Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Cilok bumbu kacang yang Sempurna

Dipos pada August 11, 2019

Cilok bumbu kacang

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Cilok bumbu kacang yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Cilok bumbu kacang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cilok bumbu kacang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cilok bumbu kacang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok bumbu kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok bumbu kacang memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok bumbu kacang:

  1. 120 gr tepung tapioka
  2. 75 gr tepung terigu
  3. 1 batang daun bawang
  4. 1 sdt garam
  5. 1 sdt kaldu bubuk ayam
  6. 1 sdm bubuk bawang putih
  7. secukupnya Air
  8. 2 sdm minyak sayur
  9. Sambal kacang
  10. 100 gr kacang tanah
  11. 10 cabai merah keriting
  12. 10 cabai rawit merah
  13. 2 siung bawang putih
  14. 1 siung bawang merah
  15. 3 sdm kecap manis
  16. 2 sdm gula pasir
  17. 3 lembar daun jeruk

Langkah-langkah untuk membuat Cilok bumbu kacang

1
Masukan semua bahan cilok, tuang air panas sedikit demi sedikit. Kalo sudah hangat, uleni dengan tangan sampai kalis, lalu bulat-bulatkan adonan. (Taburi tangan dengan tepung tapioka agar tidak lengket di tangan)
2
Didihkan air dalam panci, masukan minyak sayur lalu masukan adonan cilok. Angkat cilok yang sudah mengapung.
3
Sambal kacang : goreng kacang tanah hingga kecoklatan, angkat. Goreng kembali cabai dan bawang merah-putih, angkat.
4
Haluskan kacang, lalu masukan cabai dan bawang yang sudah di goreng, haluskan kembali.
5
Panaskan wajan dengan sedikit minyak (saya sisa menggoreng cabai tadi) masukan bumbu kacang, masukan daun jeruk dan tambahkan air, kecap, gula dan garam. Masak sampai meletup-letup. Matikan. (Jangan lupa koreksi rasa πŸ˜‰)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

aku rindu jajanan diluaran rumah.. tapi lagi gak berani jajan karena wabah virus.. yasudah obokΒ² buat sendiri dan berhasil.. hehehe..

Banyak
Β± 20 menit
Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Sate vegetarian yang modalnya murah dan bikinnya gampang banget, yang punya usaha kuliner Cafe/Resto wajib nih cobain ini di daftar menu πŸ˜ƒ satenya dari jamur tiram, sambelnya dari bumbu kacang. Awalnya pada ngira sate kambing, suamiku juga ngira sate usus ayam, pas udah dimakan, dikunyah dan dia bilang usus ayam 🀣 Oiya ini bikinnya dikit banget karna tukang sayur langganan bawa jamurnya tinggal 2 bungkus, satu bungkusnya aja 150an gr harganya 2.000 πŸ™ˆ yaudalah gapapa ambil aja, toh dapat kortingan jadi bayar 3.000 πŸ˜ƒπŸ€­ tadinya rencana mau di goreng crispy biasa aja... Tapi karna inget dikulkas ada stok bumbu putih dan blenderan kacang buat gado2, yauda deh ambil seperempatnya aja buat bikin saus kacang 🀭🀭🀭 sooo simple banget, tinggal halusin bumbu halus aja, kasi air dikit rebus sampai setengah set, jadi deh πŸ˜ƒ sesimple itu udah jadi makanan enak yang layak dijual di Cafe Resto πŸ˜ƒ lumayankaaann menu murah yang tak biasa 🀭 yummieh banget, yang pasti ini sih kurang 😭 bikinnya lama, ngabisinnya kilat πŸ€­πŸ˜‚ *** NOTE *** Untuk Bahan Perendam : 1 sdm Bumbu Dasar Putih (jika tidak ada stok, bisa diganti dengan 1 bawang putih, 3 bawang merah, 1 kemiri, 1/8 sdt ketumbar bubuk) Source : Nay's Kitchen https://cookpad.com/id/resep/13745647-sate-jamur-tiram-bumbu-kacang?invite_token=BCddjdukJ14NVt6xe8xuS1cd&shared_at=1617510318 #CookpadCommunity_Solo #PejuangGoldenApron3 #Timlo_BumbuPutihku #LihaiRecook9_Solo #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #PekanPosbarBumbuDasar #PekanRayaBumbuDasar

5 Tusuk
Cilok Tusuk Bumbu Kacang

Cilok Tusuk Bumbu Kacang

Makanan favorit anak wedok. Kalau makan cilok nikmat banget makannya. Makanya selalu nyari resep yang hasil ciloknya empuk. Alhamdulillah pake resep mba Diana maupun mami Tatik Asriasih hasilnya empuk semua. Dan untuk ulenannya, misal masih sedikit lengket, telapak tangan bisa dilumuri dengan tepung tapioka sebelum bentuk adonan. Selamat mencoba .. Source : @dianfaizin #GA_TheNextLevel #week4 #CABEKU #diKACANGinaja #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #dapursandra_cilok

Tahu kecap bumbu kacang petis

Tahu kecap bumbu kacang petis

Makanan favorit pak suami πŸ˜†πŸ˜†

Sate aci bumbu kacang

Sate aci bumbu kacang

YOUTUBE : Rhesti Danty IG : @rhestidanty #Cookpadcommunity_Surabaya #Cookoadcommunity_Sumbar

Sambal kacang atau bumbu kacang

Sambal kacang atau bumbu kacang

Untuk siomay , batagor , cilok , dll

Timun bumbu kacang

Timun bumbu kacang

Kemarin beli mentimun,mumpung murah jd beli dah.rencananya pgn buat timun kacang,finally jadi dech. Di daerah saya namanya ulang2..aneh khn namanya!!πŸ˜ƒπŸ˜ƒ enaknya dimakan pake nasi panas..#Pejuanggoldenapron3

Cilok bumbu kacang jadi

Cilok bumbu kacang jadi

Punya bumbu kacang kemasan..ditambah hujan..sore sore..triiingg...terinspirasi cilok..

Risol Bihun Bumbu Kacang

Risol Bihun Bumbu Kacang

#DiRumahAja#...senang banget akhirnya bisa membuat kulit risol yang mulus.. 😁

Cilok bumbu kacang empyuk

Cilok bumbu kacang empyuk

Req ank sieh brownis tp entah lah qo jdie cilok heheheheh...

60 biji
Pencok/rujak bumbu kacang

Pencok/rujak bumbu kacang

buah nya cuman pakai pepaya dan kueniπŸ˜†πŸ˜…

1 porsi kecil
Sate ayam bumbu kacang

Sate ayam bumbu kacang

favorit anak lanang,nyariΒ² resep di cookpad akhirnya nemu

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Berhubung suami dan saya doyan ngemil tapi susah keluar rumah,seperti biasa buka kulkas dan jadi lah cilok ini😊

Cilok Lembut Bumbu Kacang - Anti Alot

Cilok Lembut Bumbu Kacang - Anti Alot

Beberapa kali masak dan recook resep cilok. Tapi hasilnya ga begitu memuaskan. Soalnya tekstur cilok yang aku harapkan itu belum nemu. Kalo udah dingin terasa alot, terus ngunyahnya bikin cape. Pas Googling di mba Gugel, ga sengaja nemu resep ini, resep dari akun Cookpad. Dicoba recook dan ternyata teksturnya benar-benar lembut. Udah dingin juga masih tetap empuk tanpa harus dipanaskan lagi. Akhirnya nemu juga resep cilok lembut anti alot. Oh ya takaran sendok aku ganti dengan berat timbangan. Note: 1 sdm tepung setara 15 gr Sumber : SISKITCHEN

Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Cilok ter endolitaaa, hhee. Kata keluarga mah. πŸ˜€

Bumbu Rujak Kacang Mede

Bumbu Rujak Kacang Mede

#PejuangGoldenApron3