Bagaimana Menyiapkan Cilok isi ayam tasikmalaya yang Enak Banget

Sean Andrews   18/11/2020 17:18

Cilok isi ayam tasikmalaya
Cilok isi ayam tasikmalaya

Anda sedang mencari inspirasi resep cilok isi ayam tasikmalaya yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal cilok isi ayam tasikmalaya yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cilok (Sundanese script: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) is an Indonesian ball-shaped dumpling made from aci (tapioca starch), a Sundanese snack originated from West Java, Indonesia. In Sundanese, cilok is an abbreviation of aci dicolok or "poked tapioca", since the tapioca balls are poked with lidi skewers made from the midrib of the coconut palm frond. Lihat juga resep Cilok Isi Ayam Bumbu Kacang enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cilok isi ayam tasikmalaya, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cilok isi ayam tasikmalaya yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cilok isi ayam tasikmalaya yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Cilok isi ayam tasikmalaya menggunakan 13 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Cilok isi ayam tasikmalaya:
  1. Gunakan 500 gram tepung sagu merk bebas aku pake (sagu tani)
  2. Gunakan 250 gram tepung terigu
  3. Gunakan 2 sdm garam (secukupnya)atau
  4. Sediakan 1 royco rasa ayam
  5. Ambil Air mendidih /(rebusan ayam kaldu)
  6. Gunakan Bumbu isi :
  7. Ambil 1 Ayam (dada nya aja)
  8. Sediakan 6 Bawang putih (selera)
  9. Siapkan secukupnya Lada
  10. Ambil 1 bungkus Royco
  11. Ambil Saus nya :
  12. Gunakan Saus belibis
  13. Siapkan Atau sambel kacang yg jadi ada di pasar

Cilok Goang Tasikmalaya - Via: review.bukalapak.com. Makanan khas Tasikmalaya yang satu ini punya rasa pedas dengan tekstur kenyal dan gurih ketika dimakan. Ditambah bumbu khas super enak dan sambal goang untuk siraman kuahnya. Cilok goang sebenarnya adalah sajian cilok yang disiram dengan kuah sambal goang.

Langkah-langkah membuat Cilok isi ayam tasikmalaya:
  1. Adonan : campurkan tepung terigu,tepung sagu,garam atau royco secukupnya, aduk rata
  2. Lalu tambahan air rebusan ayam u/ isi atau air mendidih biasa campurkan ke dalam adonan kira"dkit",lalu campurkan air biasa sedkit" aduk pakai tangan sampai kalis/seperti adonan pempek
  3. Isi cilok : rebus ayam sampe matang lalu suir"atau potong kecil" pakai pisau
  4. Setelah sudah di potong,campurkan lada dan royco ke dalam potongan ayam
  5. Tumis : bawang putih tumis sampai harum lalu masukan ayam yg telah di campur bumbu tumis asall
  6. Setelah itu buatlah cilok sesuai kemauan anda besar kecil bulatan u/cilok tahan lama masukan plastik atau tempat makan yg di balurin sagu dan masukan frezzer harus (beku yah)
  7. Rebus pakai minyak agar tidak lengket sesuai keinginan kalian lalu jadi dehhh bisa makan di rebus atau di goreng juga oke guys selamat mencoba 😁😁😁😘
  8. Jika ingin simpan bisa guys tinggal masukin ke plastik atau tempat si cilok di baluri sagu dan taro di freezer tahan bisa sampai 1 atau2 minggu lebih

Cilok asli Bandung, yang gemar memakannya pasti tahu persis perbedaan rasa dengan cilok-cilok lainnya. Rasa gurih cilok Bandung karena adonannya dibuat bersama rebusan kaldu dan bawang putih yang dihaluskan, serta rempah-rempah lainnya. Kini cilok Bandung sudah banyak dikreasikan menjadi berbagai isi mulai dari keju, sosis, ayam, dan lainnya. Bersiram saus kacang bukanlah satu-satunya cara lezat untuk menikmati cilok (aci dicolok) khas kota kembang. Cilok dalam semangkuk kuah kaldu gurih juga tak kalah nikmat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Cilok isi ayam tasikmalaya yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved