Cara Gampang Membuat Mushipan (Bolu Kukus) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada April 26, 2020

Mushipan (Bolu Kukus)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Mushipan (Bolu Kukus) yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Mushipan (Bolu Kukus) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Mushipan (Bolu Kukus), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Mushipan (Bolu Kukus) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Mushipan (Bolu Kukus) sekitar 12 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan sampai lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Mushipan (Bolu Kukus) diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Mushipan (Bolu Kukus) oleh krasi mommy. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Kalau kamu mau, masakan Mushipan (Bolu Kukus) memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Habis beli whisk baru πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„, pengennya sih bikin kue. Berhubung blm punya oven, latihan sampai bisa bagusan bikin kue2 kukus dulu kali yaa..tar baru lanjut ke oven, sapa tau satu hari bisa kebeli tuh oven. Kepikiran bikin Mushipan, bolu kukus Jepang yang mirip cup cake gt tp ga ngembang, tp ga punya cetakannya. Jadinya dibikin kaya bolu kukus biasa deh. Hasilnya teksturnya kaya kueh bolu panggang, tapi sedikit mengecewakan di chocochips-nya, soalnya semuanya pada mengendap di dasar cetakan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mushipan (Bolu Kukus):

  1. 1 cup terigu
  2. 1/2 cup gula pasir
  3. 1/4 cup minyak goreng
  4. 2 butir telur
  5. 1 sdt TBM (emulsifier)
  6. 60 ml santan instant Kara
  7. 1/4 sdt soda kue
  8. 1 sdt vanilli cair
  9. 3 sdm coklat choco chips

Langkah-langkah untuk membuat Mushipan (Bolu Kukus)

1
Ambil mangkuk besar, kocok telur dan gula dengan whisk, tambahkan santan, TBM, soda kue dan vanilli kocok sampai menyatu.
2
Tambahkan pelan-pelan terigu, aduk rata. Tambahkan coklat choco chips, aduk. Tuang ke dalam cetakan ukuran diameter 14 cm, tinggi 4 cm.
3
Panaskan kukusan 5 menit sebelumnya. Kukus adonan selama 30 menit, jangan buka tutupnya sebelum waktu yang ditentukan. Angkat.
Mushipan (Bolu Kukus) - Step 3
4
Potong-potong dan sajikan sebagai pendamping teh panas.
Mushipan (Bolu Kukus) - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu pisang kukus no mixer

Bolu pisang kukus no mixer

buat nya dadakan 1,5 jam sebelum acara yasinan. antara mau gamau bikin ny. tp alhamdulillah ga bantet. laris pula. dikarenakan ini buat acara yasinan jd aku bikin adonan nya banyak bisa 2 kali kukus. kalo mau 1 kali kukus dikurangin setengah nya dr bahan2 aku.

20porsi
1jam
Bolu Kukus Mekar

Bolu Kukus Mekar

Dari kecil suka banget sama bolu kukus. Lembut, warnanya cantik, mekar gitu lagi kuenya. Hihiiii... Karna sekarang sdh bisa masak2.. ya langsung dicoba dong , cari resep di cookpad dpt dr mbak Ria Misti Hein.. resepnya simpel mudah dannnn yg pasti sukses deh.. dengan modifikasi sedikit huehehe

13 porsi
30-40 menit
Bolu Kukus Pisang pemula no mixer & anti gagal

Bolu Kukus Pisang pemula no mixer & anti gagal

"BERANI BAKING, BERANI SHARING" Dapat kiriman pisang raja dari teman. Coba-coba buat kue bolu kukus resepnya Ghina's kicthen https://cookpad.com/id/resep/3921721-bolu-pisang-kukus-enak-simple-anti-gagal-no-mixer Sebenarnya udah mau coba dari dulu tapi takut gagal, dan ini adalah eksekusi kedua bikin bolu pisang ngikutin resep teh Ghina. Thx teh Ghina udah sharing resep. Sangat bermanfaat buat yang lagi belajar masak kaya aku 😘 Resep yang aku tulis adalah resep revisi ala Rima_rimanis ya. Cukup pakai 1 telur dan ga pakai mixer cukup pakai garpu. Aku juga punya tips melumatkan pisang dengan cepat. Pantengin dan coba recook resepku ya πŸ˜†Semoga resepnya bermanfaat, selamat mencoba 😁 #beranibaking #beranibakingberanisharing

16 pcs
Bolu Kukus Nanas

Bolu Kukus Nanas

Si kakak mendadak pingin nanas, jadi beli nanas ukuran besar. Sebagian dibikin bolu kukus pakai resep dari Mbak Novia. Hasilnya lembut dan terasa nanasnya... Source: Novia Diana Ayu Wulandari

12 cups
Bolu Kukus Pisang (takaran sendok)

Bolu Kukus Pisang (takaran sendok)

Ini postingan yang ke-9 resep berbahan pisang. Sekeluarga memang penggemar pisang, apalagi kalau diolah jadi cemilan :) Buka-buka Cookpad, dapat resep ini, takarannya sendok jadi gampang dan hasilnyapun endessss.... Source: Atik (Pawoen Ibuk)

Chocolate Ogura Cake

Chocolate Ogura Cake

Sudah lama banget ga masak Ogura, but look at that.. so high my cake hihihi... ya ada sedikit crack di atas sama pas ngangkatnya sdikit gt deh wkwk.. bikin 4 untuk pesanan tp cm ini yang sempet ke foto yang lain udah didandanin cantik. Ku share ya kali2 bisa menjadi inspirasi buat teman2 semua. Happy baking 😘😘😘😘

Bolu coklat putih telur

Bolu coklat putih telur

Banyak putih telur sisa dari bikin kuker, sayang banget. Akhirnya dibikin bolu putih telur. Karena si kakak kenaikan kelas, akhirnya bolu nya di kasih ke cik gu... Resep dari Yunda yun

Bolu Kukus Pisang Keju

Bolu Kukus Pisang Keju

Punya pisang udang mateng bnget, sayang dibuang! Inspirasi resepnya dari mba suny saviour dg modifikasi ala saya, cake ini empuk, moist dan legit perpaduan pisang dan kejunya sederhana tapi enak, cuss yuk..!!

16 potong
50 menit
Bolu kukus indocafe no mixerπŸ‘Œ

Bolu kukus indocafe no mixerπŸ‘Œ

Tadinya mw buat brownies tapi sayangnya kehabisan coklat bubuk sama coklat bloknya yaaa...akhirnya bikin dengan bahan yg ada saja hehehee πŸ˜† karna 2 krucil udah rempong minta bikinin cemilan πŸ˜…πŸ˜„

Bolu kukus greentea ala anak kost

Bolu kukus greentea ala anak kost

Bawaan laper mulu, cek dapur, ternyata ada bubuk Greentea sisa diskonan kmarin πŸ˜‚ jd lah buat bolu kukus ini, aku lebih suka bolu di kukus dri pd dibakar, soalnya rasanya lebih lembab.

Bolu marbel kukus

Bolu marbel kukus

Mau beli jajan diluar tapi hujan deras..jadinya bikin bolu ini saja..

20 menit
Bolu kukus chocolatos no mixer no oven

Bolu kukus chocolatos no mixer no oven

Ini lembut bgt lho buibuk...kempus2 empuk moistπŸ˜‹ sangat cucok dibikin di tanggal2 tua begini..😁secara bahannya murcee bikinnya gampang ga usah timbang2, ga pke nyolokkin mixer atw oven...sayangnya telat tayang untuk #pr recook bolu kukus hiksπŸ˜₯ yuuuuk silahkan di recook rame2 yuuaaa...πŸ˜†Source: Foodbymeps

Bolu kukus

Bolu kukus

Anak saya doyan sih,gatau kalau yg lain 😁

Bolu kukus mekar

Bolu kukus mekar

20 porsi
1 jam ΒΉ/2 menit
Bolu Kukus Mekar

Bolu Kukus Mekar

Aku buat ini dengan cara All in One

12 porsi
40 menit
Bolu Kukus Zebra

Bolu Kukus Zebra

Lembuttt bangett, suka suka sukaa πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Bolu Kukus Anti Kutukan πŸ˜‚

Bolu Kukus Anti Kutukan πŸ˜‚

Ceritanya 2x gagal bikin bolukukus (baru 2x, ada yg sampe puluhan kaliπŸ˜‚) cuman ya sayang aja rugi bahannya. Akhirnya dapet resep dari mbak agnea peni leatari, dimodif dan ditambah sedikit yaaa (teteeppp) Seketika kutukan bolukukus langsung lenyap 😍

Batik Pandan Roll Cake kukus yang Keju Banget

Batik Pandan Roll Cake kukus yang Keju Banget

Pulang kerja lagi kepengen yang manis-manis, lihat resep bolu gulung kukus hasil modofikasinya teh Ifa Rafa Cookpad. Langsung Eksekusi dengan sedikit modifikasi. Ternyata berhasil, rasanya enak, hanya saja masih kurang mulus hehe dan orang rumah ketagihan.