Resep Nasi bakar oncom, Bisa Manjain Lidah

Mae Bryan   16/11/2020 16:35

Nasi bakar oncom
Nasi bakar oncom

Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar oncom yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar oncom yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar oncom, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi bakar oncom yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nasi bakar oncom. foto: @novita._.sari via Instagram/@shareresep. Nasi bakar dengan isi oncom spesial sangat khas dengan makanan sunda asli Jawa Barat, mari coba resepnya. Jika anda tidak asing dengan nasi bakar dengan isi ayam, daging, ikan asin ataupun jamur.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah nasi bakar oncom yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi bakar oncom menggunakan 21 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Nasi bakar oncom:
  1. Siapkan Nasi bakar oncom:
  2. Siapkan 1 piring nasi
  3. Ambil 50 gr oncom Bandung
  4. Ambil 1 siung bawang putih
  5. Sediakan 2 siung bawang merah
  6. Ambil 1 ruas kencur
  7. Sediakan 2 sdm minyak goreng
  8. Gunakan Garam dan lada halus
  9. Siapkan Tumis buncis:
  10. Siapkan 1 genggam buncis
  11. Ambil 1 siung bawang putih
  12. Gunakan 2 siung bawang merah
  13. Gunakan 3 buah rawit pedas
  14. Siapkan 1 iris lengkuas
  15. Sediakan 1 lembar daun salam,
  16. Gunakan 2 sdm minyak goreng
  17. Ambil Garam
  18. Sediakan Pelengkap:
  19. Sediakan Empal goreng
  20. Siapkan Bawang goreng
  21. Gunakan Daun pisang, lidi bersih

It is usually wrapped in banana leaves and served with various side dishes. Jaman dahulu nasi tutug oncom dianggap sebagai nasinya para kaum melarat atau masyarakat miskin. Sebab jaman dahulu nasi ini dibuat dengan menggunakan nasi aking oleh para warga yang. hijau atau merah sesuai selera) - Nasi Bakar Oseng Cumi Cabai Hijau (isi osengan cumi asin dengan bumbu cabai hijau) - Nasi Bakar Tutug Oncom. Nasi Bakar Teri Pedas, yaa nggak sih?

Cara membuat Nasi bakar oncom:
  1. Buat tumis buncis. Siapkan bahan bahan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe, salam dan lengkuas hingga harum. Masukan buncis. Bumbui dg sedikit garam. Aduk rata sampai buncis layu, cicipi, koreksi rasa, angkat, sisihkan.
  2. Uleg bawang putih, bawang merah, kencur dan garam. Remas oncom. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukan oncom, aduk rata.
  3. Masukan nasi. Tambah lada bubuk. Aduk sampai nasi tercampur rata dg oncom. Cicipi, koreksi rasa, angkat.
  4. Tata nasi di atas selembar daun pisang. Beri tumis buncis, taburi bawang goreng dan lauk (saya empal goreng, di suwir). Gulung, sematkan lidi. Panggang di atas teflon pada kedua sisi. Angkat. Nasi bakar oncom siap dinikmati.

Kebayang dong gimana harumnya nasi yang dibalut dengan daun pisang dan di dalamnya dicampur dengan teri pedas yang bakal memanjakan lidah. Kayaknya cocok deh dijadikan nasi bakar tutug oncom alias Nasi TO buat acara #BancakanOnlineBarengCookpad,. Udah berbumbu, tinggal aduk sm nasi anget trus bungkus daun. Yuk, intip resep nasi bakar oncom ala Food Blogger Sofia's Kitchen berikut. Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi bakar oncom yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved