Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur ayam yang Enak Banget

Dipos pada January 6, 2019

Bubur ayam

Bagaimana membuat Bubur ayam yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Bubur ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur ayam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur ayam memakai 28 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur ayam:

  1. Beras
  2. Ayam
  3. Serai
  4. Daun salam
  5. Garam
  6. Bahan kuah :
  7. Bawang merah
  8. Bawang putih
  9. Kemiri
  10. Pala
  11. Kunyit
  12. Ketumbar
  13. Merica
  14. Jahe
  15. Daun salam
  16. Daun jeruk
  17. Serai
  18. Kecap manis
  19. Kecap asin
  20. Bahan pelengkap :
  21. Kacang kedelai goreng
  22. Kerupuk
  23. Emping
  24. Daun seledri
  25. Daun bawang
  26. Bawang goreng
  27. Kecap manis
  28. Sambal

Langkah-langkah untuk membuat Bubur ayam

1
Pertama rebus ayam buat di ambil air kaldunya. Setelah kaldu siap, angkat ayam. Ambil sedikit air kaldu untuk bahan kuahnya. Ayamnya boleh langsung di suir2 atau di goreng dahulu baru di suir2.
2
Masak beras dengan air kaldu, masukan serai, daun salam dan garam. Masak terus hingga menjadi bubur.
3
Untuk kuahnya...haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar dan pala. Lalu tumis dan masukan daun salam, daun jeruk, serai, dan jahe. Tumis hingga bumbu matang lalu masukan air kaldu, kecap manis sedikit dan kecap asin sedikit, tambah merica dan garam, cicipi.
4
Untuk sambal cabe rawit merah haluskan, garam lalu tumis hingga matang.
5
Sajikan bubur dengan bahan pelengkap. Yuummm....

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur ayam simple

Bubur ayam simple

Cerita nya kemarin gara2 kebanyakan makan durian, tiba2 malah sariawan berjamaah, kepaksa bikin bubur biar bisa makan tanpa rasa sakit, ternyata setelah sembuh, belum move on sama ni bubur.. dan malah pengen lagi

Bubur Tinotuan

Bubur Tinotuan

Bubur favorit saya dan anak gadis. Campuran sayurnya disesuaikan dengan favorit kami berdua. Kalau misua dan anak lanang harus ditambah topping seperti telur, teri medan goreng dan sambal terasi. Dalam memasak bubur, takaran air dan api harus diperhatikan. Jika air sudah mengering namun bubur belum lembut dapat ditambahkan air sedikit demi sedikit. Api kompor yanh digunakan jangan terlalu besar tapi kecil atau sedang saja dan sesekali bubur harus diaduk agar bagian bawah tidak berkerak dan gosong.

Bubur kacang ijo kuah durian

Bubur kacang ijo kuah durian

Lagi musim durian rasanya ga seru... Kalo ga buat panganan yg berbau2 durian... Cuzz lah

Bubur simple sederhana

Bubur simple sederhana

Bubur simple, sederhana tapi maknyus. Boleh di tambah kerupuk bagi yang suka ๐Ÿ˜ jangan lupa kasih ulasan bagaimana rasanya? Yuk dicoba!!!

Bubur Beras Ketan Gula Merah

Bubur Beras Ketan Gula Merah

Masih edisi mengenang almarhumah ibu yang saat saya kecil, beliau sering sekali membuat bubur ketan gula merah.

4 porsi
Bubur biji salak

Bubur biji salak

berbuka lah dengan yg manis manis

Bubur tim dengan EVOO Olivoila for 9+ M

Bubur tim dengan EVOO Olivoila for 9+ M

Asam oleat yang terkandung dalam minyak zaitun, terutama yang terkandung dalam EVOO dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak Anda.ย Extra Virgin Olive Oilย juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu mencegah dan mengurangi penyakit asma.

2 porsi
Bubur telur

Bubur telur

Ini terinspirasi dari bubur telur buatan mama ku lalu aku mencoba membuat nya lagi dengan versi aku sendiri. Semoga suka

1 porsi sedang
30 menit
Menu MPASI - Bubur kentang ayam santan

Menu MPASI - Bubur kentang ayam santan

Santan juga dapat digunakan sebagai lemak tambahan, untuk booster BB si baby.

3porsi @50ml
2jam
Bubur ayam anak kos

Bubur ayam anak kos

Dikala pengen bubur ayam tapi gd abang2 yg jualan

2-3 porsi
30 menit
Bubur Suro Khas Surabaya (Metode 5.30.7)

Bubur Suro Khas Surabaya (Metode 5.30.7)

Spesial saya persembahkan untuk #Cookpad memasak 35 Hidangan Khas Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Saya namakan #MenuNusantara #DariFarhahUntukCookpad sesuai dengan tujuan awal saya bergabung di #Cookpad yaitu lebih mengenal Kuliner Khas Indonesia dan share dengan Author lain supaya lebih mengenal Indonesia, setelah mengenal kan jadi lebih cinta sama Indonesia. Bahwa Indonesia itu beragam khasnya, keindahan alam, suku, budaya, adat istiadat hingga kuliner. I love Indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Indonesia Tanah Air Beta ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Resep ke-25 #MenuNusantara #DariFarhahUntukCookpad spesial saya persembahkan Bubur Suro Surabaya untuk Provinsi Jawa Timur. Source : Ririn Kristianti Sering dihidangkan pada acara Tahun Baru Islam di sebagian kota Jawa Timur termasuk Surabaya. Saya begitu antusias ketika mbak Ririn share hidangan ini, langsung masuk ke Cookmark. Alhamdulillah ada kesempatan langsung saya masak hari ini, walaupun saya buat hanya untuk 1 porsi karena lidah serba masuk hanya saya aja ๐Ÿ˜…๐Ÿคญ #JelajahResep #JelajahResepNusantara #JelajahResepKhasNusantara #MasakItuSaya #KeDapurAja #DiRumahAja #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #DutaRecookSamarinda

1 porsi
30 menit
Mpasi 9+ Bubur salmon tabur tempe orek

Mpasi 9+ Bubur salmon tabur tempe orek

Beberapa hari ini Meishy kalau makan selalu di emut, lama lama malah GTM alias gerakan tutup mulut, ibu jadi puter otak deh, bikin menu apa ya kira kira supaya rasanya ga bikin bosen, Alhamdulillah dengan menu ini, lahap dan habis

3 porsi
Bubur Ubi Kuning

Bubur Ubi Kuning

Kalo di kampung saya namanya jenang pathi ๐Ÿ˜ฌ Biasanya dijual bersama jenis bubur yg lainnya seperti bubur mutiara, sumsum, ketan hitam dan grendul ๐Ÿ‘Œ Cara masak bubur ini sederhana sekali jadi harus dicoba ya ๐Ÿ˜ฌ #PejuangGoldenApron3

Bubur manado

Bubur manado

5-6 porsi
Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Kata Bapak Suami, dia baru tau kalo bubur biji salak itu bukan dari biji salak beneran. Astaghfirullah. Siapa orang yang iseng ngumpulin biji buah salak coba? :"

2 porsi
30 menit
Bubur Jamur Enoki MPAsi 8+

Bubur Jamur Enoki MPAsi 8+

Mamak babang okka masaknya sllu pake sayur yg ad di rmh y mak.... Jd g saklek kudu 4 bintang dll.... Yg penting ngandung protein,serat,&karbo ....