Resep Pisang Goroho Sambal Roa Anti Gagal

Peter Turner   18/10/2020 00:29

Pisang Goroho Sambal Roa
Pisang Goroho Sambal Roa

Lagi mencari ide resep pisang goroho sambal roa yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pisang goroho sambal roa yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

I am here rn eating a portion of pisang goreng sambal roa. The fried banana tastes good, it's not too sweet nor oily and it's big enough to fill your tummy up. The sambal roa tastes good enough and it balances the fried banana.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pisang goroho sambal roa, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan pisang goroho sambal roa yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan pisang goroho sambal roa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Pisang Goroho Sambal Roa menggunakan 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pisang Goroho Sambal Roa:
  1. Sediakan Bahan pisang goreng
  2. Siapkan 10 pisang goroho
  3. Ambil 1 sdm Garam
  4. Siapkan Bahan sambal roa
  5. Siapkan 2 roa asap
  6. Sediakan 9 butir bawang merah
  7. Gunakan 3 butir bawang putih
  8. Siapkan 2 cm jahe
  9. Sediakan 1 batang serai
  10. Sediakan 5 buah Cabai merah keriting
  11. Ambil 20 buah Cabai rawit/ cengek
  12. Siapkan 1/2 sdm merica
  13. Siapkan secukupnya Garam
  14. Siapkan secukupnya Gula merah
  15. Sediakan 1 sdt mecin

Kalau di Jawa, makan pisang goreng ditemani dengan teh manis hangat atau kopi. Nah, yang unik dari kebiasaan masyarakat Indonesia Timur, pada saat makan pisang goreng pasti harus ada sambal. Rasanya tidak lengkap kalau tidak ada sambal. Ini adalah salah satu makanan khas manado yang pertama saya masak.

Langkah-langkah menyiapkan Pisang Goroho Sambal Roa:
  1. Buang cangkang pisang goroho, lalu di iris tipis memanjang, cuci pisang yang sudah di iris lalu rendam di air garam 5 menit lalu goreng pisang sampai berwarna kekuningan
  2. Membuat sambal roa :
  3. Bersihkan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, rawit dan jahe lalu di ulek/blender agar lembut
  4. Setelah bahan sambal lembut, masukan ikan roa asap yang sudah dibersihkan bagian perutnya dan dibuang kepalaya kedalam bahan sambal. Ulek kembali sampai halus
  5. Panaskan wajan, beri minyak gkreng secukupnya untuk menggoreng sambal, tumis serai lalu masukan bahan sambal, beri garam, gula, mecin dan lada secukupnya. Setelah wanginya tercium dan matang sambal dapat disajikan langsung dengan pisang goroho goreng.

Fyi tingkat kepedasan rawit disini tidak sepedas rawit di bandung hehehe. Oh ya kalau mau pisangnya kriuk seperti keripik pisang rendam dulu pakai apu sirih Irisan pisang goroho dibuat tipis-tipis seperti keripik. Maka hasil gorengannya sudah pasti kering serta menimbulkan suara kriuk ketika dimakan. Goroho umumnya disantap dengan sambal roa. Hal ini tentu terlihat aneh untuk orang yang tak biasa memakan pisang dan sambal secara bersamaan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pisang Goroho Sambal Roa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved