Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt yang Anti Gagal

Dipos pada November 12, 2018

Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt

Hari ini saya akan berbagi resep Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt yaitu 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt diperkirakan sekitar 15+30+10 mnit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Di rumah ada bahan-bahan buat bikin bubur kacang hijau ketan hitam,, kepingin coba buat bubur,, dan alhamdulillah enak lembut maniiss...saya ini recook dari #Pawon Ibukkk Riris ..:)tapi saya modif dikit rasa&porsinya..tpi kalau metode memasaknya saya tidak rubah..sya tmbah lagi tepung beras di rebusan kacang hijaunya..supaya tmbah kental & legit..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt:

  1. 250 gram kacang hijau
  2. 250 gram ketan hitam
  3. 100 gram gula jawa
  4. Sejumput garam
  5. 3 sdm gula pasir (sesuai selera)
  6. 400 ml santan
  7. 1000 ml air
  8. 1 ruas jahe
  9. 3 lmbr daun pandan
  10. 4-5 sdm tepung beras

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Kacang Hijau ketan hitam Lembuuutt

1
Pertama, cuci bersih kacang hijau dan ketan hitam, rendam dengan air bersih minimal 3 jam (kalau sya semalaman agar tmbh empuk dan tdk lama saat proses memasaknya)
2
Selesai direndam cuci bersih sekali lagi kacang hijau dan ketan hitamnya..didihkan air terlebih dahulu di dalam panci masukkan kacang hijau dan rebus selama 5 mnit lalu matikan kompor diamkan rebusan kacang hijau slma 30 mnit,stlh itu kmbali masak kacang hijau selama 7 mnit dengan menambahkan gula jawa,gula pasir,garam,jahe,dan pandan,tambahkan 4-5 sdm tepung beras dg dilarutkan pd sdikit air..(supaya kental & legit),diaduk terus sampai kekentalan yang diinginkan lalu matikan kompor.
3
Untuk ketan hitam metodenya sama dg kacang hijau,tambah sedikit garam, satu lmbr daun pandan, gulanya sesuai keinginan..(tidak usah ditambah tepung karna dari bulirnya udh mengeluarkan cairan pati..)
4
Selanjutnya membuat santan, didihkan santan dengan menambahkan sedikit garam dan satu lembar daun pandan, diaduk pelan pelan dengan api sedang dan jangan lama" supaya santan tidak pecah..,jika mau santan yang agak kental gunakan sedikit tepung maizena dg mnambahkannya dilarutkan air terlebih dahulu lalu dicampurkan ke santan..
5
Terakhir sajikan bubur kacang hijau ketan hitam kedalam mangkok dengan disiram santan
6
Selamat mencoba,,semoga berhasil dan enaakk..(waktu memasaknya bisa disesuaikan,tidak harus sama sperti diatas, tetapi metodenya hrus tetap sama yaa : rebus,diamkan,rebus kembali)::)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Kacang Hijau Empuk

Bubur Kacang Hijau Empuk

cepat, matang sempurna,empuk,simple,dan gak ribet.. 😍😍. susah nyari bubur kacang hijau yg seleranya kaya saya ini.. ini pas bgt dilidah saya.. luar biasa..MasyaAllah... enakk bgtt...πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—β€οΈβ€οΈβ€οΈβ€οΈ

7 orang
20 menit
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

5 Orang
1 Jam
Bubur Kacang Ijo Gula Merah

Bubur Kacang Ijo Gula Merah

Cocok buat takjil buka puasa😬

6 orang
Es bubur mutiara kacang merah

Es bubur mutiara kacang merah

Manteeep paaaanas-panas gini makan atah minum es bubur mutiara kacang merah πŸ˜‹πŸ˜‹ 🍸🍢

Bubur Kacang Hijau (Kuah Legit)

Bubur Kacang Hijau (Kuah Legit)

Selalu ngidam burjo yang dikasi tetanggaku 2 taun lalu saat hamil tua. Aku coba berkali2 selalu gagal. Karna #dirumahaja, banyak sisa2 bahan pelengkap dessert yang kubuat...dan ingin rasanya coba buat burjo lagi...campur bahan yang ada aja, gak nyangka 98% mirip sama yang dikasi tetanggaku itu ...:3

j
Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Malem Sabtu, 21/02/2020... IsengΒ² bkin bubur kacang hijau ahhh... Saya salah seorang penyuka kuah banyak, santan tidak terlalu kental, entah kenapa...πŸ˜‚ menurut saya, klo kuahnya banyak biar pas makan bubur kacang hijaunya gak terlalu enek, gak terlalu seret ditenggorokan, jadi seimbang kacang hijau sm kuahnya, namanya selera yah...kadang kluar dari pakem masak yg sebenarnya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† trs...klo misalkan buburnya masi bersisa, bisa skalian juga bkin es lilin...πŸ˜‚πŸ˜‚

8 porsi
Β±30 menit
Bubur Kacang Hijau Susu #jiorecipe

Bubur Kacang Hijau Susu #jiorecipe

pertama nyoba resep ini gak sengaja ketika lg pengen bubur kacang hijau tapi stock santan kosong. dannnn si kacang hijau udh terlanjur d rebus. liat isi kulkas adanya susu, ya udah coba aja deh. sempet gak yakin susu dan sedikit garam akan match. ternyata enak πŸ˜… apalagi d tambah vanilla. khusus bubur kacang hijau versi susu ini, saya lebih suka d makan dingin. rasanya mirip ice cream soalnya πŸ˜‚. bwat yg males nimbang, bisa langsung beli susu kemasan yg udh ada vanilla nya yesss, tinggal tuang ✌🏻😁. #jiorecipe #buburkacanghijau

4 porsi
Bubur Kacang Hijau Mutiara

Bubur Kacang Hijau Mutiara

Disajikan hangat atau pun dingin ini tetap jadi favorit anak2... #5resepterbaruku

Bubur kacang hijau rendah kolesterol (tanpa santan)

Bubur kacang hijau rendah kolesterol (tanpa santan)

Buat yang punya darah tinggi, kacang hijau sangat bermanfaat dan mengandung antioksidan tinggi. Tapi, kebanyakan bubur kacang hijau berisi santan dan terlalu manis. Coba deh resep ini.

2 porsi
Bubur Kacang Ijo (nyusmak)

Bubur Kacang Ijo (nyusmak)

malem mingguan bareng suami di dapur

Bubur kacang hijau metode 5.30.7

Bubur kacang hijau metode 5.30.7

Source : Fah Umi Yasmin Ahay,,,lamaaa banget ga nguprek didapur,,mengabaikan pesan dr tim cookpad demi menjawab *salam kurus* dari adik😁😁😁 Kmrn dpt kacang ijo dikasih tetangga, jd inget sm bubur.. Oke deh, mumpung libur sekalian ikutan kontes #DikuahinBiarSyedep #pekanInspirasi #cookpadcommunity

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

When the rain comes🌧 #5resepterbaruku

5-8 porsi
45 menit
Bubur kacang hijau biji salak

Bubur kacang hijau biji salak

Bubur kacang hijau biji salak ini salah satu menu yg bisa dijadikan alternatif pengganjal perut disaat lapar. Juga cocok banget disantab disaat musim hujan seperti saat ini. Cara memasaknya pun g seribet yg dibayangkan. Cukup rendam biji kacang hijau semalam. Kemudian dimasak cukup menggunakan metode 5_30_7 menit biji kacang hijau akan cepat empuk. #CABEKU #diKACANGinaja

Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau

source : Dina "Ummu Khal Kitchen" saya bikin 1/3 dari resep aslinya, karna yang makan cuma berdua, takutnya berhari2 ntar ga habis2...hihi... ini bikinnya menggunakan alat rebread, jadi ga pake nyala2in kompor, tinggal masuk alat, pencet2, tinggal ajah, trus jadi deh nih bubur... yeeeeaayyy...praktis bgt... #arisanrecook #bakoelandariroemah #anekabuburmanis #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_jakarta #kookpader #jemputrejeki #siapramadan

Bubur Kacang Hijau Mutiara

Bubur Kacang Hijau Mutiara

Makanan pembuka ketika buka puasa.. di temani es sirup biji selasih pas bangeett...😁😁