Cara Gampang Menyiapkan Cobek Ikan Mas Goreng Anti Gagal

Jennie Clarke   08/10/2020 06:03

Cobek Ikan Mas Goreng
Cobek Ikan Mas Goreng

Anda sedang mencari inspirasi resep cobek ikan mas goreng yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cobek ikan mas goreng yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ikan air tawar, Kencur (kecil), Jahe (kecil), Bawang merah, Cabe rawit, Kemangi, Garam, Gula merah Ina Qurathul.. Resep Masakan Sambal yang satu ini pasti sangatlah menggugah selera anda khususnya buat para pecinta sambal. Resep Masakan Sambal Cobek Ikan Mas merupakan Resep Masakan Khas dari JawaBarat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cobek ikan mas goreng, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cobek ikan mas goreng yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan cobek ikan mas goreng sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cobek Ikan Mas Goreng menggunakan 20 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Cobek Ikan Mas Goreng:
  1. Siapkan 1 ekor ikan mas uk sedang
  2. Siapkan 1 buah jeruk limau
  3. Gunakan secukupnya Air panas
  4. Ambil secukupnya Minyak goreng
  5. Sediakan Bumbu marined ikan 🐟 haluskan :
  6. Gunakan 2 siung bawang putih
  7. Siapkan 1 ruas kunyit
  8. Gunakan 1 sdt ketumbar
  9. Sediakan 1 sdt garam
  10. Sediakan 1/2 sdt cuka makan
  11. Sediakan 5 sdm air putih
  12. Ambil Bumbu cobek ikan 🐟 haluskan :
  13. Gunakan 3 siung bawang merah bakar
  14. Siapkan 1 ruas jahe bakar
  15. Sediakan 1 ruas kencur
  16. Ambil 2 buah cabe rawit merah
  17. Gunakan 1 sdm kacang tanah goreng
  18. Siapkan 1/2 sdm garam
  19. Ambil 1 sdt gula pasir
  20. Ambil 1/2 sdt Penyedap rasa ikan (optional)

Letakkan ikan mas goreng di atas sambal tadi, tekan-tekan hingga sambalnya menempel. Cobek ikan mas sebenarnya bukan masakan yang asing bagi kebanyakan orang terutama yang tinggal di daerah jawa barat. CARA MEMBUAT SAMBAL COBEK IKAN MAS ( JAWA BARAT) : Tumis semua bumbu yang dihaluskan. Masukkan santan dan air asam jawa, aduk-aduk hingga kental.

Cara menyiapkan Cobek Ikan Mas Goreng:
  1. Bersihkan ikan lalu cuci sampai bersih. Siapkan bumbu marined yang sudah dihaluskan, marined ikan kurang lebih 1 jam. Sisihkan.
  2. Goreng ikan sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan bumbu cobek, ulek sampai halus. Masukan air panas secukupnya dan perasan jeruk limau lalu koreksi rasa. masukan ikan yang sudah digoreng tadi. Cobek ikan mas siap dinikmati 😘

Cobek ikan mas sebenarnya bukan masakan yang asing bagi kebanyakan orang terutama yang tinggal di daerah Jawa Barat. Pada dasarnya cobek merupakan sambal yang umum digunakan sebagai bahan pelengkap makanan utama, namun justru karena sambal tersebut memiliki citarasa yang mantap justru membuat para pecinta kuliner menjadi ketagihan. Okezone rangkumkan resep lengkap cobek ikan mas untuk menu makan malam keluarga. Sajikan bersama nasi putih hangat dan makanan pelengkap lainnya seperti tahu atau tempe goreng. Tanpa harus pergi ke jawa barat, sebenarnya Anda bisa membuat sendiri hidangan ikan mas bakar dengan bumbu khas sunda yakni bumbu cobek.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat cobek ikan mas goreng yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved