Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bubur manado/tinutuan yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada January 25, 2019

Bubur manado/tinutuan

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur manado/tinutuan yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Bubur manado/tinutuan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur manado/tinutuan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur manado/tinutuan sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur manado/tinutuan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur manado/tinutuan memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#Wanilahmeolahbeasa ini hasil recook dari mba giok lean's life. awalnya si dpt ide ,karna pas lg cerita2 sm adik ipar ,ceritanya gini pas adik ipar pacaran sama org manado sering di antarin bubur sm pacar dia,na kebetulan pd waktu itu suami bersama adik,katanya suami sngt suka makan bubur manado,singkat cerita na muncullah ide untuk buatkan sang suami bubur manado. jujur baru kali ini buat bubur manado dan teryata sgt enk dan bikin nagih dan nagih suamiku sgt suka.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur manado/tinutuan:

  1. 1 gls beras (rendam -+1jam)
  2. 2 liter air
  3. 300 gr labu kuning
  4. 200 gr singkong/ubi kuning
  5. 2 buah jagung manis
  6. 1 ikat kangkung
  7. 1 ikat bayam
  8. 2 ikat kemagi (1mangkok)
  9. 2 lembar daun salam/daun kunyit
  10. 3 batang sereh
  11. 3 siung bawang putih
  12. 2 siung bawang merah
  13. secukupnya kaldu bubuk,garam & lada
  14. bahan pelengkap
  15. ikan asin jambal roti (opsional)
  16. sambal ikan Roa (sambal terasi)
  17. bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Bubur manado/tinutuan

1
Bersihkan semua bahan2 sayuran lalu potong2 dan cuci bersih,haluskan bawang merah dan bawang putih,kemudian didihkan air 2liter.
Bubur manado/tinutuan - Step 1
Bubur manado/tinutuan - Step 1
2
Masukkan beras,jagung,labu kuning,singkong,sereh n daun salam ke dalam air mendidih.tutup dan masak 5menit dgn api sedang.setelah 5menit matikan kompor dan pstikan tutup panci rapat jangan di buka ya lalu diamkan selama 30menit. (kita masak pake metode 5.30.7 irit gas 😁)
Bubur manado/tinutuan - Step 2
Bubur manado/tinutuan - Step 2
3
Setelah 30menit nyalakan api selama 7 menit.setelah 7menit barulah di buka lalu goreng bawang halus dgn sdkt minyak setelah harum dan kecoklatan tuang ke dalam bubur beserta minyaknya aduk rata lalu lumatkan labu kuning dan singkong menggunakan garpu sampai rata.jika bubur terlalu kental boleh tambahkan sedikit air sesui kekentalan yg kita inginkan.
Bubur manado/tinutuan - Step 3
Bubur manado/tinutuan - Step 3
Bubur manado/tinutuan - Step 3
4
Masukkan bumbu,garam,kaldu bubuk dan lada.kemudian masukkan kangkung,bayam aduk merata terakhir daun kemangi aduk sampai sayur matang,tes rasa lalu angkat dan sajikan bersama sambal dan ikan asin.
Bubur manado/tinutuan - Step 4
Bubur manado/tinutuan - Step 4
Bubur manado/tinutuan - Step 4
5
Sajikan. selamat mencoba ya bun.jgn lupa mampir di chanel youtube aku mama calista untuk nntn video aku membuat bubur manado.
Bubur manado/tinutuan - Step 5
Bubur manado/tinutuan - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur anak 11 bulan +

Bubur anak 11 bulan +

Anak saya sangat menyukai menu yg satu ini

+_ 30 menit
Bubur Sayur beras merah

Bubur Sayur beras merah

Karna suami radang dan susah makan, saya buatkan sarapan bubur dengan sayuran agar tetap terpenuhi kebutuhan vitaminnya. Untuk mempersingkat waktu saya blender buburnya agak tidak terlalu lama memasak

