Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bolu Karamel yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 2, 2022

Bolu Karamel

Sore-sore begini enaknya membuat Bolu Karamel yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Bolu Karamel yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Bolu Karamel, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bolu Karamel enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bolu Karamel biasanya untuk 15 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Bolu Karamel diperkirakan sekitar 2 jam.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Bolu Karamel dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda mungkin bisa mengidangkan Bolu Karamel memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pengin buat bolu karamel, pake resep ini hasilnya bagus, bersarang.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Karamel:

  1. 300 gr gula pasir
  2. 350 ml air panas
  3. 75 gr tepung tapioka
  4. 125 gr tepung terigu
  5. 4 btr telur
  6. 2 sachet susu kental manis
  7. 1/2 sdt soda kue
  8. 1/4 sdt baking powder
  9. 50 gr margarin
  10. 1/4 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Karamel

1
Pertama kita buat karamelnya dulu. Panaskan gula pasir dengan api kecil. Setengah bagian gula pasir yang digunakan. Setelah gula pasir meleleh dan menjadi karamel, masukkan air panas sambil diaduk-aduk. Masukkan sisa gula pasir.Sisihkan dan tunggu sampai dingin.
2
Lelehkan margarin, sisihkan dan tunggu sampai dingin
3
Campurkan bahan kering, terigu, tapioka, baking powder, soda kue, dan garam.
4
Dalam wadah lain, aduk telur menggunakan spatula sampai tercampur rata, mengaduknya perlahan searah saja. Lalu masukkan susu kental manis dan aduk rata. Setelah itu masukkan margarin cair. Aduk lagi sampai tercampur rata.
5
Campurkan bahan kering ke dalam adonan telur, aduk hingga tercampur rata. Kemudian saring adonan tersebut.
6
Olesi loyang dengan carlo, tuang adonan. Lalu masukkan ke dalam oven. Tunggu sampai matang. Siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rainbow Chiffon Cake

Rainbow Chiffon Cake

Lagi hobi banget bikin chiffon cake, karena ringan, ga enek dan ga seret. Kalo model-model rainbow gini bakalan menarik banget untuk anak-anak. Cuzz cobain buat cemilan anak-anak, pasti mereka suka.

16 potong
70 menit
Chiffon Ketan Hitam

Chiffon Ketan Hitam

Resep Dari Mom Raky, hasilnya lembut.

Bolu jadul 4 telur

Bolu jadul 4 telur

Loyang ukuran 20

5 porsi
35-40 menit
Bolu Jadul Topping Oreo

Bolu Jadul Topping Oreo

Semarak clover minggu ini yaitu Tema nya *OREO* Tema ini ditentukan oleh mba @cook_windaskitchen karena keluar kocokan untuk menentukan tema semarak clover. Bikin yg simple, bolu tabur remahan biskuit oreo. Jadi ini adalah bolu jadul yg di dalam adonan nya di campur dengan remahan biskuit oreo dan topping nya diberi buttercream dan taburan oreo Cake simple yg disukai anak2...πŸ₯° #GAOreoSesukaHatimu #Semarak_GAOreoSesukaHatimu #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Jakarta

1 loyang
Creamcheese Chocolate Butter Cake ala Didi

Creamcheese Chocolate Butter Cake ala Didi

One of my favorite cakes! So yummy πŸ˜˜πŸ˜‹ Thanks for the recipe by Yuniar Loli (Youtube).

Loyang 22,24 cm
90 mnt
Pandan Chiffon 7 Telur

Pandan Chiffon 7 Telur

Sumber: Jensoee

#378. Bolu Durian Coklat (2)

#378. Bolu Durian Coklat (2)

Ini hasil olahan kemaren-kemaren pas durian lagi musim di Medan. Ternyata nyimpen poto-poto nya tapi lupa buat di post. Durian itu salah satu buah kesukaan ku, tapi sayangnya anak-anak kurang doyan. Jadi pas musim kayak kemaren itu, aku mesti ngumpulin temen-temen yang se-channel (baca: satu aliran, sesama pecinta durian), biar bisa makan durian sepuasnya. Karena makin banyak beli durian nya, makin murah 🀣🀣🀣

Bolu Kukus tepung beras

Bolu Kukus tepung beras

Fyi, cetakan silicon beli dr IKEA, bisa untuk oven & kukus. Welcome~

12 biji
Rollcake Putih Telur

Rollcake Putih Telur

Bismillah @opibun #GodaanGA_Bujend #GoDa_Paders #KomunitasPaders #CookpadIndonesia

Bolu kukus mekar

Bolu kukus mekar

Selamat sore sahabat cookpad ☺️ akhirnya setelah sekian purnama kesampaian juga bikin bolu kukus mekar kesukaan sisulung 😊

Bolu kukus Lapis

Bolu kukus Lapis

Hari minggu ditinggal lembur sama suami itu sangat memBTkan.. Cara mengalihkan nya perang didapur bkin cemilan.. Cooksnap dari : @cook_5237292 #CookpadCommunity_Jakarta #GenkPejuangDapur

Bolu Pisang Meses

Bolu Pisang Meses

Assalamu'alaikum Ada pisang ambon di meja tinggal sebiji ga ada yang makan, di geser kesana kemari aja. Seharian hujan jadi anak2 binggung cari cemilan. Langsung deh bikin cemilan pake pisang sebiji itu.. pake resep ibu @dewi008saraswati , akhirnya jadi juga ..meski cuman 1 pisang tp tetap enak bolunya. Sehat selalu yaa bu ..πŸ™πŸ™ Source : https://cookpad.com/id/resep/15257292-bolu-pisang-2-telur?invite_token=7rsh1YnHHFsm9jKvKexUKrXN&shared_at=1636987025 #GenkpejuangDapur #Genkpeda_Eksis #CookmemberGenkpeda_DewiSaraswati #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #KopiJos

Bolgul Full chesse πŸ§€πŸ§€

Bolgul Full chesse πŸ§€πŸ§€

Lagi kangennn bolu gulung merantii... cuz baking lagiii.. 😊😊😁

Resep bolu jadul sukade bakingpan (ide jualan)

Resep bolu jadul sukade bakingpan (ide jualan)

Assalamu'alaikum bunda semua.... apa kabarnya hari ini? sehat2 ya bund ....😍 Yuk Bun, bikin bolu yang ga bikin seret, lembut dan bikin nagih Bun... Ini resep jualan saya Bun, dan Alhamdulillah si pembeli ketagihan terus sama j Bolu ini Bun, yuk dicoba Bun, siapa tau peluang usaha juga buat bunda-bunda dirumah ya.... πŸ˜‰ selamat mencoba bundaaa...... tolong bantu SUBSCRIBE channel youtube kami ya bun, terima kasih 😍 Youtube : Keluarga Aries Instagram : @aries.family Facebook : Resep Keluarga Aries

Bolu karamel /sarang semut (no mixer)

Bolu karamel /sarang semut (no mixer)

Karna cuaca dingin pengennya yg anget anget .jadilah saya bikin bolu ini untuk teman ngeteh.semoga bermanfaat

Bolu Labu Kuning

Bolu Labu Kuning

Karena masih ada sisa setengah Labu kuning di dapur, jadi kepikiran dibuat bolu aja πŸ˜πŸŽƒ

1 loyang 20x18 porsi
Bolu lembut untuk pemula | no oven no mixer

Bolu lembut untuk pemula | no oven no mixer

Assalamualaikum.. selamat pagi dunia bunda hehe.. setiap kali baking pasti hasilnya bantat mulu, akhirnya akuu gemes banget terus nyobain berkali-kali dan ini perdana bikin gak bantat, ternyata dengan resep ini super simpel. Akuu yg no oven no mixer aja jadi.

4 porsi
1 jam
BANANA SPONGE CAKE~ BOLU PISANG (Bikinnya pakai blender)

BANANA SPONGE CAKE~ BOLU PISANG (Bikinnya pakai blender)

#cloverdandelion17 Sponge cake alias bolu ditemukan pertama kali oleh chef pastry Italia bernama Giovan Battista Cabona. Saat itu chef Giovan membuat sponge cake di salah satu istana Spanyol bersama tuannya, Marquis Genoa Domenico Pallavicini sekitar abad ke-16. Sponge cake yang dibuat pertama kali itu berbahan dasar tepung, telur dan gula. Dengan tiga bahan tersebut, chef Giovan berhasil membuat sponge cake dengan tekstur yang lembut dan ringan. Setelah resep pertama ditemukan oleh chef Italia, resep tersebut kemudian menyebar hingga ke beberapa negara. Maka tak heran sponge cake juga dibuat di beberapa negara dengan variannya masing-masing. Kelezatan sponge cake juga dirayakan dengan adanya Hari Sponge Cake Nasional. Hari Sponge Cake Nasional tersebut jatuh diperingati setiap tanggal 23 Agustus. Awal mula adanya hari tersebut berasal dari Inggris. Hai, moms. Hari ini aku bikin sponge cake dengan menambahkan pisang dan minyak sayur sebagai lemaknya dan tanpa cake emulsifier (ovalete, sp, tbm). Oh iya, aku bikinnya pakai blender yah, moms.

20 orang
1 jam 30 menit