Cara Gampang Membuat Bolu Gulung Motif yang Sempurna

Dipos pada December 9, 2016

Bolu Gulung Motif

Bagaimana membuat Bolu Gulung Motif yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Bolu Gulung Motif yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bolu Gulung Motif, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Gulung Motif ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bolu Gulung Motif adalah 2 loyang 18X18 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Bolu Gulung Motif oleh krasi mommy. Cukup dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Mommy bisa menyajikan Bolu Gulung Motif memakai 21 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

30.09.20 .. Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga bikin bolgul motif, yg udah lama pengen bikin waktu dulu banyak yg posting bolgul batik. Cuman krn ga gitu pandai gambar, maju mundur cantik. Di bulan September ini, Bedah Resep Clover bertemakan "Bolu Gulung Motif/Lukis", yg membuat sy tertantang utk mencoba membuat. Ternyata setelah dicoba, menyenangkan jg membuat motifnya. Motif bisa digambar tangan atau mencari referensi gambar sesuai keinginan, kmdn diprint. Saya membuat motif daun yg saya gambar sendiri. Bersyukur jg ada kegiatan BB Online bersama Mba Yoshi Nur Imama ttg "Bolu Gulung Kukus Motif" yg membuat sy jadi lebih paham cara membuat bolgul motif. Terimakasih sharing ilmu, resep dan tutorialnya ya Mba Yosh, semoga jadi ladang pahala buat Mba. Kagum dengan tangan mba Yosh yg ajaib, serba bisa dan kreatif. #Beres_BoluGulungLukis #BeresClover #CookpadCommunity_Aceh #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #GA_TheNextLevel #Week18 #ResepDapurNauzalla

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Motif:

  1. Bahan motif:
  2. 1 butir telur
  3. 30 gr gula pasir
  4. 1 sdt emulsifier
  5. 20 gr tepung terigu protein rendah
  6. 15 gr tepung maizena
  7. 1 sdm santan cair
  8. Pewarna merah tua, ungu, kuning dan hijau
  9. Bahan bolu:
  10. 2 butir telur
  11. 100 gr gula pasir
  12. 1 sdt emulsifier
  13. 1/2 sdt vanili bubuk
  14. 25 ml minyak goreng
  15. 40 ml santan/susu cair (me: susu cair)
  16. 70 gr tepung terigu protein rendah
  17. 15 gr tepung maizena
  18. 1/4 sdt garam
  19. Isian:
  20. Secukupnya whipped cream/butter cream
  21. Secukupnya keju cheddar parut

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Motif

1
Pertama siapkan gambar motifnya, ukuran kertas sesuaikan dgn ukuran loyang. 1 resep ini utk loyang 24X24 cm, krn sy ga ada kukusan besar jadi sy pakai loyang 18X18 cm dan jadi 2 loyang. Utk motif, sy menggambar motif daun. Kemudian letakkan kertas motif dalam loyang dan timpa dengan baking paper, sisihkan.
Bolu Gulung Motif - Step 1
Bolu Gulung Motif - Step 1
Bolu Gulung Motif - Step 1
2
Adonan motif: campur jadi satu semua bahan motif, kecuali pewarna. Kemudian mixer dengan kecepatan tinggi sampai kental dan pucat.
Bolu Gulung Motif - Step 2
Bolu Gulung Motif - Step 2
Bolu Gulung Motif - Step 2
3
Bagi adonan motif sesuai warna yg diinginkan. 2 sdm adonan + 3-4 tetes warna ungu, aduk rata. 2 sdm adonan + 3-4 tetes warna hijau. 1 sdm adonan + 2-3 tetes warna kuning. 3 sdm adonan + 3-4 tetes warna merah tua untuk background. Dan sisanya biarkan putih, jika ada warna yg kurang tinggal diberi warna.
Bolu Gulung Motif - Step 3
Bolu Gulung Motif - Step 3
4
Masukkan masing-masing warna ke dalam piping bag. Kemudian gunting ujung piping bag kecil saja, kira-kira sebesar ujung tinta tulis.
Bolu Gulung Motif - Step 4
Bolu Gulung Motif - Step 4
Bolu Gulung Motif - Step 4
5
Motif: pertama buat garis setiap gambar sampai selesai. Kemudian beri warna setiap gambar sesuai warna yg diinginkan. Terakhir beri dasaran (background) gambar dengan warna merah muda sampai menutupi seluruh permukaan yg tidak ada gambarnya.
Bolu Gulung Motif - Step 5
Bolu Gulung Motif - Step 5
Bolu Gulung Motif - Step 5
6
Kukus adonan motif selama 2-3 menit dalam kukusan yg sudah beruap banyak dengan api sedang dan tutup kukusan dialasi serbet bersih. Setelah 2-3 menit, keluarkan loyang.
Bolu Gulung Motif - Step 6
Bolu Gulung Motif - Step 6
7
Sambil menunggu adonan motif dikukus, selanjutnya membuat adonan bolu. Mixer dengan kecepatan tinggi telur, gula pasir, emulsifier (saya SP), vanili bubuk sampai kental dan pucat.
Bolu Gulung Motif - Step 7
Bolu Gulung Motif - Step 7
Bolu Gulung Motif - Step 7
8
Turunkan mixer di kecepatan rendah, masukkan minyak goreng, kmdn susu cair/santan, mixer sebentar asal rata, matikan mixer. Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan garam sambil diayak, aduk balik perlahan sampai rata
Bolu Gulung Motif - Step 8
Bolu Gulung Motif - Step 8
Bolu Gulung Motif - Step 8
9
Tuang setengah adonan bolu diatas adonan motif, ratakan, kemudian hentakkan pelan beberapa kali. Note: setengah adonan lagi gunakan loyang yg lain dan buat motif sesuai selera.
Bolu Gulung Motif - Step 9
Bolu Gulung Motif - Step 9
Bolu Gulung Motif - Step 9
10
Kukus selama 8-10 menit dgn api sedang. Matang, angkat, sisir pinggir bolu dgn pisau/spatula, keluarkan dr cetakan taruh di rak pendingin, kelupas perlahan baking paper. Note: gara2 ngelupas sambil videoin, ada sedikit yg terkelupas kulitnya.
Bolu Gulung Motif - Step 10
Bolu Gulung Motif - Step 10
Bolu Gulung Motif - Step 10
11
Taruh baking paper diatas motif, beri alas loyang, kmdn balikkan. Jika menggunakan butter cream/whipped cream, tunggu dingin, baru oles dan tabur keju cheddar parut. Jika menggunakan selai, bisa langsung diisi selai. Gulung perlahan bolgul sambil dipadatkan dgn bantuan baking paper. Diamkan 1-2 jam dalam kulkas sampai kokoh.
Bolu Gulung Motif - Step 11
Bolu Gulung Motif - Step 11
12
Setelah gulungan kokoh, buka baking paper. Potong-potong bolu dan sajikan. Simpan bolu dalam kulkas supaya whipped cream tidak leleh.
Bolu Gulung Motif - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Gulung Kukus

Bolu Gulung Kukus

First trial ini ceritanya 😄.. Salah satu cemilan favorite sejak kecil. Maaf ya jika tidak ada foto step by step nya karena takut gagal makanya tidak ada niatan mengabadikan. Tetapi ternyata berhasil. Saya juga lupa ini resep darimana karena catatan saya ttg bolu ini lebih dari 5 resep. Ini saya pakai loyang 16cm, makanya ada adonan sisa dan akhirnya pakai wadah kecil sekitar 10cm. Idealnya menggunakan uk 20cm

3 orang
1 jam
Bolu Gulung Ekonomis

Bolu Gulung Ekonomis

Judulnya ekonomis,, tapi rasanya ehmm,, lembutt,,

8 porsi
45 menit
Chiffon Roll Cake

Chiffon Roll Cake

Chiffon roll cake, bahannya ekonomis krn tidak menggunakan butter tetapi tekstur tetap lembut. Kenapa disebut chiffon roll cake krn metode pembuatannya seperti chiffon. Bisa bgt dijadiin menu bakulan dengan filling dan topping yg variatif.

9 orang
1 jam
Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis

Bolu Gulung Lembut dan Ekonomis

Ini recook dari resep Tintin Rayner. Saya suka dengan resep² dia yg sering muncul di facebook dan hari ini saya mencoba me-recook salah satu resepnya, yaitu bolu gulung. Saya pakai tepung terigu Kunci Biru utk resep ini. Jujur saja saya belum pernah menggulung bolu gulung sebelumnya, takut pecah. Jd dulu, jaman saya masih kuliah, tugas menggulung diambil alih oleh alm tante hehehe....

75 menit
Pandan Roll Cake Abon

Pandan Roll Cake Abon

Source : @Slicecutecake Masih dengan resep roll cake yang sama dengan sebelumnya, karena mudah diingat. Hanya mengutak-atik rasa saja. #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadComunity_Borneo #RollCake

Bolu gulung Keto lembut (modal bahan gak lebih 45rb)

Bolu gulung Keto lembut (modal bahan gak lebih 45rb)

Dapet bolgul gede yah ukuran 28x24cm tebel bolgulnya 2-3cm...😁 Hanya 45rb dah ngobatin kangen ngemil bolgul yg soft...

Loyang 28x24cm
Bolu gulung kukus pandan

Bolu gulung kukus pandan

Sumber resep dari dapur vero

Moo Moo Roll Cake (Japanese roll cake)

Moo Moo Roll Cake (Japanese roll cake)

Walaupun udah sering pake si otang (oven tangkring), tapi aku masih harus memahami si otang ini, khususnya dalam hal per-bolu-an, nah salah satunya Bolu gulung panggang😁, selain butuh good mood, adakalanya baking juga harus melewati kegagalan2 dulu ya..dan ini hasil karya ku yg bisa dikatakan sukses karna lolos dari pecah dan retak😆. Japanese cake yg satu ini enak bgt menurutku, lembut ya pastinya, selamat mencoba😉. Source: Epipastry (YT) #moomoorollcake #cookpadcommunity_semarang

Bolu gulung ceria

Bolu gulung ceria

Edisi ngabisin butter cream sisa bikin pesenan kue ultah, ehhh liat ada weekend challenge di Coolpad langsung dehhh ikutan, liat resep dr mba @yunmikomilanisti #WeekendChallenge #SeptemberCeria

Bolu gulung jelita

Bolu gulung jelita

Lagi seneng bikin bolu gulung karna bru berhasil dri sekian bnyak belajar cara menggulung dan coba bnyak resep bolu gulung n akhirnya cocok sama takaran yg ini (tp maaf resep punya siapa lupa krna saking bnyaknya bljar resep bolu gulung) n skrang di bikin cantik jelita xiixixii #BanggaKirimRecook

1 loyang uk 22 porsi
Japaneese rollcake (cooksnap mba Vita Jaurina)

Japaneese rollcake (cooksnap mba Vita Jaurina)

Bismillah Rollcake dengan metode putih telur dikocok terpisah ini menghasilkan bolu gulung yang sangat lembut. Setiap metode ada kelebihannya sendiri. Untuk bolu gulung tanpa butter ini rekomendasi banget 🥰 ° Inspirasi dari mba @vitajaurina yang jago banget baking maupun cooking nya. Terimakasih ilmu nya mba 🙏. Sangat menginspirasi 🥰🥰 ° Untuk resep asli bisa klik link di bawah ya. Saya memodifikasi warna dan motif saja. Maaf beberapa foto ntah kenapa ga masuk di galeri. Jadi beberapa foto langkah ga bisa ditampilkan 😫 Source: https://cookpad.com/id/resep/14221448-japanese-roll-cake-bolu-gulung?invite_token=y54Q9sikD42eJqooUWtf2TQe&shared_at=1631963523 #WongKitoCooksnap_VitaJaurina #CookpadCommunity_Palembang

Bolu Gulung Klepon Batik

Bolu Gulung Klepon Batik

Assalamu'alaikum cookpaders....👋 Smoga sehad selalu yaaa....🤲 Nyobain cake yang susah ditaklukin....hahaa.... Karna sering gagal.... Sebenarnya udah nyerah lah bkin roll cake...tapi berhubung ada challange juga #recookBoluGulungBatikDewiratna ....daaannn.....jadi pengen nyobain lagiii🤭☺️... Skalian #belanjaIdediPasarCookpad Diresep saya kali ini untuk isianya pake unti alias enten2 orang jawa bilang....efeg pengen bikik klepon cake tapi lom ksampean....🤭🤭 Finallyy......bikin Bolu gulung klepon batik ajaaa....☺️☺️ Yuugg...di intip2...carbutnya...👌 #pejuangGoldenApron3 #cookpadCommunity_semarang

Rainbow Roll Cake

Rainbow Roll Cake

Rainbow roll ini termasuk salah satu favorite dari keluarga saya dan juga dr kalangan customer kesayangan saya. Lupa bgt dpt resep ini dr mana, udah lama bgt deh kayanya, sekitar thn 2015... Tapi yg jelas saya berterima kasih bgt & bersyukur krn bisa buat org lain bahagia krn resep ini :) So, i'm spreading out this amazing recipe. Why don't you try it ^^

Bolu Gulung Teflon Happy Call

Bolu Gulung Teflon Happy Call

Seperti biasa bikin cemilan sore utk anak2, jadinya saya buat bolu gulung yg simpel tp rasanya enak hihihi #Cookpadcommunity_Medan

Bolu Gulung Coklat

Bolu Gulung Coklat

Source: IG Mba Vitakwee #GA_TheNextLevel