Cara Gampang Membuat Ubi Ungu Chiffon Cake yang Bikin Ngiler

Dipos pada October 3, 2022

Ubi Ungu Chiffon Cake

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Ubi Ungu Chiffon Cake yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Ubi Ungu Chiffon Cake yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Ubi Ungu Chiffon Cake, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Ubi Ungu Chiffon Cake ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ubi Ungu Chiffon Cake kira-kira Tulban Dia 20cm. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Ubi Ungu Chiffon Cake dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Mommy bisa menyajikan Ubi Ungu Chiffon Cake memakai 12 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Belum punya loyang chiffon tapi kepingin nyoba bikin chiffon cake? Bisa aja, tetap mengikuti prosedur bikin chiffon cake ya, loyang tidak boleh dipoles dan harus dibalik loyangnya, disanggah dengan leher botol atau apapun yang penting HARUS dibalikkan supaya cake gak menyusut. Saya pakai leher botol buat menyangga loyang yang dibalik. Alhamdulillah walaupun gak pakai loyang chiffon, ngeluarinnya sukses dan tetap perlu bantuan pisau buat ngelonggarin lubang tengahnya😍. Lembut, kempus2, pokoknya kalau makan chiffon cake itu gak bisa sedikit apalagi ditemani kopi😋 Source : whattocooktoday.com

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ubi Ungu Chiffon Cake:

  1. 5 btr Kuning Telur
  2. 130 gr Ubi Ungu kukus matang (80gr haluskan u/ adonan, 50gr potong kotak2 u/ topping)
  3. 20 gr Gula Pasir
  4. 120 ml Santan Kental
  5. 30 ml Minyak Goreng
  6. 100 gr Tepung Terigu Protein Rendah
  7. 1/4 sdt Garam
  8. 1 sdt Baking Powder
  9. Meringue
  10. 5 btr Putih Telur
  11. 1 sdt Air Jeruk Nipis
  12. 60 gr Gula Pasir

Langkah-langkah untuk membuat Ubi Ungu Chiffon Cake

1
Kupas ubi ungu, cuci bersih. Kukus hingga matang. Ambil 130gr, pisahkan 80gr untuk dihaluskan & 50gr untuk dipotong sebagai topping.
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 1
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 1
2
Campurkan terigu, garam & baking powder, ayak. Sisihkan.
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 2
3
Dalam wadah terpisah, satukan kuning telur, ubi ungu halus, gula pasir & minyak goreng. Aduk rata dengan whisk. Tambahkan santan, aduk rata.
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 3
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 3
4
Masukkan campuran tepung terigu, aduk rata hingga licin & tidak bergerindil (saring adonan jika perlu).
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 4
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 4
5
Panaskan oven 160°C.
6
Kocok putih telur hingga berbusa, tambahkan air jeruk nipis. Kocok hingga agak putih, masukkan gula pasir secara bertahap (3x). Kocok hingga stiff peak.
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 6
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 6
7
Masukkan 1/4 adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur, aduk balik perlahan dengan spatula hingga rata dan tidak ada gumpalan putih telur (homogen). Lakukan hingga putih telur habis. Konsistensi adonan tetap kental.
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 7
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 7
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 7
8
Siapkan loyang (jangan dipoles apapun). Tata sedikit potongan ubi ungu di dasar loyang kemudian tuangi sebagian adonan cake. Berikan potongan ubi ungu lagi di atasnya, tuangi kembali adonan. Lakukan hingga potongan ubi habis. Ratakan permukaan adonan dengan spatula, hentakkan loyang untuk menghilangan udara yang ada dalam adonan.
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 8
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 8
9
Panggang selama 45 menit hingga matang (test tusuk). Angkat, balikkan loyang dengan ditopang botol (kalau tidak pakai loyang chiffon). Biarkan hingga benar2 dingin sebelum dikeluarkan. Gunakan pisau tipis u/ menyisir sisi2 loyang.
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 9
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 9
10
Potong-potong, sajikan dengan ditemani kopi/teh, yummm😋😋
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 10
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 10
Ubi Ungu Chiffon Cake - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Tape Lembut

Bolu Tape Lembut

Hari ini papabeb cuti.. Nah pas kayak gini, baru lah mamabeb bisa ngubek2 dapur🤣 Si bayi bisa lah di pegang papa nya dulu. Ini hasilnya endesss ya Bun. Top markotop deh pokoknya.

Puding Kue Bolu (No Telur)

Puding Kue Bolu (No Telur)

Berawal dr kue ultah anak yg gak habis, mgkin bosan. Drpd dibuang mubazir, jiwa emak2 berontak kudu habis dimakan.😂 Akhirnya coba ku bikin puding.. Alhamdulillah tak mengecewakan... 😘😍, Kata anakku enak mah.. gak enek.🥰. yuuk simak resep cara bikinnya nya..👩‍🍳👩‍🍳

4 org
1 jam
Bolu Keju Super Praktis

Bolu Keju Super Praktis

Ini adalah bolu keju yg super praktis menurutku 😄, dengan tekstur yg agak kering dan empuk bgt seperti bolu jadul 🤩

16 potong
1 jam
Bolu Pisang Kukus

Bolu Pisang Kukus

Siap-siap nambah berat badan yah, karena rasanya yang manis dan legit, pasti bikin ketagihan. Daripada weekend nya gabut lebih baik langsung eksekusi menu baru dan ternyata berhasil, teksturnya juga lembut bgt. Yuk langsung cobain dan jangan lupa setor recook nya..

45 menit
Bolu jadul 3 telur lembut

Bolu jadul 3 telur lembut

Pingin kue bolu punya resep yg jumbo takut ga habis ahir nya bikin setengah resep aja...irit 3 telur hasil cake nya pun lembut moist rasa juga enak...mantuull

4 porsi
45 menit
Bolu pandan klasik putih telur

Bolu pandan klasik putih telur

Stok putih telur di kulkas memang pasti selalu ada, karena saya juga bakuler aneka pastry, dan yang pasti paling gampang itu bikin bolu2an atau chiffon putih telur yang sudah saya share resepnya sebelum resep ini. Untuk resep ini disesuaikan saja yaa, gak harus plek ketiplek ikutin resep ini, bisa ditambahin bahan2 lain biar lebih enak, atau kalo tidak ada bahan2 yang sesuai resep ini bisa di skip. Pemakaian margarin dan minyak bisa diganti butter, rasa pasti akan lebih enak. Untuk pemakaian loyang, saya pakai loyang 24, krn jumlah putih telur yang lumayan banyak, yuuukk mom disimak resepnya

151. BOLU PISANG

151. BOLU PISANG

#PejuangGoldenApron3

Bolu kukus jeruk mandarin

Bolu kukus jeruk mandarin

Kali ini sy mencoba buat bolu pake blender,nekat aja.....,dan ternyata hasilnya memuaskan😄😉

Bolu Kukus Labu Parang

Bolu Kukus Labu Parang

Ini aslinya resep putu ayu labu kuning punya mba Fitsas. Cumaaaaa.. karena aku maleus oles-oles cetakan kue putu dan juga maleus belanja kelapa parut, jadi aku tuang aja semua adonan ke atas loyang brownies Trus dikasi topping keju. Jangan dibayangin deh ya.. segera eksyekushih! Sumber resep: https://cookpad.com/id/resep/7400759-putu-ayu-labu-kuning?invite_token=yTNZJ2Fgsv2s86vg33cpsoDP&shared_at=1615892589 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok

Bolu jelita

Bolu jelita

Bolu jelita ini aku rebake dr resep youtube trivina kitchen

Bolu potong keju

Bolu potong keju

Alhamdullilah spongecakenya lembut banget dan mengembang cantik padahal gak pakai pengembang lho. Nah kuncinya adalah dengan penggunaan bahan yang berkualitas dan telur yg fresh. Tapi kalau telur gak yakin telurnya fresh lebih baik tambahkan sp/tbm ya Saya pakai buttercream andalan dari Tintin rayner. Step stepnya ada tapi lupa ngesave dimana nnti dicari dulu klo ada nnti disertakan foto step step nya ya🙏🤗🤭 Cookpadcommunity_tangerang #cocomtangpost #bolu potong kejunya

Bolu pandan mocca

Bolu pandan mocca

16 pootng
1 jam
Bolu Kukus Strawberry Meses

Bolu Kukus Strawberry Meses

Base resep : Brownies Kukus Cokelat oleh @Tintin Reyner. Note : 1. Kukus adonan pada saat kukusan sudah beruap banyak. 2. Meses enak juga jika diganti dg strawberry compote.

Bolu tape keju panggang

Bolu tape keju panggang

Tiap ngebaking suka gagal tapi kalo yg ini pas Alhamdulillah. Dijamin anti gagal

Bolu Kukus Pandan Coklat

Bolu Kukus Pandan Coklat

Memanfaatkan daun pandan yg melimpah, dijus lalu ambil air endapannya saja. Hasil bolunya wangi pandan dipadu dg coklat, enakk 😋

Bolu Taro

Bolu Taro

#PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Sumbar

Cheese Chiffon Cake

Cheese Chiffon Cake

Suka banget sama kue Chiffon keju. Pakai resep @TintinRayner. Happy cooking

10 potong
90 menit