Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bubur lembut yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada January 6, 2019

Bubur lembut

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bubur lembut yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bubur lembut yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur lembut, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bubur lembut ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur lembut yaitu 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang diperlukan dalam memasak Bubur lembut diperkirakan sekitar 22 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur lembut sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur lembut memakai 8 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Biasanya kalau masak bubur, terasa lama dan kalau mau sampai lembut banget seperti restaurant besar, membuang waktu banget. Mungkin tips di bawah ini bisa membantu. Tergantung selembut, dan sekental atau seencer apa yg kita inginkan..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur lembut:

  1. 250 gr beras putih
  2. 2.300 ml air (perbandingan beras dan air = 1: 9 atau 12)
  3. Perbandingan air tergantung selera ya. Mau kental atau encer
  4. Bahan Bumbu halus :
  5. 2 st garam
  6. 1 bh kaldu blok sapi/ayam
  7. 1/2 st lada bubuk
  8. 1 sm olive oil

Langkah-langkah untuk membuat Bubur lembut

1
Timbang beras putih 250 gr. Lalu blender (jangan terlalu halus), jangan kekasaran (bisa lihat di foto perbandingan beras sebelum dan sesudah diblender)
Bubur lembut - Step 1
Bubur lembut - Step 1
Bubur lembut - Step 1
2
Cuci bersih, bungkus pakai kantong plastik, bekukan di freezer, yang penting harus beku, bisa 3 jam sampai semalaman di freezer
Bubur lembut - Step 2
Bubur lembut - Step 2
Bubur lembut - Step 2
3
Masukkan 2,3 ltr air ke panci. Masukkan langsung beras yg sudah beku (keluarkan dari plastiknya ya).. Masukkan 1 sm olive oil agar nasi tidak lengket di bawah panci. Sambil sesekali aduk.
Bubur lembut - Step 3
Bubur lembut - Step 3
4
Masak sampai mendidih.. lalu masak lagi 15 menit. Sedangkan Api kompor biar ga luber.
Bubur lembut - Step 4
Bubur lembut - Step 4
5
Sesudah 15 menit.. + garam, lada, kaldu bubuk.. test rasa dan lihat keenceran dan kekentalan yang diinginkan apakah sudah sesuai, bila kurang kental teruskan masak lagi sampai kekentalan yg diinginkan.
Bubur lembut - Step 5
Bubur lembut - Step 5
Bubur lembut - Step 5
6
Sajikan dengan telor goreng, telor asin, minyak bawang putih goreng + bawang goreng cacah, daun bawang iris, sambal, kacang goreng, cakue...
Bubur lembut - Step 6
Bubur lembut - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan sederhana dengan bumbu sederhana. Biasa disajikan dengan sambel dan ikan asin. Selamat menikmati & mencoba

1 wajan penuh
Bubur Kanji Jagung Manis

Bubur Kanji Jagung Manis

Resep ini disadur dari resep Bunda Nanda Sukesi di grup Langsungenak. #PejuangGoldenApron2

Bubur hongkong topping bubur abang2

Bubur hongkong topping bubur abang2

Udah lama g makan bubur . Jd iseng buat bubur ala hongkong perpaduan topping bubur abang2.. Hha . Rasa bubur nya aja udh gurih..

Mpasi 6 bulan - bubur daging

Mpasi 6 bulan - bubur daging

3x makan
50 menit
BUBUR AYAM - DAPUR MARISA

BUBUR AYAM - DAPUR MARISA

Channel youtube: masakan dapur marisa, instagram: marisachasanwa Masak menu sederhana tapi rasa mewah,,menurut lidah mama #kamuinspirasi #pisanggaul #essemangkasusu #MotoPakeHape #WeekendChallenge #CABEKU #diKACANGinaja #kapsulajaib #DiRumahAja #Ngeksis #NgeksisDiCookpad #SilaturahmiRecook #TiketMasukGoldenApron3 #dapurmarisa #buburayamkampung #buburayam #bubur #superbubur #buburinstant #buburseduh #mukbangbuburayam #mukbang #masakanseharihari #memasak

1 orang
1 menit
MPASI Bubur Tepung Beras Susu

MPASI Bubur Tepung Beras Susu

kali ini saya mencoba membuat bubur susu dari tepung beras merk gasol dan sufor, gak begitu mau anak saya mungkin karena sudah makan puree buah yang ada rasa manis buahnya jadi tepung susu berasa agak hambar

3 porsi
Bubur Gurih Daging & Hati Ayam (versi MPASI)

Bubur Gurih Daging & Hati Ayam (versi MPASI)

Menu MPASI Baby Khay 6M0D 🐰 Hari ini buat menu ini untuk mpasi pertama baby, semoga dapat menginspirasi Mom dirumah. Bahan² juga mudah didapat.

Telur Bubur Tofu

Telur Bubur Tofu

Adik saya yang bayi suka banget makan ini, kalau makan sampai celemotan... Ih lucu lihat nya, karna tahu nya kan hancur-hancur, jadi lembut kayak bubur. #CABEKU #Telur3in1

4 orang
20 menit
Bubur sayur asem

Bubur sayur asem

Untuk bayiku. Sayur asem dari eyang

Bubur Ati Ayam Labu Kuning slow cooker (MPASI 6-9 bulan)

Bubur Ati Ayam Labu Kuning slow cooker (MPASI 6-9 bulan)

Keteteran banget mau bikin resep, karena eh karena baby lagi tumbuh gigi jadi mami puter otak cari menu supaya baby ga GTM. Bismillah yaa..resepnya bisa dicoba bun cocok utk baby yg lagi GTM, alhamdulillah anakku lahap dan gak bersisa, setelah sebelumnya cuma mau bubur fortif aja #PejuangGoldenApron3 #PejuangGoldenApronSeason3

3-4 kali makan
2 jam
Bubur Manado

Bubur Manado

Bismillah Sarapan bubur manado sehat

⁵⁷ Bubur ketan tepung jagung

⁵⁷ Bubur ketan tepung jagung

#DiRumahAja buat menu buka puasa yang kenyal2 dan mengenyangkan, tapi apa? Ahaa! kita buat bubur ketan pake santan aja, tapi kita taruhin tepung jagung dan kanji, tujuannya agar tekstur kenyalnya dapat. Buat bubur ini biar lebih semangat untuk buka puasanya, gak makan kolak mulu. Ini bubur buatan mertua, dijamin rasanya manis, gurih, wangi, sedep deh pokoknya. Okech nggak usah berlama2 biar lebih cepet langsung aja yuk, kita buat say! 😘 #MasakItuSaya #CABEKU #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan #BagikanInspirasimu #NgeksisDicookpad #GengGadoGado #PejuangApron3 #Berburucelemekemas

2 porsi
35 menit
Bubur bayam #mpasiADAM8month

Bubur bayam #mpasiADAM8month

Dari semua resep mpasi pasti aku buat simple karna trauma untuk kasih makan anak yg pake resep bnyak ,

1jm
4. bubur matahari (metode 5:30:7)

4. bubur matahari (metode 5:30:7)

Kami sekeluarga adalah pecinta bubur, terutama bubur mutiara ✨. Rasa bubur yang manis serta hangatnya saat disajikan terasa endul saat mendarat di mulut. Taraa this is it, inshaAllah pakai metode ini hasil buburnya bisa cantik dan tidak lengket.

5 mangkuk
75 menit
Bubur super cepet/bubur kilat

Bubur super cepet/bubur kilat

Ceritanya anak lg gtm dan klo masak bubur seperti biasa pst makan waktu yg lumayan cukup lama, akhirnya saya chek di youtube ada yg bikin bubur kilat dan saya peraktekan, ya ampun ternyata enak dan anak saya suka sekali , memang gk lembut seperti bubur biasanya tp tetep enak dan pada saat di makan lembut jg.

Sweet banana cinnamon porridge

Sweet banana cinnamon porridge

Lg nyari ide buat sarapan si kecil tiba2 inget drakor jewel in the palace yg adegan bikin bubur pake susu ydh dimodifikasi dikit deh

1 porsi
Bubur simple sederhana

Bubur simple sederhana

Bubur simple, sederhana tapi maknyus. Boleh di tambah kerupuk bagi yang suka 😍 jangan lupa kasih ulasan bagaimana rasanya? Yuk dicoba!!!