Resep 36. Ayam Ungkep Bumbu Kuning, Bikin Ngiler

Nora Caldwell   16/08/2020 00:02

36. Ayam Ungkep Bumbu Kuning
36. Ayam Ungkep Bumbu Kuning

Anda sedang mencari inspirasi resep 36. ayam ungkep bumbu kuning yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal 36. ayam ungkep bumbu kuning yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning (stok tinggal goreng). Ada banyak resep yang bisa dipakai untuk memasak ayam ungkep bumbu. Salah satunya dengan memakai bumbu kuning yang berasal dari kunyit.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 36. ayam ungkep bumbu kuning, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan 36. ayam ungkep bumbu kuning yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan 36. ayam ungkep bumbu kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 36. Ayam Ungkep Bumbu Kuning menggunakan 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan 36. Ayam Ungkep Bumbu Kuning:
  1. Gunakan 1 ekor ayam ukuran sedang (potong sesuai selera)
  2. Ambil 1 batang sereh
  3. Siapkan 3 lembar daun salam
  4. Ambil Bumbu halus 👇
  5. Siapkan 4 siung bawang putih
  6. Gunakan 8 siung bawang merah
  7. Ambil 2 ruas jari kunyit
  8. Ambil 2 ruas jahe
  9. Gunakan 1 jempol lengkuas muda
  10. Siapkan 1 sdm ketumbar
  11. Ambil 4 butir kemiri
  12. Gunakan 2 buah asam jawa, buang bijinya (optional)
  13. Ambil 1 sdt kaldu ayam bubuk
  14. Sediakan secukupnya Garam

Daging ayam diungkep bersama dengan bumbu dan rempah hingga empuk. Ayam bumbu ungkep kuning ini juga bisa dijadikan alternatif untuk stok lauk. Bahan-bahan untuk memasak ayam bumbu ungkep juga mudah didapat. Adapun bumbu-bumbu tersebut seperti daun salam, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan.

Langkah-langkah membuat 36. Ayam Ungkep Bumbu Kuning:
  1. Cuci bersih ayam. Bila perlu beri perasan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amisnya. Diamkan 15 menit lalu cuci bersih.
  2. Haluskan bumbu. Dalam wajan, campur ayam dan bumbu halus, beri 200 ml air, sereh, daun salam. Masukkan juga 1 sdt garam dan kaldu bubuk.
  3. Nyalakan kompor. Masak dengan api sedang, hingga kuah menyusut kurang lebih 30 menit. Sesekali diaduk, biar matangnya merata. Jangan lupa dicicipi ketika hampir matang (mungkin kurang asin).
  4. Setelah matang dan empuk, dinginkan. Lalu siap dimasukkan dalam wadah tertutup. Bisa tahan lama jika disimpan di freezer. Selamat mencoba.
  5. Oiya sisa bumbu ungkep ayamnya jangan dibuang, bisa buat bumbu tahu/ tempe. Atau dikreasikan aja sesuai selera.

Bumbu ungkep ayam menjadi salah satu bahan utama sajian istimewa. Cara mengolah ayam agar menjadi menu makanan lezat ini sangatlah mudah dan praktis. Kamu tidak membutuhkan waktu lama dan bisa diracik pakai bumbu tradisional. Bukan hanya digoreng atau dibakar saja, ayam juga bisa diolah dengan cita. Ayam Goreng bumbu Ungkep Kuning Ayam goreng favorit dirumah, tinggal bikin sambel trasi plus lalapan atau rebusan sayuran udah bisa bikin boros nasi.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan 36. ayam ungkep bumbu kuning yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved