Resep Ikan Mas Goreng Kering yang Lezat

Mario Walker   01/11/2020 08:38

Ikan Mas Goreng Kering
Ikan Mas Goreng Kering

Anda sedang mencari ide resep ikan mas goreng kering yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan mas goreng kering yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sajian ikan mas goreng kering adalah salah satu menu hidangan utama yang lezat. Hidangan ini biasanya akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan nasih putih hangat dan bahan pelengkap seperti sambal dan lalapan, sudah pasti rasa lapar yang mendera akan dapat terpuaskan dengan sempurna. Ikan Mas Goreng Kering Source : Dapoerezekicooking Ikan mas ala ala warteg atau warung makan lalapan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan mas goreng kering, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ikan mas goreng kering enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ikan mas goreng kering sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Ikan Mas Goreng Kering menggunakan 11 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ikan Mas Goreng Kering:
  1. Sediakan 3 ekor ikan mas, buang isi perutnya, kerat-kerat, cuci bersih
  2. Gunakan 1 buah jeruk nipis, belah dua
  3. Sediakan 700 ml minyak goreng
  4. Gunakan Bumbu yang dihaluskan :
  5. Sediakan 3 siung bawang putih
  6. Sediakan 1 butir kemiri
  7. Siapkan 1 cm kunyit
  8. Ambil 1 cm jahe
  9. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  10. Ambil 1/4 lada bubuk
  11. Sediakan 1/2 sdt garam (saya pakai 1 sdt)

Bersihkan dan cuci ikan mas, baluri dengan air asam jawa dan garam. Panaskan minyak, goreng ikan mas hingga agak kering. Siramkan di atas ikan mas goreng, sajikan segera. Seperti ikan tongkol lebih enak di goreng tidak sampai kering.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Mas Goreng Kering:
  1. Lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis diamkan selama 10 menit.
  2. Haluskan semua bahan bumbu. Lumuri tubuh ikan dengan bumbu halus hingga merata sampai ke bagian perut ikan, diamkan selama 10 menit.
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya. Saat penggorengan kecilkan api. Setelah kering coklat, balik ikan masak hingga kering. Angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan dengan sambal pilihan anda. Saya pakai sambal leunca. Sedaaaaap 💕 raoooos pisan.

Ikan goreng garing yang paling enak adalah yang bertubuh gepeng, seperti ikan mujair, ikan sepat, ikan mas, ikan bawal, dan lainnya. Sedangkan ikan ikan yang tampilannya bulat kurang mantap jika digoreng garing karena postur tubuhnya yang tebal, sehingga duri ikan tidak ikut renyah. Selain digoreng, ikan mas juga cocok diolah menjadi pepes. Menu khas Sunda ini memiliki rasa yang sedap penuh dengan bumbu. Selain itu, tekstur dagingnya juga lembut dan bumbu yang meresap.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ikan Mas Goreng Kering yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved