Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bolu Air Kukus Zebra yang Anti Gagal

Dipos pada August 7, 2022

Bolu Air Kukus Zebra

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Bolu Air Kukus Zebra yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Bolu Air Kukus Zebra yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bolu Air Kukus Zebra, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bolu Air Kukus Zebra bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Bolu Air Kukus Zebra oleh krasi mommy. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda mungkin bisa mengidangkan Bolu Air Kukus Zebra memakai 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Kebetulan kmrn diundang tetangga depan rumah untuk buka puasa bersama. Langsung cus saja bikin bolu untuk hidangan takjil sebelum makan makanan berat dgn acuan resep dari mbak Eliza Mahyawi, tapi saya bikin versi kukus. Alhamdulillah bolunya jadi rebutan🥰. #KampoengRamadhan #Cookpadcommunity_Kalteng #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Sampit #Cookpadcommunity_id #Cookpad_id

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Air Kukus Zebra:

  1. 1 butir telur ayam / bebek
  2. 1 sendok teh SP
  3. 1/4 sendok teh vanili
  4. 1/4 sendok teh baking powder
  5. 1/4 sendok teh garam halus
  6. 12 sendok makan gula pasir
  7. 200 gr tepung terigu protein sedang
  8. 2-3 sendok makan susu bubuk (boleh skip tergantung selera)
  9. 2 sendok makan tepung maizena
  10. 200 ml air putih matang
  11. 2 tetes pewarna makanan / 1 sachet minuman coklat bubuk / kopi

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Air Kukus Zebra

1
Kita kocok telur, gula, garam, SP, vanili bubuk dan baking powder hingga putih berjejak. Tambahkan susu bubuk, maizena dan tepung terigu yang sdh diayak terlebih dahulu. Setelah itu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga semua tercampur rata.
Bolu Air Kukus Zebra - Step 1
Bolu Air Kukus Zebra - Step 1
Bolu Air Kukus Zebra - Step 1
2
Untuk penggunaan pasta/pewarna makanan : kita bagi adonan menjadi 2 bagian. Beri salah satu adonan dgn pasta atau pewarna makan sesuai dengan selera lalu aduk rata.
Bolu Air Kukus Zebra - Step 2
Bolu Air Kukus Zebra - Step 2
Bolu Air Kukus Zebra - Step 2
3
Masukan adonan secara bergantian kedalam cetakan yg sdh dilapisi tipis dgn margarin. Pertama kita masukan adonan putih di bagian sisi cetakan. Selanjutnya tuang adonan yang berwarna dari disisi cetakan yang pertama kali kita masukan adonan, diatas adonan putih. Begitu terus hingga semua adonan habis. Hentakan lembut cetakan supaya tdk ada udara yg terperangkap dlm adonan bolu, lalu kita kukus.
Bolu Air Kukus Zebra - Step 3
Bolu Air Kukus Zebra - Step 3
Bolu Air Kukus Zebra - Step 3
4
Untuk penggunaan coklat bubuk atau menggunakan minuman bubuk rasa kopi : Bagi adonan bolu menjadi 2, tuang bubuk coklat atau bubuk minuman rasa coklat/kopi kedalam salah satu adonan. Beri 1-2 tetes pewarna makanan coklat/ pasta coklat juga bisa supaya warna lebih tegas, lalu aduk hingga semua tercampur rata.
Bolu Air Kukus Zebra - Step 4
Bolu Air Kukus Zebra - Step 4
Bolu Air Kukus Zebra - Step 4
5
Masukan adonan secara bergantian ke dlm cetakan yg sdh dilapisi tipis dgn margarin. Pertama kita masukan adonan putih di bagian sisi cetakan. Selanjutnya tuang adonan coklat dari disisi cetakan yang pertama kali kita masukan adonan, diatas adonan putih. Begitu terus hingga semua adonan habis. Hentakan lembut cetakan supaya tdk ada udara yg terperangkap dlm adonan bolu, lalu kita kukus dgn api sedang. Jgn lupa untuk membalut tutup kukusan dgn serbet bersih supaya air uap tdk menetes kebolu.
Bolu Air Kukus Zebra - Step 5
Bolu Air Kukus Zebra - Step 5
Bolu Air Kukus Zebra - Step 5
6
Setelah bolu kita kukus selama 30-35 menit, kita tes dgn cara menusuk bolu dgn lidi. Jika tidak ada adonan yg menempel pada lidi, berati bolu sdh matang dan siap untuk diangkat. Jika masih ada adonan yg menempel di lidi, lanjutkan mengukus hingga bolu matang. Tunggu bolu dingin, setelah itu lepaskan dari cetakan dan siap untuk disajikan. Selamat mencoba🙏🥰.
Bolu Air Kukus Zebra - Step 6
Bolu Air Kukus Zebra - Step 6
Bolu Air Kukus Zebra - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu kopi kenari

Bolu kopi kenari

16 potong
1 jam
Bolu pisang keju coklat

Bolu pisang keju coklat

Bru kali ini bikin bolu pisang setipis dan seenak ini 😁 melimpah keju dan choco chips coklat nya ☺️ di cek yu bund

10-15 orang
1 jam 15 menit
Bolu Pisang Kukus Coklat

Bolu Pisang Kukus Coklat

Hobi banget bikin kue yang satu ini, memanfaatkan pisang yang sudah terlalu matang dirumah.. bahannya mudah dan cepet bikinnya ❤ #akumanis #KampoengRamadan #Cookpadcommunity_bogor #PekanPosbarManisGurih #PekanPosbar

3 porsi
1 jam
Chiffon simple

Chiffon simple

Chiffon susah-susah gampang.. mau bener2 butuh perhatian khusus.. masi perlu banyak belajar buat yg satu ini... #PejuangGoldenApron3

Bolu Sarang Semut Mini

Bolu Sarang Semut Mini

17 pcs
20 menit
Bolu kukus gula merah

Bolu kukus gula merah

Awalnya coba" bikin buat konsumsi sendiri, lama" ada jg pesanan dr tetangga atw orng dekat sperti kali ini pesanan buat takjil ke mesjid.

Kurang lebih 15 cup
1 jam
Classic Butter Cake

Classic Butter Cake

Pertama bisa bikin bolu ya bikin butter cake ini #GA_TheNextLevel

Onbitjkoek

Onbitjkoek

Kue favorit rasa spiku, modif resep dari mba Ang Anita.. Irit telur, ttp lembut n legit harum spiku 😍

1 jam 15 menit
Bolu Nangka Super Lembut

Bolu Nangka Super Lembut

Punya nangka bingung mau di apain. Iseng aku coba bikin bolu. MasyaAllah bolunya lembut banget 🤗

1 loyang
Chiffon Loreng

Chiffon Loreng

Rebake resep mbak Tintin

Bolu jadul kukus

Bolu jadul kukus

Ada acara siap deh buat bebikinan

3 orang
1 jam
Bolu Keju

Bolu Keju

Minggu ini bingung mau setor apa, seminggu ini ga masak karena kurang sehat. Alhamdulillah hari ini udah enakan badan. Buka Cookpad teringat belum setor Minggu ini. #JadiPejuangGA3_Lagi #CookpadIndonesia #CookpadBatam #ByFidiArkaSyana

Bolu Pisang Ambon 👩‍🍳

Bolu Pisang Ambon 👩‍🍳

Iseng pertama kali bikin bolu pisang ambon, karena dirumah ada bahannya. Meskipun sedikit gosong, tapi tetep ludez 🤭

Bolu ketan hitam lembut legit

Bolu ketan hitam lembut legit

ceritanya lagi beres2 dapur dan ketemu lah ada tepung ketan hitam, kebetulan bahan2 masih ada setok juga.. Cuus lah bikin. Kue ini favorit si bocil..

3-4 orang
45 menit
Bolu pisang 2 telur

Bolu pisang 2 telur

Bolu pisang irit telur... Recook bunda Desi Dresviana.. Tapi toping ku ganti keju dan ku tambahkan bumbu spekuk.. Teksture mengembang tapi cenderung beremah... Dan haruuuum dari bumbu soekuknya menggoda... Tapi menurutku Kurang manis dikit besok2 kalo bikin ku tambah gulanya..

1 loyang 20x20 porsi
Bolu sukade cara Au bain Marie

Bolu sukade cara Au bain Marie

Main ke rumah kakak eeh dibajak suruh buat kue, alhasil buat bolu sukade seadanya bahan yg ada 😅😅😅

20 ptg
70 menit
Eggless Bolu Kukus Coklat

Eggless Bolu Kukus Coklat

Penasaran dengan kue yang di kukus tapi tanpa telur, akhirnya aku buat ini. Dan sekarang jadi salah satu kue vegan yang aku jual online :) Walaupun tanpa telur, rasanya tetap enak lho. Cocok banget untuk cemilan di rumah. Bisa buat 1/2 resep saja ya, karena ini ukuran loyang lumayan besar di size 26 cm.

10 orang
60 menit
Chiffon ketan item

Chiffon ketan item

Cerita nya pas ngumpul sama temen disuguhin bolu ketan item "eeh kok enak"trus pulang kerumah auto bikin deh...😁 Btw ini aku pake resep nya kheyla yaaaa tapi ku modif dikit sih .. Dan ini aku juga ga pake loyang chiffon😂 Dari dulu tiap bikin chiffon ga pake loyang chiffon krn lom punya 😌🤭 Ini bolu nya lembuuttt,enakk bangeeetttt .....wangi ketan nya sedeeep beuttt 😌 Yuuuk cobain bikin...simpel kok bikin nya ☺️

4/5 orang
1 jam 45 menit