Resep Ikan Mas Natinombur Bumbu Andaliman Asli Batak Anti Gagal

Ella Thornton   31/10/2020 18:43

Ikan Mas Natinombur Bumbu Andaliman Asli Batak
Ikan Mas Natinombur Bumbu Andaliman Asli Batak

Anda sedang mencari ide resep ikan mas natinombur bumbu andaliman asli batak yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan mas natinombur bumbu andaliman asli batak yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Rasa dari ikan nanitombur sangat enak karena rasanya sangat mengigit di lidah. Biasanya ikan yang ditombur adalah ikan mas, ikan mujahir, ikan nila atau pun lele. Pertama sekali ikan dipanggang kemudian dibumbui dengan resep khusus yaitu resep natinombur atau sering disebut dengan tombur Batak.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan mas natinombur bumbu andaliman asli batak, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan ikan mas natinombur bumbu andaliman asli batak yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ikan mas natinombur bumbu andaliman asli batak sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ikan Mas Natinombur Bumbu Andaliman Asli Batak menggunakan 20 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ikan Mas Natinombur Bumbu Andaliman Asli Batak:
  1. Ambil 1 kg Ikan Mas
  2. Siapkan Bumbu Sangrai:
  3. Sediakan 8 siung bawang merah
  4. Sediakan 4 siung bawang putih
  5. Ambil 5 butir kemiri
  6. Gunakan Segenggam kacang mede/ tanah
  7. Sediakan 1 ruas jahe
  8. Ambil 1 jempol lengkuas
  9. Gunakan Bumbu rebus:
  10. Gunakan 10 cabe merah keriting
  11. Siapkan 4 cabe rawit merah
  12. Ambil 1 buah tomat
  13. Gunakan 1 batang rias
  14. Siapkan Bumbu lain:
  15. Ambil 1,5 sdm Andaliman
  16. Siapkan Daun jeruk, daun salam
  17. Sediakan Secukupnya Garam, gula
  18. Sediakan Secukupnya jeruk nipis
  19. Ambil Secukupnya minyak goreng
  20. Gunakan Secukupnya air

Natinombur (Masakan Khas Batak) ikan (lele/mujahir/ikan mas/nila), Andaliman, bawang merah, bawang putih, cabe rawit (saya pakai rawit merah), jeruk nipis, kemiri, tomat Intan PMR Kohler (Ny. Sinaga, Br Simanungkalit) Natinombur Asli khas batak. Andaliman, yang dalam bahasa Inggris populer disebut Sichuan Pepper, merupakan rempah khas Sumatera Utara yang menjadi bumbu utama pada hampir semua makanan khas Batak. Untuk kali ini tobatabo akan coba berbagi resep dan cara memasak ikan Sibahut Natinombur.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Mas Natinombur Bumbu Andaliman Asli Batak:
  1. Marinate ikan mas dengan garam dan perasan air jeruk nipis minimal 15 menit.. Kemudian goreng sampai matang
  2. Untuk sambal tinombur, sangrai bumbu-bumbu sangrai diatas sampai coklat, angkat.. begitu juga bumbu-bumbu rebus, dimasak sampai matang, kemudian saring
  3. Haluskan bumbu yang telah disangrai, bumbu rebus, dan andaliman dengan blender/ diulek
  4. Setelah halus, masak bumbu di teflon, TANPA minyak.. jadi hanya dimasak dengan diberi air kira2 1/2 gelas.. masukkan juga daun jeruk, daun salam, gula, dan garam. Masak sampai air surut. Sambal natinombur jadi
  5. Voilaaaaa. Sesimple itu buatnya, tinggal di siram sambal nya ke ikan/ bisa dipisah. Selamat mencobaaa 🤤🤤🤤

Makanan ini merupakan salah satu hidangan khas tanah Batak yang cukup populer. Nah langsung saja kita mulai dengan mempersiapkan bahan dan bumbu. Andaliman memiliki rasa pedas yang kuat dan bisa digunakan untuk masakan yang rasa pedasnya memang menonjol. Meski begitu, penggunaan andaliman sebaiknya tidak terlalu banyak, karena bisa merusak citarasa asli masakan. Biasanya, masakan khas Batak yang menggunakan andaliman adalah arsik ikan mas dan sarsang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ikan Mas Natinombur Bumbu Andaliman Asli Batak yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved