Cara Gampang Membuat Ayam terong balado, Bisa Manjain Lidah

Travis Hines   27/06/2020 21:58

Ayam terong balado
Ayam terong balado

Lagi mencari ide resep ayam terong balado yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam terong balado yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ayam cuci bersih lumurin dgn Kaldu ayam bubuk. kunyit lemon. bumbu Cabe Bawang Merah putih Jahe lengkuas daun Salam Serai garam, Gula. minyak Tomat. Balado is a type of hot and spicy bumbu (spice mixture) found in Minang cuisine of West Sumatra, Indonesia. Balado sauce is made by stir frying ground red hot chili pepper with other spices including garlic, shallot, tomato and key lime juice in coconut or palm oil.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam terong balado, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ayam terong balado enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam terong balado sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ayam terong balado memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam terong balado:
  1. Ambil 1/4 kg ayam
  2. Siapkan 4 buah terong ungu
  3. Gunakan Bumbu halus
  4. Ambil 8 buah bawang merah
  5. Ambil 4 buah bawang putih
  6. Ambil 15 buah cabe rawit
  7. Sediakan 2 buah cabe merah
  8. Sediakan 1 sdt lada bubuk
  9. Siapkan secukupnya garam

Pasalnya, bumbu balado sendiri memiliki varian lain untuk dimasak selain terong ada juga ayam, ikan, dan telur. Langkah-langkah membuat terong balado sosis ayam. Pertama-tama, iris terong dengan ukuran yang sedang, tidak terlalu tebal, tidak terlalu tipis. Rendam irisan terong tersebut ke dalam air bersih agar terong tidak berubah warna.

Cara menyiapkan Ayam terong balado:
  1. Cuci bersih ayam kemudian masak sampe sedikit empuk
  2. Goreng terong dan ayam setengah matang
  3. Tumis bumbu halus sampe harum kemudian masukkan ayam dan terong, tambahkan lada bubuk, garam dan sedikit air
  4. Masak hingga bumbu meresap dan air habis kemudian tes rasa

Goreng terong yang sudah direndam hingga matang. Beberapa bahan yang bisa menjadi bahan utama telur balado antara lain daging ayam, daging sapi, ikan, telur dan terong. Telur menjadi salah satu bahan favorit yang paling banyak digunakan untuk membuat balado, dengan menu yang bernama telur balado. Balado terong merupkan masakan khas Padang yang digemari oleh masyarakat dari berbagai macam daerah, hal tersebut disebabkan karena selain cita asanya yang pedas balado terong khas Padang juga sangat khas, enak dan lezat. Balado terong ini patut anda buat di rumah sebagai menu makan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam terong balado yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved