Bagaimana Membuat Bolu Gulung Kukus Batik yang Anti Gagal

Dipos pada September 22, 2021

Bolu Gulung Kukus Batik

Sore-sore begini enaknya membuat Bolu Gulung Kukus Batik yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Bolu Gulung Kukus Batik yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Bolu Gulung Kukus Batik, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bolu Gulung Kukus Batik enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bolu Gulung Kukus Batik sekitar 1 loyang ukuran 22 cm  x 22  cm. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, perkiraan waktu untuk memasak Bolu Gulung Kukus Batik diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Bolu Gulung Kukus Batik dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Bolu Gulung Kukus Batik memakai 20 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Bolu gulung kukus yang ke-2 kalinya saya buat baru berhasil dalam penggulungannya karena bahan sesuai resep. Bolu gulung yang pertama saya skip salah satu bahan dari resep, akibatnya patah saat penggulungan. Untuk pemula seperti saya waktu menggambar masih membutuhkan waktu lama, perlu latihan lagi. Resep saya recook dari Mbak Dewi Ratna Yogyakarta. Terima kasih mbak resepnya. Nagih tenan untuk mencoba. Source : https://cookpad.com/id/resep/13388706-batik-roll-cake-kukus?via=profile #RecookBoluGulungBatikDewiRatna #cookpadcommunity_yogyakarta #PejuangGoldenApron3 #mingguke14 #September #2020

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bolu Gulung Kukus Batik:

  1. Lapisan Motif :
  2. 1 btr telur
  3. 30 gr gula halus
  4. 20 gr tepung terigu protein sedang (me: segitiga biru)
  5. 15 gr maizena
  6. 1/2 sdt SP
  7. 1 sdm susu (saya pakai minyak goreng)
  8. pewarna merah, coklat, biru, kuning (sesuai selera)
  9. Bahan Bolu Gulung:
  10. 2 btr telur
  11. 60 gr gula
  12. 1/2 sdt SP
  13. 25 gr terigu protein sedang (me: segitiga biru)
  14. 15 gr coklat bubuk (me: van houten)
  15. 30 gr DCC (dark cooking chocolate) dilelehkan bersama minyak goreng dengan cara di tim
  16. 40 ml susu cair
  17. 15 ml minyak goreng
  18. 1/4 sdt garam
  19. 1/2 sdt pasta coklat
  20. selai strawberry untuk olesan (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Bolu Gulung Kukus Batik

1
Lapisan motif : Kocok telur, gula halus, dan SP hingga kental berjejak, baru tambahkan tepung terigu dan maizena yang sudah diayak. Terakhir masukkan minyak campur hingga merata.
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 1
2
Bagi menjadi beberapa bagian sesuai warna motif yang kita inginkan dan masing-masing masukkan di piping bag. Sisihkan.
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 2
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 2
3
Siapkan pola batik dialas loyang, kemudian taruh kertas roti di atasnya sebagai acuan membuat motif.
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 3
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 3
4
Ngeblat motif atau mewarnai motif di dasar loyang dengan adonan berwarna di piping bag yang sudah digunting pada ujungnya sesuai dengan motifnya. Piping bag disini seolah-olah sebagai pensil warna. TIPS : saat memberi warna, ujung piping bag jangan sampai menyentuh kertas roti.
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 4
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 4
5
Kukus lapisan motif di pengukus yang sudah mendidih airnya dan tutupnya dibungkus kain bersih agar uap air tidak menetes selama 2 menit dengan api sedang. Angkat.
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 5
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 5
6
Adonan bolu gulung : Kocok telur, garam, gula, SP hingga mengembang, kental berjejak. tambahkan tepung terigu dan coklat bubuk yang sudah diayak, tambahkan susu cair, pasta coklat dan DCC yang sudah dilelehkan sebelumnya dengan minyak goreng. Aduk hingga semua tercampur merata.
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 6
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 6
7
Tuang adonan bolu gulung secara merata diatas lapisan motif yang sudah dikukus. Ketuk-ketuk loyang agar udara di dasar keluar, kukus dengan pengukus yang sudah mendidih airnya dan tutupnya dibungkus kain bersih agar uap air tidak menetes selama 15 menit dengan api sedang. Angkat dan bolu keluarkan dari loyang.
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 7
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 7
8
Kelupas kertas rotinya selagi panas dan ambil kertas roti bersih lainnya sebagai alas untuk menggulung dan balik hingga bolu yang bermotif ada di bawah.
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 8
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 8
9
Olesi bolu dengan selai hingga merata dan perlahan gulung roti dengan menarik perlahan kertas rotinya dan padatkan, diamkan sesaat atau simpan dalam almari es krang lebih 15 menit agar bolu menggulung sempurna.
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 9
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 9
10
Bolu gulung kukus batik siap dihidangkan.
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 10
Bolu Gulung Kukus Batik - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

237. Ogura Orange Cake

237. Ogura Orange Cake

Masih dengan ogura😀Rasanya moist , lembut, jeruk banget. Enak mantappp. Pakai jeruk Navel /sunkist , kulitnya harum. (Saya pakai dua jeruk Navel sekitar 600 gr., perasan airnya hanya dipakai 70ml. Tapi kulit jeruknya dari dua jeruk.) Ini selera, kalau mau pakai satu jeruk sekitar 300 gr sudah cukup air perasannya. Kulitnya diparut untuk menambahvaroma jeruk. Parut hatihati tidak twrparut bagian putihnya. Nanti pahit.

Bolu coklat kukus

Bolu coklat kukus

Assalamu'alaikum.... Badan lg g fit Krn tamu bulanan Dateng..pinginny ngemil2 bolu smbl minum teh panas..🤭 Cari2 resep..ketemu lg pnya embak Calista kitchen..😍lg males bikin yg ribet2..lngsung eksekusi ajaa..

RollCake double-pan Simple

RollCake double-pan Simple

Hobi banget makan bolu meranti. Trus berandai2 bisa bake sendiri. Tapi apalah daya ketrampilan dan alat belum memadai wkwkwk. Jadilah bolu gulung sederhana nyontek dari kupad bulik cinde 😁 masih kurang ini itu nih.. Harus sering2 baking kayanya wkwkwk

3 porsi
30 menit
Bolu coklat praktis super lembut DEBM

Bolu coklat praktis super lembut DEBM

Lagi pingin banged makan roti²an. Mau selingkuh tp ga mood. Yaudah deh liat² resep brownies, alhasil diutak utik sendiri dg bahan² yg sesuai di jalur DEBM. Hasilnya seperti tekstur bolu gulung (bolu meranti) pas uda dingin pun teksturnya tetep lembut😍 anakku sampe nambah², uti akungnya jg bilang rotinya enak banged,haha bahagia. Bdw ini anti gagal loh😍😍. Yuk cekidot...

Bolu pisang rasa kopi susu

Bolu pisang rasa kopi susu

#TiketGoldenBatikApron Indahnya berbagi dan memberi, keindahan dan kebaikan itu dapat kita temukan di Cookpad. Cookpad senantiasa hadir memberikan semangat bagi cookpaders. Senang bisa bergabung bersama Cookpad yang memberikan kesempatan kepada cookpaders untuk berkreasi dalam mengasah keterampilan memasak. Di kesempatan kali ini saya mencoba untuk mengikuti #TiketGoldenBatikApron dengan kreasi Bolu pisang rasa kopi susu yang diselenggarakan oleh Cookpad dalam rangka Golden BATIK Apron Challenge. Semangat terus bagi cookpaders dalam berjuang meraih #TiketGoldenBatikApron

1 Loyang bundar
90 Menit
BOLU LABU PANGGANG🍃

BOLU LABU PANGGANG🍃

Punya labu kuning dikasih kakak, jenis labunya butternut squash, bentuknya mirip buah pir tapi ukuran besar, udah lama ada sebulan belum sempat aja diolah, setelah dikukus sebagian sudah dimakan langsung, dan sebagian lagi request ibu saya pengin dibuatkan bolu. Ini waluhnya manis enak, jadi makin enak dibuat bolu, hasilnya selain bolu yang enak, empuk, juga manis dan gurihnya paaass 😋Makasiih mbak CikGu Er resepnya 👍😍 Oya jumlah gula pasir bisa ditambah tergantung kadar manis labunya ya. Semoga bermanfaat 😘😇 #TiketGoldenBatikApron Rebake DianArbani

Bolu Gulung Lukis Kukus

Bolu Gulung Lukis Kukus

Bismillah... Gimana sih rasanya klw menunggu sesuatu yg diharapkan hasilnya?pasti deg deg an Yaaah bgtulah yg ana rasakan pas lg ngukus nih bolu gulung 😂 Lebay mmg,soalnya ini the first trial gaees Hahaha,kelas online yg dimbing oleh Bunda @siswatyelfinbachtiar betul" lwarbyasaah,semua detail banget beliau menjelaskan. Bertabur ilmu & pengalaman,itu pasti. Alhamdulillah walau sudah mengobati sedikit rasa penasaran,tp msh tetep penasaran mau bikin lg 😁 (gmm sih bahasaqu ),intinya jgn selalu puas & bangga akan hasil karya qt,krn selain diluar sana bnyk yg lbh expert,juga utk memotifasi qt agar tetep trs berkarya mjd lbh baik lg. Daan utk resep ini,ane make loyang 22×22×4cm Tp make resep B.Sis yg utk uk.loyang 18×18×4cm Krn,loyang yg uk.22 punya ane ga bs masuk ngepas ditatakan kukusan,jd dia ngambang gt 😁,kek pelampung aje 😂.otomatis klw buat cake,trs ngembang,tuh cake bakalan nempel diserbetnya. Yaaah jd buat mommies yg mau cb dikenali dl loyang & kukusannya ya.. Kuyy maak mari kita cobaaak 💕 #KupasHabisResep #CooksnapSiswatyElfin #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_balikpapan #bolugulunglukis #bolugulung #artcake #decorcake #bolugulungekonomis #bolugulungsimpel #bolugulungkukus #resepaniss #dapurkilo9_bpn

Bolu pisang kukus

Bolu pisang kukus

Https://youtu.be/J0ADI3VUpI8

Bolu Gulung Abon

Bolu Gulung Abon

Pertama bikin bolu gulung. Udah lama belajar, cari ilmu sana sini. Sampai akhirnya dapat tantangan dari #CookpadCommunity_Tangerang yaitu PR bulanan yg kebetulan minggu ini bertema Kombinasi Terigu dan digulung #CocomtangPost_SiLuGu. Akhirnya mau tidak mau terjun juga. Alhamdulillah lumayan berhasil. Karna mungkin baru pertama menggulung jadinya masih kurang kencang. Next inshaAllah jadi lebih baik. Resep dasar bolunya saya recook Mba Widyani Indrianingrum https://cookpad.com/id/resep/13148764-bolu-gulung-pandan?invite_token=RdH2cfNUTErGzdELWkX8vnfa&shared_at=1594723402 Terima kasih mba widya resepnya. Cuma tekniknya saya bertahap takut gagal kalau pakai all in one. Ini dia resepnya. #PejuangGoldenApron3 #CocomtangPost_SiLuGu #CookpadCommunity_Tangerang #BoluGulungAbon #BoluGulung #MmYogaKenRey

4 porsi
1 jam 30 menit
Bolu Macan

Bolu Macan

Bismillah...hai sahabat cookpad tersayang,kali ini saya mau buat bolu macan,sebenernya bahan sama dgn marmer cake,cuma biar agak sangar saja aq kasih nama bolu macan😁 resep ini sebisa mungkin jangan pakai loyang tengah bolong ya,karena akan luber sperti saat saya mengolah ini,maklum skalian kenalan sama loyang baru hehe😊Alhamdulillah gak banyak yg luber dari lubang tengah❤️langsung saja yukkk qta eksekusi..... #TiketGoldenBatikApron

bebas
1 jam
Bolu Batik Kukus Super Lembut

Bolu Batik Kukus Super Lembut

Nyobain recook resep @Nyak Nonong lagi karena kurang puas sama resep nekadku yg kemaren. Tadi sempet beli SP, tapi ternyata lupa beli terigu serbaguna. Jadi pakenya terigu biasa aja. Aku udah seneng liat hasilnya waktu dikeluarin dari kukusan. Bentuk batiknya udah cakep, membul ngembang pula. Tapi ternyata waktu digulung...JEGLEK!!! Ternyata ketebelan karena loyangku kecil !!!😱😱😱. Jadiin bolu potong aja, deh...😭😭😭 Tapi rasanya beh, lembuuuuut banget. Manisnya pas. Pokoknya pas di lidah, deh. Gak nyesel aku gak berhasil buat yg gulung karena aku sudah puas sama hasilnya. 😊😊😎. Resepnya Nyak Nonong kubuat setengah bagian dan kukonversi ke takaran sendok dengan sedikiiiit aja modifikasi. Ini fotonya kujepret malam soalnya tadi bikinnya kesorean. Source : Nyak Nonong #RecookBarengCilMin

Bolu gulung abon ekonomis

Bolu gulung abon ekonomis

Pengen coba yg beda gak melulu manis, modif dikit dari resep yg ada. Orang rumah suka, katanya lebut bngt

21. Bolu gulung batik

21. Bolu gulung batik

Pertama bikin ngegulungnya patah 😭, kedua kalinya bisa digulung tp penampakannya kyk dilipat 😁 dan ini bikinan yg ketiga Alhamdulillah baru berhasil ngegulungnya 😊😉 Intinya jika gagal coba terus, jangan menyerah 👏 Resep saya pake resep mba riecke ordinary kitchen. Hasilnya lembuuuutt banget 😚

Bolu coklat kismis

Bolu coklat kismis

Lagi ga ada makanan,cek stok di dapur masih ada bahan".setiap sy buat bolu pasti sy tambah sdkt garam.biar lbh gurih kata "Farah Quen" Saya pakai baking pan,krn oven lg rusak😁. jd selagi telur masih d kocok.panaskan alas baking pan d atas kompor dngan api kcl.pan sy ukuran telur 8,tp yg sy buat ukuran telur 4😂.hasilnya lembut😊🙏

Bolu gulung kukus batik

Bolu gulung kukus batik

Setelah mengikuti program Cocomba di bulan November 2020 , diisi sharing via WhatsApp #BandungSabilulungan_BolgusBatik , yang diisi oleh Ibu Siswaty Elfin Bachtiar dari Community Depok . Sangat menginspirasi membatik diatas loyang dengan adonan kue . First time dengan rasa deg degan dan tahan napas , akhirnya jadi Yeay 🤭 walaupun masih harus trial and error harus tetap semangat yang penting sehat slalu 😍😍💪 Source : Siswaty Elfin Bachtiar #BandungSabilulungan_BolgulBatik #Cookpadcommunity_Bandung #Cookpadindonesia #GA_TheNextLevel #kemauandankemampuan

15 potong
120 menit
Bolu Dinasti Nenek/Marmer Cake/Bolu Jadul

Bolu Dinasti Nenek/Marmer Cake/Bolu Jadul

#CookpadCommunity_Surabaya

137. Eggwhite cake|| bolu kukus putih telur

137. Eggwhite cake|| bolu kukus putih telur

Ceritanya tadi pagi beli sayur di tukang sayur keliling....eh kok ada putih telur 1 bungkus bergelantungan dikeranjang....cuss deh kubeli, pulang sekolah langsung bikin bolu kukus 😅😅😅

10 potong
1 jam