Langkah Mudah untuk Menyiapkan Roll Cake Ubi Kuning Panggang yang Lezat

Dipos pada March 27, 2022

Roll Cake Ubi Kuning Panggang

Sore-sore begini enaknya membuat Roll Cake Ubi Kuning Panggang yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Roll Cake Ubi Kuning Panggang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Roll Cake Ubi Kuning Panggang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Roll Cake Ubi Kuning Panggang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Roll Cake Ubi Kuning Panggang dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda bisa membuat Roll Cake Ubi Kuning Panggang memakai 13 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Sebelumnya saya sudah pernah membuat roll cake ini tapi tanpa ubi kuning. Nah disini saya mencoba memodifikasi resep dengan menambahkan ubi kuning. Saya melukis motifnya di atas permukaan cake. Rasanya lembut, legit, enak. Saya pakai oven tangkring. Buat saya makan bolu mengandung ubi itu sudah mengenyangkan, ga usah makan nasi bisa. Terima kasih kepada Ibu Siswaty Elfin Bachtiar yang sudah membagikan ilmunya kepada kami dengan sabar. Mudah-mudahan ini menjadi berkah buat Ibu Sis. Saya menggunakan resep Ibu Sis dengan modifikasi ubi kuning. Resep asli menggunakan 5 telur tapi takaran bahan saya konversi untuk ukuran loyang saya 24x24x4. Resep asli tidak pakai ubi. #RollCakeUbi #BoluGulungUbi #CocomtangPost_KreasiUbi #CookpadCommunity_Tangerang #TetapKenyangTanpaNasi #ComboNgabibita _KreasiUmbi #RollCake #BoluGulung #CookpadIndonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Roll Cake Ubi Kuning Panggang:

  1. Bahan A:
  2. 6 kuning telur
  3. 90 gr tepung kunci biru
  4. 30 gr maizena
  5. 50 gr gula pasir
  6. 3,5 sdm air/susu uht
  7. 96 ml minyak
  8. 120 gr ubi kuning sudah dikukus
  9. 1/4 sdt garam
  10. Bahan B:
  11. 6 putih telur
  12. 1/2 sdt cream of tartar
  13. 80 gr gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Roll Cake Ubi Kuning Panggang

1
Haluskan ubi kuning dengan garpu. Campur dalam wadah kuning telur dan minyak. Aduk rata dengan whisk. Tambahkan gula pasir, aduk sampai gula larut. Tambahkan ubi kuning yang sudah dihaluskan, aduk sampai rata. Tambahkan susu/air, aduk rata.
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 1
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 1
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 1
2
Tambahkan tepung terigu dan maizena yang sudah diayak dan garam. Aduk perlahan dengan whisk sampai licin tidak bergerindil. Sisihkan.
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 2
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 2
3
Mixer putih telur dan cream of tartar sampai berbusa. Setelah berbusa, masuk gula sedikit demi sedikit sampai gula habis. Setelah gula masuk semua, naikkan speed ke paling tinggi. Mixer sampai kaku mengembang, stiff peak. Maaf ga kefoto. Sampai sini, panaskan oven tangkring dengan api besar selama 15 menit.
4
Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur sedikit demi sedikit. Setiap masuk sedikit aduk perlahan dengan whisk. Lakukan sampai putih telur habis. Setelah itu, aduk balik dengan spatula sampai adonan benar-benar rata.
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 4
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 4
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 4
5
Olesi loyang dengan margarin. Letakkan baking paper di dasar loyang. Olesi baking paper-nya dengan margarin. Ambil sedikit adonan, beberapa sendok makan saja. Beri pewarna. Masukkan dalam piping bag.
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 5
6
Tuang adonan ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Lalu hentak-hentak sebentar agar gelembung udara keluar. Gunting sedikit ujung piping bag. Bentuk motif apa saja sesuai selera di permukaan adonan.
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 6
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 6
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 6
7
Setelah oven panas, masukkan loyang di rak paling atas. Panggang 10 menit. Setelah 10 menit, letakkan loyang berisi air panas di rak bawah, panggang 15 menit. Ingat, waktu memanggang setiap oven itu berbeda. Jadi sangat perlu untuk kenal oven kita sendiri. Bolu yang matang bila ditusuk bagian tengah dengan tusuk sate tidak ada adonan menempel dan juga permukaan atasnya kering berwarna kecoklatan. Keringnya harus merata ya. Kalau tidak merata, posisi loyang diputar aja agar panasnya merata.
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 7
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 7
8
Kalau sudah matang, keluarkan loyang dari oven, langsung kerat-kerat sisinya dengan pisau dan langsung telungkupkan di atas baking paper yang lebar. Keluarkan bolu dari loyangnya sehingga bagian motif terletak di bawah. Buka perlahan baking paper-nya.
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 8
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 8
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 8
9
Olesi bagian atas bolu dengan butter cream/selai/margarin, tipis-tipis saja. Kalau pakai butter cream, gulung dulu bolunya, diamkan sampai hangat, buka lagi gulungannya, baru olesi butter cream. Lalu gulung bolu dengan bantuan baking paper. Kalau dengan selai/margarin langsung oles saja dalam keadaan panas. Sambil digulung, rekatkan agar bisa menggulung dengan rekat. Diamkan selama 1 jam agar set. Gulunglah bolu saat masih panas.
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 9
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 9
10
Setelah bolu set, buka baking paper-nya. Potong-potong bolu dan sajikan. Bolu ini rasanya lembut, legit, manis, enaaak. Bolu yang ini lebih mengenyangkan karena memakai ubi kuning. Kalau saya makan bolu ini saja ga usah makan nasi juga sudah kenyang.
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 10
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 10
11
Ini adalah roll cake dengan resep yang sama namun tanpa ubi kuning alias original.
Roll Cake Ubi Kuning Panggang - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu kukus pisang muli

Bolu kukus pisang muli

Kagebutan malam membuat bolu pisang kebetulan ada pisang matang dikulkas gak dimakan jadi deh di buat

5-9 orang
40 menit
Bolu Jadul 3 Telur

Bolu Jadul 3 Telur

Bismillah.... #resepbolu

Cake / bolu abon

Cake / bolu abon

Bismillah buat bolu / cake abon mau buat bolgul abon takut nya hasil nya tdk memuas kan secara sdh lama ga main gulung2 😅 Hasil nya lembut dan enak #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_samarinda #dapurmamarafif

Bolu tape singkong

Bolu tape singkong

Dari @mamailly buat bikin lagi kalau ada tapenya

2 porsi
30 menit
Bolu Kukus Lukis

Bolu Kukus Lukis

#FoodtographyClub #Coodpadcommunity_Surabaya

Bolu Kukus Pisang

Bolu Kukus Pisang

Ada pisang 4 biji mateng banget ga kemakan, akhirnya dieksekusi ahahahha

25 Menit
Bolu panggang.

Bolu panggang.

Ini resepnya sama dengan bolu buatan sy... Hanya ini ada sedikit yg beda

Bolu pisang coklat panggang

Bolu pisang coklat panggang

Selamat siang teman2.. Kali ini memanfaatkan sisa pisang yg sudah tak tersentuh lagi di rmh😁 udah kecoklatan kulitnya, wis olah jadi bolu pisang coklat deh. 1 loyang habis sekejap😁😁🤭 bolu nya lembut, enak dan nyoklat banget. Buat tmn2 yg pengen nyobain silahkan yaa

Bolu kukus pelangi

Bolu kukus pelangi

2 Orang
30 menit
Bolu gulung moka

Bolu gulung moka

Lagi nyoba resep rita suicen

Bolu Gulung

Bolu Gulung

Bolu Gulung Ini versi ekonomis dengan metode all in one Source from rickeindriani_ordinarykitchen

Bolu karamel / Bolu Sarang Semut Mini

Bolu karamel / Bolu Sarang Semut Mini

Hari ini cuaca lagi dingin dan hujan. Penghuni rumah lagi pada pingin di bikin kan camilan. Cuss kedapur lihat stock bahan-bahan dan akhirnya dapet ide lah be bikin camilan dengan bahan yang ada. Nah hari ini saya membuat camilan bolu karamel atau sering disebut juga bolu sarang semut. Bolu karamelnya kali ini saya bentuk mini. Karena lagi males mau keluarin oven tangkring, bolu karamelnya saya panggang menggunakan cetakan teflon terang bulan mini aja. Dan ternyata durasi pemanggangan bolu nya lebih cepat. Rasa bolu nya juga enak dan menul-menul. Bolu karamelnya juga cocok banget buat teman ngeteh saat cuaca lagi dingin dan hujan seperti hari ini. Yuk langsung ke resep. Mungkin ada mommy yang ingin barengan be bikin camilan buat keluarga tercinta dirumah 🥰🥰 Selamat mencoba. Semoga resepnya bermanfaat 🙏🙏

Bolu durian

Bolu durian

Musim durian seringkali beli buah durian gak habis dimakan, jadi daging durian nya di kupas dan di simpan di freezer, lalu di olah jadi berbagai olahan, salah satu nya bolu durian ini..

1 jam
Bolu ketan hitam

Bolu ketan hitam

30 potong
45 menit
Bolu Marmer 4 telur(All in One Method)⭐

Bolu Marmer 4 telur(All in One Method)⭐

Edisi perboluanku😘 Lembut😘 Enak😘 Source: Devan #DutaRecookBeraksi #DutaRecookBanjarmasin #Minggu45 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek

Bolu rainbow kukus

Bolu rainbow kukus

sc : @oliveiafaizin Bahan simple tapi hasilnya puas banget,q pake 2x adonan dri resep aslinya.... #cookpadcommunity_surabaya #CooksnapAlaYurie #BelajarBaking #CamilanSederhana