Resep Ikan Mas Goreng Sambal Matah Anti Gagal

Trevor Anderson   16/09/2020 17:22

Ikan Mas Goreng Sambal Matah
Ikan Mas Goreng Sambal Matah

Lagi mencari inspirasi resep ikan mas goreng sambal matah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan mas goreng sambal matah yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan mas goreng sambal matah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ikan mas goreng sambal matah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Ikan dori adalah jenis ikan yang bercita rasa ringan dan lembut. Ikan ini tidak memerlukan bumbu yang pekat. Sambal matah ini cocok sekali dipadukan dengan ikan dori goreng tepung.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ikan mas goreng sambal matah yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ikan Mas Goreng Sambal Matah memakai 14 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ikan Mas Goreng Sambal Matah:
  1. Siapkan Bumbu ikan goreng :
  2. Ambil 1 ekor ikan mas ukuran besar, bagi 2
  3. Gunakan 2 siung bawang putih, ulek halus
  4. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk
  5. Sediakan 1/2 buah lemon, peras. klo gak ada boleh pake jeruk nipis
  6. Ambil secukupnya Garam
  7. Gunakan Sambal Matah :
  8. Gunakan 12 biji cabe rawit
  9. Sediakan 5 butir bawang merah
  10. Sediakan 1 lbr kecil daun jeruk
  11. Sediakan 1 batang sereh, ambil bag. Putihnya
  12. Siapkan 3 SDM minyak goreng
  13. Ambil Jeruk nipis
  14. Gunakan Garam dan gula

Ikan goreng jenis apapun kesukaan anak². Masukkan potongan fillet ikan ke dalam Adonan Tepung. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kunng keemasan dan tiriskan. Sambal Matah: Tumis bawang merah hingga layu.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Mas Goreng Sambal Matah:
  1. Bumbui ikan dengan bumbu halus dan garam, beri perasan lemon. Lalu diamkan kurleb 15 menit.
  2. Panaskan minyak. Minyaknya agak banyak yaa, biar ikannya garing. Goreng ikan hingga matang.
  3. Untuk sambal matah, iris tipis semua bahan. Taruh di mangkok. Dan siram dengan minyak panas. Beri perasan jeruk nipis, gula dan garam. Koreksi rasa.
  4. Naaah,,, mudah kan, selamat mencoba dan selamat sahur🙏🏻

Lihat juga resep Cakalang Fufu Suwir Sambal Matah enak lainnya. Sambal Matah sering disajikan dengan aneka sajian masakan khas Bali. Tak jarang, sambal matah ini disajikan dengan kuliner lainnya; misalnya ayam geprek, aneka olahan daging dan lainnya. Rasanya yang segar membuat sambal matah ini banyak disukai. Salah satu cara agar sajian Sambal Matah segar, pastikan untuk merendam cabe di es sebelum diolah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ikan Mas Goreng Sambal Matah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved