Resep Ikan Tongkol bumbu kuning & sayur, Menggugah Selera

Lina Casey   13/08/2020 07:09

Ikan Tongkol bumbu kuning & sayur
Ikan Tongkol bumbu kuning & sayur

Sedang mencari inspirasi resep ikan tongkol bumbu kuning & sayur yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan tongkol bumbu kuning & sayur yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ini resep bumer trsyang yg enak bget klo msak olahan ikan ,, awali basmalah yuuuu. Bumbu kuning yang simpel sangat sedap dipadukan dengan ikan tongkol. Daging ikan tongkol yang gurih ini juga tidak mudah hancur sehingga aman bila dimasak lama.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan tongkol bumbu kuning & sayur, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ikan tongkol bumbu kuning & sayur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ikan tongkol bumbu kuning & sayur yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ikan Tongkol bumbu kuning & sayur memakai 18 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ikan Tongkol bumbu kuning & sayur:
  1. Sediakan 8 iris sedang ikan tongkol putih
  2. Gunakan 3 bh Timun Krai, belah dan potong2
  3. Ambil 1 ikat kacang panjang, potong 3 cm
  4. Sediakan 3 bh belimbing sayur/tomat, iris
  5. Sediakan ❤ bumbu halus:
  6. Siapkan 4 cm kunyit,
  7. Gunakan 4 cm lengkuas
  8. Siapkan 3 cm jahe
  9. Gunakan 3 cm kencur
  10. Siapkan 1 sdt ketumbar
  11. Gunakan 4 siung bawang merah
  12. Sediakan 3 siung bawang putih
  13. Siapkan secukupnya garam dan kaldu bubuk
  14. Sediakan ❤ bahan pelengkap:
  15. Siapkan 1 btg bawang prei, iris
  16. Ambil 3 lembar daun salam
  17. Gunakan 4 lembar daun jeruk purut
  18. Ambil 1/2 btr kelapa tua, ambil santannya (1,5 gelas)

Ikan ini banyak ditemukan di perairan samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Selain tongkol, ikan ini juga punya julukan lain berupa kawakawa di Fiji dan mackerel tuna di Amerika. Ikan bumbu kuning adalah salah satu jenis masakan bersantan dengan tambahan bumbu rempah rempah sehingga masakan. Ikan masak Kuah kuning ini masakan khas bugis bisa pakai ikan tongkol,ikan kembung,mujair dll.

Cara membuat Ikan Tongkol bumbu kuning & sayur:
  1. Haluskan bumbu2…kemudian tumis dg bawang prei, daun salam dan daun jeruk sampai harum.
  2. Setelah itu tambahkan 400 ml air, masukkan timun krai, kacang panjang dan ikan tongkol. Terakhir masukkan belimbing sayur dan santan aduk2 biar santan tdk pecah. Masak hingga matang dg api sedang sampai bumbu meresap.
  3. Sajikan dg lontong atau bubur juga enak, kalo di Situbondo namanya bubur Suro (bubur yg dibuat hanya bulan Suro). Plus tambahan taburan kacang goreng…perkedel kentang…dan bwg goreng…👌

Tp aku lebih suka pakai ikan. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus yang sudah disiapkan. Bumbu tongseng kambing, bumbu tongseng sapi, dan bumbu tongseng ayam bisa di beli dengan mudah di warung kecil maupun di pasar pasar tradisional, sehingga cara memasak tongseng cukup mudah dan praktis. Aneka Resep Masakan Ikan Tongkol - Ikan tongkol, ikan yang satu ini bisa kita olah menjadi berbagai sajian yang lezat untuk menu makan. Selain digoreng, ikan tongkol bisa kita masak dengan aneka bumbu yang khas sehingga menghasilkan hidangan yang spesial.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat ikan tongkol bumbu kuning & sayur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved