Langkah Mudah untuk Membuat Bolu Singkong Kukus yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 22, 2020

Bolu Singkong Kukus

Hari ini saya akan berbagi resep Bolu Singkong Kukus yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Bolu Singkong Kukus yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bolu Singkong Kukus, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Singkong Kukus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu Singkong Kukus oleh krasi mommy. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Kalau kamu mau, masakan Bolu Singkong Kukus memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

#bringbackmemories nostalgia dl sma singkong,,,😁 dulu klo kermh alm.nenek pasti selalu ada singkong entah itu direbus, digoreng, atau dibikin timus,,, trus aku first time belajar bikin kue jg dgn si singkong ini😊 secara singkong tu murah meriah dan mudah didapat. Nah kali ini aku pilih bolu singkong punya neng cantik @kheyla's kitchen biar special. #berburucelemekemas #resolusi2019 #clovercookinglover #cookingwithhearteatingwithlove #olahansingkong #lowgluten #cookpadcommunity_bali #cookpadcommunity_denpasar

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Singkong Kukus:

  1. 500 gr singkong kupas
  2. 11/2 sdm tepung terigu
  3. Sejumput garam dan vanili
  4. 2 btr telur
  5. 100 gr gula pasir
  6. 1/2 sdt SP
  7. 50 gr margarin, cairkan
  8. 50 ml santan/susu (me: 1 sdm fibercreme + air)
  9. 1/2 sdm coklat bubuk
  10. Setetes pasta coklat (optional ya)

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Singkong Kukus

1
Parut singkong dgn parutan kelapa lalu bungkus dgn serbet bersih. Peras hingga airnya habis. Taruh di wadah campur dgn tepung terigu dan garam, sisihkan.
Bolu Singkong Kukus - Step 1
Bolu Singkong Kukus - Step 1
Bolu Singkong Kukus - Step 1
2
Mixer speed sedang gula, telur dan vanili kurleb 5 menitan. Naikkan speed tinggi lalu masukkan SP, mixer sampai putih, kental pucat.
Bolu Singkong Kukus - Step 2
Bolu Singkong Kukus - Step 2
3
Turunkan speed paling rendah, masukkan campuran singkong bergantian dgn fibercreme dan margarin cair. Mixer sebentar saja, matikan mixer, ratakan dgn spatula.
Bolu Singkong Kukus - Step 3
4
Bagi 2 adonan. Satunya biarkan putih, satunya beri coklat bubuk dan pasta coklat, aduk rata.
Bolu Singkong Kukus - Step 4
Bolu Singkong Kukus - Step 4
5
Tuang adonan coklat di loyang yg sdh diolesi margarin, hentakkan sekali. Kukus 15 menit (kukusan sdh dipanaskan dulu ya,,, trus tutupnya dilapisi serbet) lalu tuang adonan putih diatasnya, kukus lg kurleb 30 menit.
Bolu Singkong Kukus - Step 5
Bolu Singkong Kukus - Step 5
6
Setelah matang, dinginkan dl br dilepas dr cetakan. Potong" dan sajikan,,, klo mau diolesi buttercream jg boleh ya,,,
Bolu Singkong Kukus - Step 6
Bolu Singkong Kukus - Step 6
Bolu Singkong Kukus - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Tiramisu Kukus

Bolu Tiramisu Kukus

Cake ini lembut enak dan cocok bgt.. Dan rasanya jg ngopi pas deh.. Apalagi atasnya di kasih taburan keju makin endees..

Bolu Kukus Susu Sederhana

Bolu Kukus Susu Sederhana

Irit bahan, anti gagal. 😁 Bisa untuk temen ngopi dimusim hujan, suka males keluar beli gorengan.

Bolu Kukus Mekar Semangka

Bolu Kukus Mekar Semangka

Tengah2 Ngukus Masih kurang 3 Menit Kukusannya Berasap Alias Airnya HabisπŸ˜…πŸ˜…. kelamaan Manasinnya kali ya. Untung msh Mekar Biar Ga Smpurna

7 buah
Bolu Pisang Cokelat Tanpa Telur

Bolu Pisang Cokelat Tanpa Telur

Karena lagi ada virus corona, dirumah aja kan , jadi iseng iseng buat bolu piscok, jadilah😁😁

satu porsi
25 menit
Bolu kukus sederhana

Bolu kukus sederhana

Coba resep bolu kukus pertama kali alhamdulilah 80% jadi.. πŸŽ‚ #5resepterbaruku

Bolu Kukus Buah Naga Merah

Bolu Kukus Buah Naga Merah

Bocilku kurang doyan buah yg satu ini. Dari kemarin nganggur dikulkas. Coba dibikin bolu karena bocil doyan bolu ternyata enak dan bocilku suka.

Bolu Kukus Tinggi πŸ—ΌπŸ—Ό

Bolu Kukus Tinggi πŸ—ΌπŸ—Ό

Hasilnya benar2 tinggi makanya aq namain bolu kukus tinggi.. Hampir 5cm lho... Jadi senyum2 sendiri liat hasilnya. Ini resep milik neng kheyla (hatur nuhun atuh neng... πŸ˜„) cuman aq modif dikit dari segi jumlah bahan. Empuk dan lembut bolunya, semua pada suka... 😍😍😍

Kue bolu kukus gery chocolatos

Kue bolu kukus gery chocolatos

Kue ini resep dari bunda yuni yg di youtube, setelah menonton nya, saya jadi pengen buat juga, pas di buat juga mudah, ini ga pke mixer sama oven ya, cuma di kukus aja.

Bolu kukus chocolatos takaran sendok

Bolu kukus chocolatos takaran sendok

Foto yg diatas itu untuk 2x adonan ya bund.. Selamat mencoba

Bolu Kukus Lapis Oreo

Bolu Kukus Lapis Oreo

Tumben-tumbenan si kaka Dhea minta cemilan. Berhubung udah malem jdi males kluar beli cemilan. Ya udah deh.. di buatin cemilan yang gampang dan bahan yang trsedia di rumah aja. Edisi males kluar πŸ˜†πŸ˜† #Berburucelemekemas #Resolusi2019

Bolu semangka kukus πŸ‰πŸ‰

Bolu semangka kukus πŸ‰πŸ‰

Uda lama banget pengen bikin kue ini dan sudah beli loyangnya juga ,tapi efek males jadi ga bikin2 ...😁😁😁kemarin waktu inget lagi jadi langsung deh cuss bikinn πŸ˜…πŸ’ͺπŸ’ͺ

Bolu kukus tiramisu /BandungRecook3_Widynaura

Bolu kukus tiramisu /BandungRecook3_Widynaura

Bosen makan roti tawar melulu yg diisi topping pengen makan yg praktis lsg suap aja nggak harus oles2 lagi. Source: Widynaura #Cookpadcommunity_Bandung #BandungRecook3_widynaura

15 pcs
Bolu kukus mekar

Bolu kukus mekar

Source:chalista kitchen.ikutan kegiatan clover.bedah resep bolu kukus mekar.kali ini saya pake resep chalista kitchen.awalnya pas ngemixer duh ko menggumpal.tapi pas kelamaan saya lihat adonannya lembut sendiri soft peak.textur lembut pas matang juga bawahnya ngga bantat.saya pakai 2x resep dari resep asli.yuk di coba #beres_bolukukusmekar #beresclover #cookpadcommunity_bandung #cookpadindonesia #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #berburucelemekemas #goldenapronchallenge #resolusi2019 Note:sebelum masuk kukusan harus beruapbanyak,kalo pake panci tutup panci usahakan alas dengan serbet tebal,pengisian ke cup harus full cup adonannya,air kukusan jangan terlalu banyak karena bisa muncrat ke atas yg menyebabkan bawah bantat atas mekar,jangan buka tutup kukusan sebelum 15menit,pas ngukus harus pake api besar.

Bolu kukus mekar/mekrok

Bolu kukus mekar/mekrok

Udah lama banget nih ceritanya gak bikin bolu kukus mekar, terakhir bikin gagal karena bantet dibawahnya. Entah yg sp/TBM nya yg jelek atau kurang kental adiknya 😁 jadi males deh bikin lg. Naaah,, hari ini tuh ada niatan kepengin bikin cemilan tapi bingung mau bikin apa 😊 kepikiran lah mau bikin bolkus 😁 tpi kali ini sy bikinnya dari resep ci Tintin yah, bahan-bahannya sih biasa kaya yg sy pernah bikin, cuma ini metodenya bukan yg all in one. Dan dsini sy pake sprite yah bu ibuk 😁

12 biji
1 jam
Bolu Kukus Tiramisu

Bolu Kukus Tiramisu

Ini tuh hasil unboxing dapur dan kulkas 🀣 karena bete lagi hujan tapi gak bisa tidur, sedangkan anak tidur, gak ada kerjaan yaudah bobongkar aja, ada cofee sama coklat bubuk dan santan. Ah yaudah aja kepikiran bikin bolu tiramisu kukus aja. Dan Alhamdulillah hasilnya enaakkk.. lembut banget bolunya.

Bolu Ketan Kukus

Bolu Ketan Kukus

Ini tuh salah satu bolu favorittt.. Dari jaman dulu seneng banget kalo mamah pesen bolu ketan ini ke tetangga. Soalnya mamah bilang, mamah ga bisa bikinnya hhii.. Source : Mba Mayya Arrifudin 🌷

BOLU COKLAT idul fitri

BOLU COKLAT idul fitri

Lebaran hari kedua terasa sepi, menghibur diri dg membuat bolu coklat lembut tanpa seret...