Resep Ikan Mas Goreng Sambal Tumbuk, Bisa Manjain Lidah

Claudia Vasquez   16/09/2020 08:34

Ikan Mas Goreng Sambal Tumbuk
Ikan Mas Goreng Sambal Tumbuk

Sedang mencari inspirasi resep ikan mas goreng sambal tumbuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan mas goreng sambal tumbuk yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan mas goreng sambal tumbuk, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ikan mas goreng sambal tumbuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

So hari ni kak bell share resepi sambal tumbuk ikan bilis sebagai pembuka selera korang! Sedikit ikan bilis (digoreng) Minyak untuk menggoreng. Cara Membuat: Gorengkan bawang dan cili api sampai layur.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ikan mas goreng sambal tumbuk yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ikan Mas Goreng Sambal Tumbuk memakai 10 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ikan Mas Goreng Sambal Tumbuk:
  1. Ambil 800 gr ikan mas (4 ekor, lumuri air jeruk nipis)
  2. Ambil 1 sdt garam
  3. Siapkan 1 sdm gula pasir
  4. Gunakan 1 sdm cuka
  5. Gunakan secukupnya Minyak untuk menggoreng
  6. Gunakan Bahan Sambal Tumbuk
  7. Siapkan 10 btr bawang merah
  8. Gunakan 15 bh cabai merah keriting
  9. Siapkan 15 bh cabai rawit merah
  10. Gunakan 3 bh tomat besar

Tumis bahan tumbuk dan serai hingga wangi. Masukkan cili kisar, tumis hingga pecah minyak dan agak garing. Masukkan air asam jawa, air, garam dan serbuk perasa. Masukkan ikan goreng dan bawang besar.

Langkah-langkah membuat Ikan Mas Goreng Sambal Tumbuk:
  1. Persiapan bahan
  2. Goreng ikan mas hingga kecoklatan, sisihkan
  3. Iris kasar bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit dan tomat
  4. Tumbuk kasar cabai dengan 1/2 sdt garam
  5. Masukkan irisan bawang merah, tumbuk kasar
  6. Tumis tomat iris hingga setengah matang
  7. Masukkan tumbukan cabai dan bawang merah, aduk rata. Tumis hingga harum
  8. Masukkan gula pasir, cuka dan sisa garam, aduk rata. Koreksi rasa
  9. Tumis hingga minyak naik dan sambal matang, lalu siram diatas ikan mas goreng

Masak hingga kuahnya pekat dan menyaluti ikan. Oleh kerana dah bercakap pasal ikan pekasam, saya hari ini ingin berkongsikan resepi nasi goreng ikan masin. Resepi biasa sahaja tapi teknik memasak yang membezakan rasanya. Memasak nasi goreng, perlu bermain dengan api. Api perlu besar supaya nasi akan goreng dan tiada bau hanyir jika kita menggunakan telur.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ikan Mas Goreng Sambal Tumbuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved