup-letup, masukan cilok yang sudah di rebus. Aduk- aduk hingga merata. Masak sebentar angkat dan sajikan dalam wadah.
7
Bisa taburi jeruk nipis untuk penambah citarasa atau bawang goreng. Selamat mencoba :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Pingin cilok tapi yang bumbu kacangnya buanyak, jadi kita buat sendiri aja ya 😆

Tahu Telur Kacang Bumbu Kecap Daun Kucai

Tahu Telur Kacang Bumbu Kecap Daun Kucai

Bismillahirrahmanirrohim....resep ini dulu sering ibuku buat. Rasanya enak dengan toge yg segar, tahu yang lembut, kacang tanah yg kriuk dan bumbu kecap yang manis pedas...mantabb.😋.dengan cara masak yg mudah banget semua orang pun bisa masak 😜 #tahutelurtoge #cookpad_id #cookpadcommunity_bekasi #cookpadcommunity_id

Kacang pedas manis(bumbu Rujak)

Kacang pedas manis(bumbu Rujak)

Gara2 pademi covid yg mengharuskan untuk d rumah aj jd tiap hari pengennya mengolah aj itung2 dr pd jajan d luar

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

#PejuangGoldenApron3 source: DapurVy

Bumbu kacang SI OM AY😘 (SIOMAY)😊

Bumbu kacang SI OM AY😘 (SIOMAY)😊

Setiap mlm tu pengn banget makan siomay dan hampir tiap malem kluar untuk beli si om ay ini.. Tapi si abangnya kadang2 g jualan, syedih kan ya. trus akhirnya nekat bikin sendiri deh biar tiap hari bisa makan dgn sepuasnya😁 #cookpadindonesia #cookpadbanjarmasin #cookpadborneo #bumbukacang #siomaysimpel #PejuangGoldenApron3 #week4

5 porsi
45 menit
Cilok kuah dan cilok bumbu kacang kenyal lembut

Cilok kuah dan cilok bumbu kacang kenyal lembut

Bikin adonan cilok bisa dibuat 2 varian, mau cilok kuah bisa, atau cilok bumbu kacang juga bisa, sama2 enak kenyal lembut ga alot..

Martabak Tahu Bumbu Kacang

Martabak Tahu Bumbu Kacang

Martabak telor sudah biasa, kali ini kita buat martabak tahu dengan bumbu kacang yang gurih Selamat mencoba Bunda🥰

2 porsi
30 menit
Bumbu kacang sate

Bumbu kacang sate

Ini cuma bumbunya ya klo bakar dagingx mungkin next saya tuliskan karna biasanya yg di cari bumbunya aja

Kacang Panjang bumbu gulai pedas

Kacang Panjang bumbu gulai pedas

Ternyata sudah lama juga ya ga share resep disini😁 Berhubung lg puasa, saya mau share resep sayur kacang panjang buat lauk sahur. Semoga bisa berguna.

4 porsi
Sate Ayam Goreng Bumbu Kacang

Sate Ayam Goreng Bumbu Kacang

Setelah sebulan lebih tidak recook masakan karena saya isolasi mandiri, hari ini saya recook sate. Biasanya sate pakai tusukan sate. Ini langsung dimasak di wajan. Rasa ga beda jauh dengan yang pakai tusuk sate. Recook dari yang menang kocokan di Genk Peda yaitu SC : @iraninara https://cookpad.com/id/pengguna/7201166?invite_token=3FFJT738PmHQqF44fzB9gD3w&shared_at=1622256414 #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_IraniNara #CookpadCommunity_Bandung #Cookpad_id #CookpadCommunity_id #CookpadIndonesia

3-4 porsi
Bumbu Kacang Siomay

Bumbu Kacang Siomay

•• Minggu 4 •• •• PGA 3 •• Suka ngemil ??? Saya banget ini ... 😁😁😁 Tapi suka males bikin nya.. alhasil suka stok gitu.. kaya bumbu kacang siomay, batagor atau dimsum ... Setelah mateng taro wadah tertutup trus masuk kulkas deh... Kalo mau makan tinggal panasin aja... Kebetulan banget nih tema nya #CabeKu itu # diKACANGINaja trus juga ngepas sama #CocomtangPost_OlahanKacang... Hihihihi mamak senang sekali..☺️☺️☺️ #CocomtangPost_OlahanKacang #Cocomtang #CabeKu #CocomtangPost #CookpadCommunity_Tangerang #cookpadcommunity_id #Pekan4 #PejuangGoldenApron3 #43 #DiRumahAja

4 orang
25 menit
Cilok isi telur puyuh bumbu kacang super pedas

Cilok isi telur puyuh bumbu kacang super pedas

Mau gk mau.. suka gk suka.. jd rajin bebikinan gegara anak semangat puasa.. minta req ini itu..

3 orang
Ayam bumbu kacang

Ayam bumbu kacang

Menu sate ayam dalam bentuk lain bun. Tapi jangan kuatir rasanya sama bun 😁

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Assalamualaikumm✨ tibatiba kepengen makan cilok bumbu kacangg, daripada bingung mau beli dimana akhirnya ngolah sendirii, semuanya terjaminn!! selamat mencobaa🥰 #cilok #cilokbumbukacang

4 porsi
1 jam
Kerang tempe pedas bumbu kacang

Kerang tempe pedas bumbu kacang

Modal kerang 5rb & tempe 2rb jadi deh masakan senikmat ini.. Modal cabe n bawang jg ding 😝

4 porsi