Langkah Mudah untuk Membuat Bolu batik gulung KeJu yang Anti Gagal

Dipos pada September 14, 2021

Bolu batik gulung KeJu

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bolu batik gulung KeJu yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Bolu batik gulung KeJu yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bolu batik gulung KeJu, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu batik gulung KeJu ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Bolu batik gulung KeJu oleh krasi mommy. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Bolu batik gulung KeJu memakai 12 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Membahs tema tentng hari guru, menurut saya guru dlm hidup sy adlh Pendamping hidupku. Suamiku sbg pendamping hidup, sekaligus sbg guru dlm hidupku.Suamiku adlh sosok yg gigih dlm bekerja, penuh tanggungjawab, pnuh kasih syng srta tegas dlm mendidik kluarga kecilku.Suamiku slalu mengajarkn nilai kebaikan& memberikan motivasi hidup dlm diriku. Motto hidup yg slalu dismpaikn kpdku adlh "Impian yg besar dimulai dari langkah yg kecil". "Jika kita ingin mraih sesuatu maka perjuangkanlah". Mengingat kembali kisah masa lalu suamiku, Wkt trjadi bencana tsunami disbagian wilayah saja di Aceh Th.2004 (tmpt kos suami tdk kena tsunami). Suasana saat itu serba sulit.Biasany stiap bln orangtuany mengirimkn uang unt kuliah.Sejak kjadian itu,tdk prnh lg dikirimkan.Suamiku pantang menyerah jgn sampai"putus"kuliah, sambiL kuliah suamiku bkerja menjadi buruhbangunan didesa terpencil (upah/harinya lumayn kta suamiku).Dlm pkerjaan itu,membutuhkn tnaga ekstra.Mulai mengangkat batu2 bsar dikali yg sngt jauh dri lokasi bkerja smp menuntaskn pkerjaanny.Hal itu dilakukn slama bbrp thn lamanya. Hari dmi hri telahdilalui,singkat cerita, Sekarang suamiku telah "memetik" hasil dari "buah"Kegigihannya. Sekarang Kesuksesan /impiannyapun tlah ia raih. Sbg rasa terimakasihku pdamu suamiku sayang , aq buatkn kue kesukaanmu (Terinspirasi dr resep ibu Dyah). #terimakasihguruku#gurukuidolaku.Suamiku kau telah memberikan pelajaran berharga tentang meraih suatuimpian.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu batik gulung KeJu:

  1. Bahan membuat kue :
  2. 100 gr Margarin, lelehkan
  3. 3 btr Putih telur
  4. 1/2 sdm SP atau TBM
  5. 60 gr Tepung terigu
  6. 8 btr Kuning telur
  7. 75 gr Butter cream unt olesan
  8. 100 gr Gula pasir
  9. 10 gr Tepung Maizena
  10. 10 gr Susu bubuk
  11. 1/4 sdt Coklat pasta
  12. 125 gr Keju Cheddar parut unt taburan

Langkah-langkah untuk membuat Bolu batik gulung KeJu

1
Tentukan motif batik (me: motif mega mendung). Motif bisa dicari di internet sesuai keinginan anda. Lalu di print.
Bolu batik gulung KeJu - Step 1
2
Olesi terlebih dahulu loyang ukuran 26-30 menggunakan margarin secara merata sampai kebagian sudut dan pastikan semua bagian loyang terolesi.Sisihkan.Taburi dg terigu smp merata agar tdk menempel/sulit dikeluarkan.
3
Kocok telur, gula pasir,sp/tbm sampai mengembang dan berwarna pucat. Masukkan terigu bersama maizena dan susu bubuk yg telah diayak sebelumnya. Aduk dg kecepatan tinggi.
Bolu batik gulung KeJu - Step 3
4
Ambil 50gr adonan kue dan masukkan ke plastik segitiga. Lalu lukis sesuai pola batik yg sdh disiapkan (kertas gambar batik dibawah, kertas roti diatas). Lukis dg bantuan plastik segitiga. Setelah smua tertutup adonan warna unt pola batik. Panggang 2 menit, asal set dan tdk basah.
Bolu batik gulung KeJu - Step 4
5
Lalu tuang sisa adonan dalam loyang, ratakan dg spatula. Panggang 15-20 menit dibawah suhu 190derajat.
6
Setelah matang lalu angkat dan jangan terlalu lama didiamkan langsung oles butter cream dan beri isian sesuai selera. Lalu gulung perlahan. Agar gulungan padat (perlahan agar tdk pecah saat menggulung), Gunakan scraper/penggaris yang kokoh.
Bolu batik gulung KeJu - Step 6
7
Bolu batik gulung KeJu - Step 7
8
Note : (1) Untuk pewarnaan anda dapat menggunakan pasta pandan, moka, green tea, dll. Jika ingin menampilkan warna yang lebih bervariasi, anda tinggal melakukan inovasi sendiri. (2) Cara memanggang Bolu gulung batik sama persis dengan bolu gulung biasa tapi proses pemanggangannya jangan terlalu lama agar tidak retak. (3) Setelah diangkat dari oven, bolu gulung jangan didiamkan terlalu lama agar mudah untuk digulung / tekstur tidak patah.
9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu mawar

Bolu mawar

30-35 pcs
Bolu Kukus Gula Merah (No Mixer)

Bolu Kukus Gula Merah (No Mixer)

Diawal tahun ini kembali merefresh cooksnap/ resep yg sdh pernah saya buat. Selain utk referensi pribadi & yg paling esensial buat saya ingin berbagi (dr hal yg sederhana) buat teman2 cookpader lain yg sama2 belajar masak2 dari TIDAK BISA โžก๏ธ manjadi sedikitBISA seperti saya๐Ÿ™ˆ, walopun masih jauh dari kata MAHIR/ EXPERT tapi tetap semangat masak๐Ÿณ๐Ÿ’ช๐Ÿ˜† Resep dibawah dari cooksnap pertama saya, manis gula merah-nya yg kadang bikin kangen bolu ini๐Ÿ˜ Bisa dicoba loh moms buat cemilan yg pengin manis-nya beda Let's try๐Ÿ’ช cuzz ngeeeng๐Ÿ›ต SC: Dapurnya Orang Kampung recook: diana #IdeMasakku

8 biji
60 minutes
Bolu Kukus Mekar

Bolu Kukus Mekar

Assalamualaikum, hai bunda2 semua.... Ini postingan pertama aku ya Bun... Kali ini saya mau berbagi resep bolu kukus bakulan aku ... resep ini warisan dari org tua hehehe. Semoga bermanfaat.... Yuk kita mulai.

40pcs
45 menit
237. Ogura Orange Cake

237. Ogura Orange Cake

Masih dengan ogura๐Ÿ˜€Rasanya moist , lembut, jeruk banget. Enak mantappp. Pakai jeruk Navel /sunkist , kulitnya harum. (Saya pakai dua jeruk Navel sekitar 600 gr., perasan airnya hanya dipakai 70ml. Tapi kulit jeruknya dari dua jeruk.) Ini selera, kalau mau pakai satu jeruk sekitar 300 gr sudah cukup air perasannya. Kulitnya diparut untuk menambahvaroma jeruk. Parut hatihati tidak twrparut bagian putihnya. Nanti pahit.

Bolu Susu Bandung Lembut Takaran Sendok

Bolu Susu Bandung Lembut Takaran Sendok

Lagi kangen bandung jadi nostalgia bikin bolunya aja ๐Ÿ’‹ hihihi

Bolu Gulung Abon

Bolu Gulung Abon

Sudah lama saya kepengen bebikin bolu gulung. Kebetulan ada stok abon banyak sekali di rmh. Yasudah kenapa ga bikin bolu gulung pake filling abon. Perpaduan manis, gurih dan pedas ada tiap gigitan. Yaaaaa meski rasa pedes cabe merahnya ga nampol sih tapi enaks pake bangetssss ๐Ÿ˜ . Note: โ€ข pastikan telur yg digunakan dalam kondisi bagus โ€ข jika tidak suka ada sedikit sensasi pedas dari cabai merah boleh di skip โ€ข saya pakai loyang 22x22, bisa juga pakai loyang 24x24 Source: http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.co.id/2011/05/bolu-gulung-ekonomis.html?m=1 . Modified by me

Bolu Kukus Pop Ice tanpa telur

Bolu Kukus Pop Ice tanpa telur

Pengen bikin bolu kukus tanpa telur, isengยฒ aja masukin semua bahan. Ternyata jadi, lembut dan empuk huhu terharu. Maaf untuk prosesnya tidak didokumentasikan karena kirain bakal gagal๐Ÿคญ 1 resep ini saya jadi 13 buah dengan cetakan mawar besar.

Bolu gulung batik

Bolu gulung batik

Beberapa kali bikin rollcake, tapi baru pertama kali ini bikin yang bermotif dalamnya. Biasanya motif dibikin di kulit luarnya, kalo sekarang saya coba bikin motif batiknya di dalam. Paduan rasa vanilla, cokelat, mocca, dan selai strawberry dalam cake lembut. Bisa bayangkan donk bunda enaknya ๐Ÿ˜ buruan dicoba resepnya. Resep recook dari nyak Nonong untuk memenuhi tantangan #recookBarengCilmin. Modif sedikit di takaran gulanya. Untuk teknik membuat motif, saya dapat dari chef yongky gunawan ๐Ÿ˜Š #CookpadCommunityBorneo #RecookBarengCilmin

Chiffon pandan

Chiffon pandan

Chiffon lembut dan wangi. Wajib kamu coba bestie nih. So yummy

10 orang
2 jam
Bolu kukus santan batik (2 butir telur)

Bolu kukus santan batik (2 butir telur)

Bolu kukus santan hanya dengan 2 butir telur se enak ini .. Yakin kalo mkan bkal nambah nambah dan nambah lagi .. soal rasa ngk bisa bohong .. Jngan lupa kirim cooksnapnya yah .. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

1 loyang
45 mnit
Bolu marmer jadul

Bolu marmer jadul

So buttery, moist lembut dan gk seret. Bolu marmer jadul yang sempat ditinggalkan dan tergantikan dengan cake kekinian yang banyak beredar di pasaran, muncul lagi. Rasa kangen akan muncul dikala kita ingat karena punya kenangan. Bolu marmer jadul tetiba ngangenin.

Bolu Tape Panggang

Bolu Tape Panggang

20 potong
2 jam
Bolu Batik Mini

Bolu Batik Mini

Entah motif batik jenis apa ini???:-) tapi soal rasa,, yummm,,,,,

Bolu Gulung Abon / Roll Tart Abon

Bolu Gulung Abon / Roll Tart Abon

Ini beneran enak ๐Ÿ˜ nemu resep ini udah lama banget dari blognya Teh Ricke Indriani, pernah baca juga punya Cii Tintin Rayner. Resep yang sama jadi saya tidak tahu pasti siapa pemilik resep ini๐Ÿ˜

20 pcs
60menit
Recook bolu gulung abon lembut & lentur by Titin Rayner

Recook bolu gulung abon lembut & lentur by Titin Rayner

Recook dari ci Titin Rayner.. ampun deh... Bener2 lembuuut dan enyaaak bingit.. pokoknya uenaak poll... Foto diresep ini penggabungan dari 2 kali recook ku.... ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Bolu Gulung Abon (Gluten free)

Bolu Gulung Abon (Gluten free)

Sekali2 nyoba yang gluten free. Resepnya bunda juni dwianggiani ini sebagian adalah menu sehat bebas gluten. Nah... ini nih yg sedang viral di CP. oya ini bs jadi 2 loyang loh. So, bagi yang cm mo buat 1 loyang resepnya di paruh aja yak. Saya kebetulan memang mau bawain temen sih kerumahnya jadi ya sekalian buat 2 hehe #recook_juni_dwianggiani #kookpader #cookpadcommunity_jabodetabek

2 loyang
30 menit
Beef Floss Swiss Roll

Beef Floss Swiss Roll

Source : Kelas Membuat Cake by Dapur Pintar #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan

Bolu coklat (chocolatos) batik ekonomis

Bolu coklat (chocolatos) batik ekonomis

Lumayan bikin tangan gemeter ..xixi Tapi akhirnya jadi juga bolu batik Mega mendung ku .. Tak serumit yang dibayangkan .. Asik & menarik buat dicoba ..

4 porsi
45 menit
Bolu Marmer

Bolu Marmer

Pertama belajar buat cake yaa ini bahannya,alhamdulillah suami,anak & kelg suka..rasanya mantap,lembut,harum dan mau..mau..lagi๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿค—