Bagaimana Membuat KUE JONGKONG #pekaninspirasi yang Lezat

Lilly Banks   28/07/2020 01:53

KUE JONGKONG #pekaninspirasi
KUE JONGKONG #pekaninspirasi

Lagi mencari inspirasi resep kue jongkong #pekaninspirasi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue jongkong #pekaninspirasi yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue jongkong #pekaninspirasi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kue jongkong #pekaninspirasi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung. Jongkong memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering dijual di pasar tradisional.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat kue jongkong #pekaninspirasi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan KUE JONGKONG #pekaninspirasi menggunakan 14 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan KUE JONGKONG #pekaninspirasi:
  1. Sediakan gula merah, sisir halus
  2. Ambil Adonan suji:
  3. Gunakan santan, dari ½ butir kelapa parut
  4. Gunakan air daun suji
  5. Ambil tepung beras
  6. Siapkan tepung sagu
  7. Sediakan garam
  8. Gunakan gula pasir
  9. Gunakan Adonan santan polos:
  10. Siapkan santan, dari ½ butir kelapa parut
  11. Gunakan tepung beras
  12. Gunakan tepung sagu
  13. Siapkan garam
  14. Siapkan gula pasir

Proses membuatnya hanya dengan mengukus kue. Jadi sangat mudah dan mudah untuk di coba. Kue Jongkong - my mom loves this! Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum.

Langkah-langkah menyiapkan KUE JONGKONG #pekaninspirasi:
  1. Siapkan 10 buah mangkuk tahan panas @ volume 150 ml.
  2. Adonan suji: Campur semua bahan di panci hingga rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk hingga mengental, angkat. Sisihkan.
  3. Adonan putih: Masukkan semua bahan ke dalam panci, campur hingga rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk hingga mengental, angkat. Sisihkan.
  4. Taruh 1 sdm gula merah ke tiap mangkuk. Sendokkan adonan suji hingga setengah penuh, ratakan.
  5. Sendokkan adonan santan polos di atas adonan suji hingga penuh, ratakan. Ulangi langkah melapis ini hingga dua adonan habis.
  6. Kukus di dalam dandang panas hingga gula meleleh dan adonan padat (± 2 menit). Angkat. Sajikan

Kue jongkong ini merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Kue kuliner khas Bangka Belitung, dengan cita rasa khas manis dan gurih, teman berbuka puasa. Jongkong adalah makanan khas tradisional dari Bangka Belitung yang bentuknya mirip dengan puding. Kue Jongkong rasanya manis dan harum daun pandan sangat pas untuk buka puasa. GenPi.co - Bulan ramadhan begitu dirindukan seluruh umat muslim, begitu juga dengan kue jongkong.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat kue jongkong #pekaninspirasi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved