Resep Sayur krecek kacang tolo / Sambal goreng krecek tolo Anti Gagal

Billy McKinney   27/10/2020 01:51

Sayur krecek kacang tolo / Sambal goreng krecek tolo
Sayur krecek kacang tolo / Sambal goreng krecek tolo

Sedang mencari inspirasi resep sayur krecek kacang tolo / sambal goreng krecek tolo yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur krecek kacang tolo / sambal goreng krecek tolo yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep sayur krecek kacang tolo pelengkap gudeg khas jogja. Masakan Indonesia memang sangat kaya sekali, kali ini kita akan mensajikan Cara Membuat Sayur Sambal Goreng Krecek tahu Kacang Tolo Bahan : - Kacang Tolo. Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo,merupakan salah satu menu khas pedesaan dijawa terutama Jawa tengah dan khususnya solo dan Jogja.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur krecek kacang tolo / sambal goreng krecek tolo, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sayur krecek kacang tolo / sambal goreng krecek tolo yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur krecek kacang tolo / sambal goreng krecek tolo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur krecek kacang tolo / Sambal goreng krecek tolo menggunakan 14 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur krecek kacang tolo / Sambal goreng krecek tolo:
  1. Ambil 200 gr kacang tolo, rendam air panas 2 jam, cuci bersih
  2. Sediakan Krecek khusus sayur
  3. Ambil secukupnya Tetelan/udang
  4. Ambil 2 lembar daun salam
  5. Ambil 2 lembar daun jeruk
  6. Gunakan Lengkuas
  7. Siapkan Cabai rawit
  8. Ambil Gula aren bubuk/gula jawa
  9. Sediakan secukupnya Garam
  10. Gunakan Bumbu halus:
  11. Sediakan 8 siung bawang merah
  12. Sediakan 4 siung bawang putih
  13. Gunakan 10 buah cabai keriting merah
  14. Ambil 1/2 kotak kecil terasi

Sambal goreng krecek dengan kacang tolo ini sangat mantap disajikan sebagai lauk pendamping. Resep sambal goreng krecek dengan kacang tolo ini sangat pas buat penggemar gudeg. Kulit sapi kering ini sangat populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai masakan atau diolah menjadi. Bahan campuran sambal goreng krecek biasanya adalah kacang tolo, kacang ini favorit Ibu saya namun saya kurang suka dengan aromanya yang aneh.

Cara membuat Sayur krecek kacang tolo / Sambal goreng krecek tolo:
  1. Rendam krecek dengan air panas sampai agak lunak, tiriskan
  2. Kacang tolo yang telah direndam air panas, tiriskan dan cuci sampai bersih.
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan daun jeruk,daun salam dan lengkuas. Masukkan udang/tetelan.
  4. Bila sudah wangi, tambahkan air. Masak sampai mendidih masukkan kacang tolo. Masak sampai empuk tapi tidak hancur.
  5. Bila kacang sudah empuk, masukkan santan, krecek dan cabai rawit. Tambahkan garam dan gula, koreksi rasanya. Masak sampai matang, taburi bawang goreng.

Terkadang tahu, tempe dan potongan tetelan daging sapi juga digunakan untuk membuat kuahnya menjadi lebih gurih. Ini resep sambal goreng krecek yang bikin ketagihan! Tambahkan kacang kapri, kentang goreng, garam, dan gula merah, aduk hingga larut bersama air santannya. Itulah resep mudah membuat sambal goreng krecek yang rasanya melekat banget di lidah. Sambal krecek miskin, tanpa daging SAPI, tahu dan kacang tolo.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur krecek kacang tolo / sambal goreng krecek tolo yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved