Cara Gampang Membuat Chiffon Cake Coklat Merekah, Menggugah Selera

Sophie Reid   06/07/2020 21:33

Chiffon Cake Coklat Merekah
Chiffon Cake Coklat Merekah

Sedang mencari inspirasi resep chiffon cake coklat merekah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal chiffon cake coklat merekah yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari chiffon cake coklat merekah, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan chiffon cake coklat merekah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan chiffon cake coklat merekah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Chiffon Cake Coklat Merekah menggunakan 10 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Chiffon Cake Coklat Merekah:
  1. Gunakan Bahan Pasta
  2. Ambil 5 bh Kuning Telur
  3. Gunakan 80 gr Susu Cair putih (ditimbang)
  4. Gunakan 40 gr Minyak Goreng (ditimbang)
  5. Ambil 100 gr Tepung Terigu protein rendah, ayak
  6. Sediakan Merigue
  7. Gunakan 5 bh Putih telur
  8. Gunakan 75 gula Castor/gula pasir butiran halus
  9. Siapkan 1/2 sdt pasta Mocca
  10. Ambil 1/2 sdt Pasta coklat
Langkah-langkah menyiapkan Chiffon Cake Coklat Merekah:
  1. Siapkan semua bahan dan loyang chiffon bongkar pasang diameter 15 cm. Pisahkan kuning dan putih telur. Campur minyak dan susu, panaskan sebentar (1 menit) sampai hangat kuku 70'C
  2. Saat masih hangat masukkan tepung terigu aduk rata, setelah suhu ruang masukkan kuning telur, aduk rata.
  3. Sisihkan adonan pasta. Panaskan oven dengan suhu atas 180' (atas) dan 150'C (bawah). Kocok putih telur (pastikan wadah putih telur bersih tanpa lemak), kocok dengan kecepatan rendah sampai keluar buih putih, masukkan 1/3 bagian gula castor, naikkan kecepatan mixer sampai kecepatan tinggi sambil dimasukan 1/3 gula dan sisanya secara bertahap. Kocok sampai stiff peak (ujung putih telur bila diangkat tegak lurus)
  4. Masukkan 1/3 bagian merigue (putih telur), aduk rata. Masukkan sisanya dan aduk rata. Bagi adonan menjadi 3 bagian. 1 bagian beri pasta coklat, 1 bagian beri pasta mocca, 1 bagian tetap putih.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang secara berganti, isi sampai 80-90% tinggi loyang. hentakan sebentar agar udara dalam adonan keluar. Panggang sampai selama 6-8 menit sampai bagian atas berkulit, keluarkan sebentar (max 1 menit) dan belah bagian atasnya sesuai selera. Segera masukan kembali adonan ke dalam oven. Masak selama 5 menit, kemudian turunkan adonan dengan suhu 170'(atas) dan 140'C (bawah) lalu lanjutkan dengan suhu 160' (atas) dan bawah 140' (bawah) selama 30-35 menit sampai matang
  6. Setelah matang (tes tusuk), keluarkan dari oven dan segera balik cake, beri penyangga. Diamkan sampai suhu ruang. Setelah cake dingin keluarkan cake dari dari loyang dengan cara menekan bagian pinggir cake.
  7. Hidangkan Chiffon Cake setelah suhu ruang.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Chiffon Cake Coklat Merekah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved