Resep Bolu KOJO, Enak

Lora Carter   09/11/2020 16:23

Bolu KOJO
Bolu KOJO

Sedang mencari inspirasi resep bolu kojo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu kojo yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Bolu Kojo adalah penganan khas daerah Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya terutama di daerah Jambi, Riau, Bengkulu dan Palembang. Kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kemboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu kojo, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan bolu kojo yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan bolu kojo sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Bolu KOJO memakai 8 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Bolu KOJO:
  1. Sediakan 4 butir Telur
  2. Gunakan 250 gr Gula Pasir
  3. Sediakan 500 gr Tepung Terigu
  4. Ambil 1/2 sdt Garam
  5. Sediakan 100 gr Margarin
  6. Gunakan 800 ml Santan
  7. Gunakan 15 lembar Daun Pandan
  8. Sediakan 15 lembar Daun Suji

Di Jakarta, ternyata masih ada yang tertarik untuk berbisnis kue kojo. Ia adalah Sri Tamin, seorang perempuan yang menikah dengan pria asli Sumatera Selatan. Bolu Kojo ini merupakan bolu khas daerah Sumatera Selatan yang beraroma pandan. Tekstur bolu ini sendiri tidak seperti bolu lainnya yang cenderung memiliki pori-pori dan mengembang, tektur bolu ini terlihat padat diluar tapi kalau dimakan lembut kok mungkin lebih kurang teksturnya kayak kue lumpu.

Langkah-langkah menyiapkan Bolu KOJO:
  1. Siapkan semua bahan.
  2. Blender Santan dengan daun pandan dan daun suji, kemudian saring.
  3. Rebus campuran santan, tambahkan margarin. Masak hingga mendidih dan margarin meleleh. Dinginkan.
  4. Kocok gula, telur dan garam.
  5. Masukkan campuran telur ke dalam terigu yang sudah diayak sedikit-sedikit sambil diaduk.
  6. Kemudian masukkan campuran santan yang sudah dingin sedikit-sedikit sampai habis sambil diaduk hingga rata.
  7. Tuang kedalam loyang yang sudah dioles dengan margarin dan tepung.
  8. Oven hingga matang, 40 - 45 menit.
  9. Angkat, dinginkan…
  10. Siap dinikmati.

Kojo atau kemojo berasa dari kata kemboja. Jadi bolu ini dinamakan kemboja karena dibuat dengan loyang yang menyerupai bunga kemboja. Cukup bingung juga aslinya ini berasal dari riau atau palembang, tapi ternyata kue ini sama-sama khas dan berasal di daerah sekitar Riau, Palembang, Jambi dan Bengkulu. Biasa kue ini dihidangkan di acara-acara daerah. Kue bolu kojo pun sudah siap untuk disajikan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Bolu KOJO yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved