Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Kolak dingin yang Menggugah Selera

Dipos pada March 24, 2021

Kolak dingin

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Kolak dingin yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Kolak dingin yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak dingin, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kolak dingin di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Kolak dingin biasanya untuk 6 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Kolak dingin diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak dingin sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak dingin memakai 8 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Minggu siang gini.. enak nya makan yang dingin dong yaa 🤗

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak dingin:

  1. 1 sisir pisang kepok mengkal
  2. 350 gram gula merah
  3. 250 gram pulut
  4. 4 buah roti kosong
  5. 1 sendok gula pasir
  6. 1/2 buah kelapa parut
  7. 1/4 sendok garam (seujung sendok)
  8. 1 liter air

Langkah-langkah untuk membuat Kolak dingin

1
Potong pisang sesuai selera. Lalu masak gula merah dengan air, setelah itu masukan potongan pisang sampai pisang benar-benar masak sempurna.
2
Setelah itu masukan santan yang sudah di peras, aduk pelan sampai kolak matang dan jangan lupa beri gula dan garam.
3
Masak pulut kedalam rescocer sembari potong roti ukuran dadu.
4
Sediakan es batu, haluskan.
5
Terakhir.. siapkan wadah untuk sajiannya (masukan kolak, potongan roti, pulut dan es batu).

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak Ubi

Kolak Ubi

Waktu ke tukang sayur ketemu ubi jalar lagi murah, cuss beli dan diolah jadi kolak. Kolak ubi ini enak dan gampang banget bikinnya.

Kolak labu kuning

Kolak labu kuning

Berhubung setoran weekendchallenge nya harus bebikinan dengan modal rp.15000. Jd nya ke Abang tukang sayur belanjaan segitu aja.beli labu(5000),gula kelapa(4000),gula pasir(1500),kelapa(3500),kapur sirih(1000).ini resep bikin kolak labu dikeluargaku,agar tekstur labu tidak rusak walau direbus empuk,direndam dulu dengan air kapur. Minggu ke 7 #pejuanggoldenapron2 #weekendchallenge

Kolak pisang nangka

Kolak pisang nangka

walaupun cuaca panas, bikin kolak juga bikin seger hatiii 😂

Kolak Pisang, Ubi, Kolang Kaling Dgn Fiber Creme

Kolak Pisang, Ubi, Kolang Kaling Dgn Fiber Creme

9.1.2020... 10.35... Bismillah... #cookpad #cookpadindonesia #cookpadcommunity #cookpadcommunity_yogyakarta #kolak #fibercreme #sosimplydelicious #AngelKitchen

Kolak Pisang Simpel

Kolak Pisang Simpel

Makanan manis yang simpel adalah kolak. Yuk, bikin, Moms 😊 #berburucelemekemas #resolusi2019

Kolak Pelangi FiberCreme

Kolak Pelangi FiberCreme

Cb masak kolak tanpa santan. Ubi, labu sm pisangny dikukus biar nggak terlalu lembek pas dimakan bbrp jam kemudian. Dpt resep dr tante. Jadi ini kuahnya pakai fibercreme, tp menurutku rasanya hampir sama sih sm santan, malah lebih creamy teksturnya walaupun nggk terlalu kuat rasa gurihny. Terus lebih sehat juga. Fibercreme kan banyak mengandung serat. Serat dibutuhkan dalam porsi yang banyak oleh tubuh. Jadi keknya sekarang mau stock fibercreme trs aj gmn? Wkwk.

Kolak Labu Kuning

Kolak Labu Kuning

Bismillahirrahmanirrahim... Assalamualaikum... Apa kabar cookpaders semuanya... Masak kolak labu kuning sudah beberapa Minggu lalu tepatnya 1 bulan lalu saya siap untuk tabungan resep🙊🙈😁 Dua hari saya libur masak dikarenakan ada acara family gathering dari kantor pak suami. Walaupun ikut acara kantor pak suami tetap menyempatkan menulis resep😅. Masakan ini merupakan masakan dekat di hati💖duh kenapa tidak masakan kesukaan anakku si sulung dan bahan labu kuningnya pun langsung dikirim dari kampung. Si Abang itu kalau kolak labu kuning kalau labunya bukan dari kampung kurang suka. Dan masak pun dengan penuh bumbu bumbu cinta untuk anak tercinta eea... Jadi kaya lirik lagu aja😅 #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok #dekatdihati

Kolak Kacang Ijo Bola Ketan

Kolak Kacang Ijo Bola Ketan

Nyonyavi's Kitchen

Kolak Ubi

Kolak Ubi

Masih #SemuaTentangIbu.. Karena nenek saya berasal dari Manado, jadi pastilah banyak menu² yang pernah kami rasakan.. Salah satunya kolak ini.. Ibu sering tiba² membuatnya ketika #IbuKangenKampung.. Semalam saya membuatnya untuk kami nikmati serumah & saya hidangkan pagi tadi hangat² untuk sarapan.. #onerecipeonetree #cookpadcommunity_malang

Kolak singkong

Kolak singkong

Enaaak..mantap👍

6.Kolak Simple Angatot

6.Kolak Simple Angatot

Lagi musim hujan begini paling enak menyamtap yg berkuah anget-anget. Ini menu super simple sekali. (Anti Gagal Total= Angatot)

2 porsi
Kolak kolang kaling

Kolak kolang kaling

Pas banget stok gula merah bnyak 😂cocok bgt,👌 ( gula kawung has tasik😆😆)

6 porsi
60 menit
Kolak Pisang dan Ubi Ala Ala Anak Rantau

Kolak Pisang dan Ubi Ala Ala Anak Rantau

Karna besok mau puasa sekarang uji coba dulu buat kolaknya. Palagi musim covid ini beli di luaran beresiko alhasil uji coba ini rasanya ala ala kolak buatan orang rumahan. Udh murah enak lagi bisa bikin sendiri rasanya

Cukup lah buat sekeluarga 4 orang
Siapkan bahan bahan nya
Kolak Pisang Ubi Sederhana

Kolak Pisang Ubi Sederhana

Sebuah ke-ngidam-an di malam hari kala gerimis sedang melanda tsahhh😝