Mpasi 6MO+ 4⭐ bubur daging wortel

Mpasi 6MO+ 4⭐ bubur daging wortel

Mashaa Allah nailah lahap only 10 menit habis ❌gula ❌garam ❌penyedap only kaldu homemade

2kali makan
Mpasi 4* 6mo+ bubur ubi madu lele kacang merah

Mpasi 4* 6mo+ bubur ubi madu lele kacang merah

Manis poul ubinya d tambah gurih" dari kaldu dan lelenya. Umminya pun doyan anak lahap 😂 BAB lancar 1 kali no sembelit

pagi dan sore
30menit
Bubur tim Afkar

Bubur tim Afkar

Ini sebenernya bubur tim yg kesekian kalinya karna Afkar sudah 8 bulan 1 minggu tapi gatau kenapa males motonya😁

Bubur oatmeal gurih

Bubur oatmeal gurih

Untuk sahurnya my daughter..katanya gak mau makan nasi,biasanya sarapan paginya sy buatkan overnight oatmeal yg terdiri dari oatmeal dicampur susu atau yoghurt dan buah2an, selama puasa ini oatmealnya dimasak sbg pengganti nasi lauknya sesuai yg sy masak untuk sahur..check it out.

1 porsi
Bubur Kari Buncis

Bubur Kari Buncis

Sebenarnya ini adalah resep bubur yang serba instan karena menggunakan bahan-bahan yang memang sudah jadi seperti nasi, bubuk kari instan, santan instan, penyedap rasa dan bawang putih yang cuma diiris tipis aja. Bagi kalian yang pengen bubur yang lebih sehat bisa menggunakan bahan-bahan sebagaimana mestinya. Misal dengan menggunakan santan asli, kaldu ayam asli, trus bawang putihnya di ulek, atau masak nasinya dari awal (tidak menggunakan nasi yang sudah jadi). Trus tips buat yang mau membuat bubur, nasinya nggak usah banyak-banyak soalnya kalau segenggam atau semangkuk nasi itu kalau udah jadi bubur jadinya banyak 😅 #maaf kalau ada yang salah karena saya masih belajar 😂

30 menit
Bubur Sop

Bubur Sop

Menu yg lengkap, enak utk saat sakit atau flu #berburucelemekemas #resolusi2019 #pekan25 #cookpadcommunity_situbondo #cookpad_paders

Bubur Kacang Ijo Sederhana

Bubur Kacang Ijo Sederhana

Dimakan anget-anget enak, dimakan dingin enak, dijadiin es krim juga enak

40 menit
Bubur kacang ijo rumahan

Bubur kacang ijo rumahan

Pas banget hujan dan bahan2 lagi ada d rumah, langsung eksekusi deh 😊

4 porsi
Bubur biji salak

Bubur biji salak

Udah lama ngidam jenang candil tapi yg dari ubi bukan hanya tepung ketan akhirnya nemu resep ini, recook dari bahan2nya bu Hj Tintin Purnama Sari dengan sedikit modifikasi sesuai selera. Terimakasih....pas banget sebagai cemilan sore hari. Source : Hj Tintin Purnamasari Recook : bundabellic

Bubur Beras Kacang Hijau

Bubur Beras Kacang Hijau

Biar makin enak tambahkan ½ cup beras yaa.. Cobain deehh..

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo

Ini cemilan favorit almh.ibu..beliau suka sekali dg cemilan yg satu ini..bikinya jg gampang gak di pisah2 gitu santanya..langsung masak semuanya jadi satu,dan sampai sekarang saya suka bngt bikin burcangjo ini di rumah #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu

Bubur Kacang Ijo

Bubur Kacang Ijo

Simpel dan bergizi

Bubur Ketan

Bubur Ketan

Kakak (TK B) minggu sore buka lemari es cari makanan yang bukan camilan kering. Buat salah satu menu sederhana yuk. Ibuku juga sering masak bubur ini. #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu #PejuangGoldenApron2 #Cookpadcommunity_Jakarta #TeamTrees #SatuResepSatuPohon #OneRecipeOneTree

5 porsi
40 menit