Cara Gampang Menyiapkan Pepes Ikan Mas Bumbu Bali yang Lezat Sekali

Cameron Reeves   16/10/2020 09:19

Pepes Ikan Mas Bumbu Bali
Pepes Ikan Mas Bumbu Bali

Anda sedang mencari ide resep pepes ikan mas bumbu bali yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pepes ikan mas bumbu bali yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pepes ikan mas bumbu bali, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan pepes ikan mas bumbu bali enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Setelah itu, panggang dengan api sedang hingga matang, jangan lupa dibolak-balik. Setelah matang, angkat dan sajikan pepes ikan bumbu bali. Nah, itulah resep pepes ikan bumbu bali.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah pepes ikan mas bumbu bali yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pepes Ikan Mas Bumbu Bali memakai 17 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Pepes Ikan Mas Bumbu Bali:
  1. Sediakan 3 ekor ikan mas ukuran sedang
  2. Siapkan 1 buah jeruk nipis
  3. Sediakan 3 batang sereh, potong serong jadi 3 bagian
  4. Sediakan 1 buah tomat
  5. Ambil 3 ikat kecil kemangi
  6. Gunakan 1 sdt garam
  7. Gunakan 3 sdm minyak goreng
  8. Gunakan 2 lembar daun pisang
  9. Ambil Bumbu halus:
  10. Siapkan 2 buah cabe merah besar
  11. Sediakan 10 buah cabe merah keriting
  12. Sediakan 12 siung bawang merah
  13. Ambil 5 siung bawang putih
  14. Sediakan 2 ruas kunyit
  15. Sediakan 2 ruas jahe
  16. Ambil 1 sdt ketumbar
  17. Sediakan 1 sdt terasi

Lihat juga resep Ikan Bandeng Bumbu Bali enak lainnya. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk. Bagainama bisa menyajikan pepes ikan mas yang mantap tergantung dari bumbunya.

Langkah-langkah menyiapkan Pepes Ikan Mas Bumbu Bali:
  1. Siapkan bahan. Cuci bersih ikan lalu lumuri dengan garam dan air jeruk nipis.
  2. Haluskan bahan bumbu halus. Potong sereh dan tomat.
  3. Tumis bumbu halus dan sereh hingga wangi, tambahkan garam dan tomat, masak hingga tomat layu, angkat. Lumuri ikan dengan tumisan bumbu.
  4. Panaskan kukusan. Ambil daun pisang, taruh ikan dan daun kemangi, lalu bungkus. Kukus lebih kurang selama 25 menit.

Nah, pepes ikan bumbu bali berikut ini sangat layak untuk Anda nikmat PEPES IKAN. Hampir semua daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke dari pulau Miangas sampai pulau Rote mengenal kata 'pepes ikan'. Pepes ikan adalah salah satu masakan tradisional Bali yang penggemarnya hampir diseluruh lapisan masyarakat. Berbagai macam ikan dipakai sebagai bahan utama dalam pembuatan pepes ikan, ikan Tuna, Nila, Mas, Gurame, Tenggiri dan masih banyak… Selain digoreng, ikan mas juga cocok diolah menjadi pepes. Menu khas Sunda ini memiliki rasa yang sedap penuh dengan bumbu.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pepes ikan mas bumbu bali yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved