Bagaimana Membuat Bolu Gulung Lukis (Panggang) yang Bikin Ngiler

Dipos pada September 15, 2021

Bolu Gulung Lukis (Panggang)

Anda sedang mencari inspirasi resep Bolu Gulung Lukis (Panggang) yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Bolu Gulung Lukis (Panggang) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bolu Gulung Lukis (Panggang), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Gulung Lukis (Panggang) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Bolu Gulung Lukis (Panggang) bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda bisa membuat Bolu Gulung Lukis (Panggang) memakai 19 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Coba ngebatik, hm..emang blm sempurna warna krg mantap..itu batik parang..jauh dr kata sempurna ya. 😳... Tp seru loh ngelukisnya.. Melatih kesabaran dan ketelitian. Bbrp penyebab cake pecah saat digulung untuk versi panggang: - Terlalu lama memanggang, sehingga cake terlalu kering - Terlalu tebal cakenya (makanya pakai loyang yg pas) - Pengocokan bahan cake tidak sempurna - Saat menggulung hrs cepat tidak boleh ada jedah (mantap gulungnya), plus teknik gulung bnr (tontonlah bbrp video yutup cara gulung bolgul yg bnr dan kuasai). Oh ya semua bahan tepung di ayak ya seperti susu bubuk, maezena dan tepung terigu. Timbang dan persiapkan bahan dgn bnr dan teliti. Selamat mencoba semuanya.. ❀❀❀ #CookpadCommunity_Bekasi #Beres_BoluGulungLukis #Beres_Clover #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #CookpadIndonesia Inspirasi motif batik parang: Irwan henna https://youtu.be/OzKmgT6PnHM Source dan inspirasi motif bunga: Dewi Ratna https://cookpad.com/id/resep/13436781-batik-roll-cake-panggang?invite_token=fahDLphk9w3PPmjvsQpA2KBn&shared_at=1599278225

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Lukis (Panggang):

  1. Bahan motif:
  2. 1 Butir telur
  3. 30 Gr gula
  4. 20 Gr tepung terigu
  5. 15 gr Tepung maezena
  6. 1 Sdt SP
  7. 1 Sdm Susu cair
  8. Secukupnya pewarna
  9. Bahan cake:
  10. 2 butir telur
  11. 30 gr Gula pasir
  12. 25 gr tepung terigu
  13. 5 gr tepung maezena
  14. 5 gr Susu bubuk
  15. 1/2 sdt SP
  16. 1/2 sdt Vanila bubuk
  17. 45 gr Margarin, cairkan tanpa mendidih
  18. Isian:
  19. secukupnya Selai strawberry

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Lukis (Panggang)

1
Siapkan 2 lembar kertas baking seukuran loyang yg kita pakai (20x20cm). Buat motif disalah satu kertasnga. Gambar motif batik/sesuai selera. Satu kertas baking untuk membuat polah satu lg untuk ditimpa diatasnya dan menjadi acuan melukis dgn adonan. Kedua kertas bs disatukan dgn cara di staples ke 4 sudutnya agar tdk bergeser saat proses melukis, jgn lupa setelah selesai melukis hrs dilepas staplesnya.
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 1
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 1
2
Siapkan semua bahan baik bahan motif maupun bahan cakenya. Dipisah biar ga kecampur dan bingung membedakannya. Bahan berbentuk tepung diayak dan disatukan dlm satu wadah. (Bahan difoto tampak lbh ya karena sy bikin 2x resep, dapat 2 bolgul).
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 2
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 2
3
Kocok semua adonan motif hingga kental berjejak, lalu bagi menjadi beberapa warna sesuai keperluan, secukupnya untuk gambar yg sempit pakai lbh sedikit adonan, sebaliknya buat gambar yg lebih luas seperti warna dasar/backgroundnya butuh lebih byk adonan. Teteskan pewarna di masing masing wadah dan aduk rata. Lalu masukan tiap warna adonan dalam piping bag atau plastik segitiga. Ikat mulut piping bag. (Untuk motif ini sy pilih warna hitam, coklat dan tanpa pewarna).
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 3
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 3
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 3
4
Gunting ujung piping bag seukuran ujung polpen atau ujung spidol. Mulai lah menggambar mulai dari gambar utamanya hingga backgroundnya. Sy gambar diluar diatas loyang ceper besar agar lebih leluasa. Jika sudah selesai, masukkan dalam frezer minimal 10 menit. Sambil menunggu kita bs membuat adonan cakenya.
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 4
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 4
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 4
5
Nyalahkan oven api atas bawah 200 dercel untuk dipanaskan. Kocok semua bahan cake kecuali margarin cair hingga putih kental berjejak.
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 5
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 5
6
Masukkan margarin cair,aduk teknik aduk balik hingga rata.
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 6
7
Keluarkan adonan motif dari kulkas, pindahkan kedalam loyang 20 x 20 dgn sangat hati hati. Rapikan letaknya.
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 7
8
Tuang adonan cake ke atas adonan motif, lalu panggang dengan suhu 200 derajat api atas bawah. (Oven sudah dipanaskan minimal 10 menit dulu sebelumnya ya) Panggang jgn terlalu lama agar cakenya tetap lentur saat digulung (sy panggang 15 menit, tes tusuk agar yakin matang).
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 8
9
Jika sudah matang, keluarkan dr oven. Sisir ke empat sisinya dgn pisau tipis. Lalu keluarkan cake dr loyang di alasi loyang lain yg lebih besar. Kelupas kertas rotinya, letakkan selembar kertas baking bersih diatasnya (agak panjang), balik kembali hingga sisi tak bergambar hadap atas.
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 9
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 9
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 9
10
Olesi secukupnya selai, beri penahan yg berat diujung kertas baking yg melapisinya (sy pakai kaleng margarin yg msh penuh isinya), mulai gulung dgn cara tekuk sedikit sisi yg mau digulung, tekan lembut dan gulung sambil tarik kertas baking tersebut kearah dpn hingga cake menggulung sempurna sambil dipadatkan. Bolu gulung batik panggang siap dihidangkan. (boleh liat tutorial cara menggulung di media yutup sesekali agar ada gambaran cara menggulung yg bnr).
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 10
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 10
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 10
11
Cakenya enak dan lembut bgt neh..yummy!😍❀
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 11
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 11
Bolu Gulung Lukis (Panggang) - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bolu Kukus Pop Ice tanpa telur

Bolu Kukus Pop Ice tanpa telur

Pengen bikin bolu kukus tanpa telur, iseng² aja masukin semua bahan. Ternyata jadi, lembut dan empuk huhu terharu. Maaf untuk prosesnya tidak didokumentasikan karena kirain bakal gagal🀭 1 resep ini saya jadi 13 buah dengan cetakan mawar besar.

Bolu Pisang Panggang 2 telur

Bolu Pisang Panggang 2 telur

Iseng ada pisang bekas upacara agama yang mulai menghitam jadi bikinin bolu aja πŸ‘

6 orang
45 menit
Roll Cake Batik

Roll Cake Batik

Belakangan ini lagi gemar bikin cake, saking gemarnya jadi suka pajang di sosmed amdan alhamdulillah tiba2 kebanjiran orderan πŸ™πŸ˜„seneng deh hobi jadi tersalur dan jadi makin semangat belajar baking dongπŸ‘walaupun sering baking sambil kejar2an sama Ammar tapi adakala dianya duduk manis sambil ikut nakar bahan2😊anak bunda pinter dan manis kalo lagi kek gitu, hihihi dan langsung aja qt coba resepnya ya bundaaaaπŸ˜„

Bolu Gulung Mini #Selasabisa

Bolu Gulung Mini #Selasabisa

Baru pertama kali buat bolu gulung, jadi ini dibuat versi mini dan ekonomisnya karena kalo gagal ga kesel2 amat πŸ˜…πŸ˜…. Alhasil lumayan untuk baru pertama kali coba asal bener bener ngikutin langkah pembuatannya aja.

1 Loyang
Bolu air 1 telur

Bolu air 1 telur

12 potong
1 jam
Motif Lukis Pada Bolu/Brownies

Motif Lukis Pada Bolu/Brownies

Motif pada Brownies Ceritanya ikut kursus ama bu @siswatyelfinbachtiar hasilnya Brownies kukus ini yg bener2 lembut dan enak dan wangi coklat hanya saja krn amatiran dan tangan belum lemes jadinya bentukan tidak serapih bikinan yg ngajarin resep Hihii.. β˜ΊοΈπŸ™πŸ» dan baru sempat di cooksnap dan ditulis ulang kembali pas ada eventnya mba @mayhai_107 β˜ΊοΈπŸ™πŸ» semoga berkenan ya mba saomi #CSDepok_Saomi #CookpadCommunity_Depok β˜ΊοΈπŸ™πŸ»

Bolu Jadul Super lembut (mirip sponge cake kekinian)

Bolu Jadul Super lembut (mirip sponge cake kekinian)

Ceritanya kangen bolu buatan ibu. Mumpung si bocil anteng, jadilah nguprek di dapur. Mengobati rasa rindu. Wkkwkwk

Bolu Tape Keju Panggang

Bolu Tape Keju Panggang

Bismillah.. Perdana bikin bolu di 2022. Alhamdulillah punya tape mentega yang kuning dan manis. Di bikin bolu tape keju panggang buat teman minum kopi request nya pak suami. Alhamdulillah..senang banget dibikinin ini.. πŸ’žβ˜•

Bolu abon

Bolu abon

Bolu yang lembut dan toping abon sapi perpaduan yang pas buat pecinta bolu yang gurih. Bosan dengan bolu manis manis, bolu ini nikmat sekali perlu dicoba

Bolu gulung batik

Bolu gulung batik

Ini resep bolu gulung mbak fio , super duper lembut dan lentur tdak gampang pecah ketika di gulung. Resepnya ak tulis ulang ya

Bolu Kukus Kopi Simpel

Bolu Kukus Kopi Simpel

Rabu, 5 januari 2022 Bismillah Source mba @destimarfina25, spesial thanks for you πŸ™πŸ»β€ Barakallah Fii Umrik ke 16 gadisku.... , sekalian buat Tiket Masuk Golden Batik Apron & PR Cocompal nih πŸ˜… Alhamdulillah bolkusnya mekar, jadi seneng karena berhasil, sempet mikir mau buat 2x resep, tapi namanya pemula takut gagal, next time mau coba 2x resep nih.. Semoga bisa mendapatkan Tiket Golden Batik Apron, Aamiin Ya Allah Ya Robbal alamin 🀲 wish me luck πŸ€—πŸ™πŸ» #TiketGoldenBatikApron #OlahanKopiWongkito #Resepwongkito #WongKitoGalo #Cookpadcommunity_palembang #Cookpadcommunity_id #berbagiinspirasi #masakitusaya #cookpadindonesia #Temansetiapmomen #stayathome #dirumahaja #kedapuraja

Bolu chiffon aneka topping #homemadebylita

Bolu chiffon aneka topping #homemadebylita

Lagi ada beli selai rhum waktu ke farmhouse Bandung kemarin, pengen tak cobain langsung ke roti panggangan sendiri. Wes modif dikit ke resep bolgul ala tintin rayner (saya ada tulis di resep terpisah), hasilnya joss endes dan moist serta seru dengan beraneka topping sesuka hati.

1 loyang ukuran 22 porsi
Bolu Kukus Mekar Ubi Kuning

Bolu Kukus Mekar Ubi Kuning

Source: Mama Ina Resep asli pakai ubi ungu. Karena stok adanya ubi kuning maka saya ganti ubi kuning. Penambahan gula merah dan pasta cokelat hanya variasi saya saja. Aslinya tidak ada. #BoluKukusUbiKuning #BoluKukus #BoluKukusMekar #BoluUbi #BoluKukusMekarUbi #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost

Bolu Nutrisari Orange 🍊

Bolu Nutrisari Orange 🍊

Bolu ini enak, berasa Nutrisari Orange πŸ˜‹πŸ‘ #CooksnapResep_MamaAL #CookpadCommuniy_Bekasi #TiketGoldenBatikApron Source : https://cookpad.com/id/resep/12310320?invite_token=uiI60C

1 loyang
1 jam
Bolu Gulung Abon

Bolu Gulung Abon

#tantanganakhirtahun #masakditahunbaru Resep ini kuambil dari resepnya cie tintin rayner yg ku modiv dikit , tapi kalau yg punya cie tinitin memang hasilnya tidak pernah ku ragukan lagi dan slalu mantap hasilnya asal kita lakukan sesuai apa yg tertulis

88. Bolu kukus mekar

88. Bolu kukus mekar

Ceritanya lusa ponakan mau tunangan dan bingung mau bawa apa trs anaknya minta dibuatin bolu kukus.. Tadinya mager sih mau buatnya tp sekalian jg anaku mau jadi semangat deh.. Apalagi kalo beli ditempatku harga jajanan mahal2 akhirnya kuputisin buat sendiri ditemani hujan dan lucunya sidede sama suami jd ikut bantuin dan bahagia aja bisa bareng2 sama orang2 terkasih... Setelah jd sidede sama suami suka bgt katanya hasilnya lembut bgt ngga kayak yg beli diwarung jajanan πŸ₯°

50 porsi
2 jam
Bolu Kukus Kacang Hijau

Bolu Kukus Kacang Hijau

Dirumah stock kacang hijau masih banyak bgt bosen di bikin bubur jadi saya bikin bolu.

10 potong
1-2jam
Bolu Gulung Batik Mini

Bolu Gulung Batik Mini

Resep ibu Siswaty Elfin Bachtiar....bener2 maknyus yuk bunda di cobaa......

Bolu kelapa

Bolu kelapa

Nyoreinnya disuguhin pake bolu jadoel yg biasanya dorongannya pake teh/kopi hehe tapi jaman milenial kek sekarang ini, bolunya udah langsung hap aja udah ambyarrr gausah pake dorongan ya shaaaay πŸ˜…πŸ˜… Bolunya empuk, tapi dalamnya krenyesΒ² dari kelapa parutnya pokonya endolssss lah. Pas dipanggang bolunya wangiiii banget deh ada aroma pandannya soalnya sebelumnya kelapa parutnya udah eyke kukus dulu dipakein daun pandan juga. Tambahannya eyke kasih keju slice biar ada ngejunya aja gitcuuuu dwehhhh Langsung aja yok resepnya nih eyke kasih tau buat manteman onlinekuhh yg kalo lagi ada sisaan kelapa parut diolah jadi bolu kek gini, seriusan enak lohhh ✌

Bolu Gulung Kukus Motif (brownies)

Bolu Gulung Kukus Motif (brownies)

Ini kedua kalinya membuat bolu gulung kukus motif. Setelah yang pertama gagal, ambyar, bolu retak saat digulung. Ternyata susah-susah gampang ya. Yang kedua ini cukup sukses saat digulung. Alhamdulillah... Walupun motifnya sederhana, yang penting sukses saat digulung 🀭😁 Source: Dewi Ratna Minggu_15 #RecookBoluGulungBatikDewiRatna #BeresClover #Beres_BoluGulungLukis #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #Clover #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #resep3r