Cara Gampang Membuat Sambal terong tempe cabai hijau Anti Gagal

Mathilda Nelson   16/08/2020 02:01

Sambal terong tempe cabai hijau
Sambal terong tempe cabai hijau

Lagi mencari inspirasi resep sambal terong tempe cabai hijau yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal terong tempe cabai hijau yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Campuran tempe goreng, terung, dan petai dengan sambal cabai hijau sungguh menggiurkan. Campurkan teri goreng sesaat sebelum Tempe Cabai Hijau disantap agar teri tetap renyah. Sambal cabai hijau Padang berbeda rasanya dengan sambal orang Jawa seperti sambal penyet Lamongan dan lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal terong tempe cabai hijau, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal terong tempe cabai hijau yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal terong tempe cabai hijau yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal terong tempe cabai hijau menggunakan 8 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambal terong tempe cabai hijau:
  1. Siapkan 1 buah tempe
  2. Ambil 5-6 buah terong bulat
  3. Sediakan 250 gram cabai hijau (muda)
  4. Siapkan secukupnya Sambal plecingan khas inak
  5. Ambil 2 sdt kecap manis
  6. Sediakan secukupnya Minyak goreng
  7. Ambil Secukupnya Kaldu sapi (bisa pakai yg bubuk)
  8. Gunakan Secukupnya penyedap rasa

Jenis ikan ini juga memiliki sumber protein yang sangat baik untuk tubuh. Source : CP Aang Hudaya dengan modifikasi ala Ada modif ala saya di sini, resep asli pakai terong hijau. Dan ini bahan saya kukus lalu dipanggan. Panaskan minyak, Tumis cabai hijau besar, cabai hijau keriting, cabai rawit hijau, tomat Rebus tempe cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan putih hingga semua menjadi empuk.

Cara membuat Sambal terong tempe cabai hijau:
  1. Potong tempe dan terong bulat memanjang atau sesuai selera, sisihkan
  2. Iris cabai muda agak memanjang atau sesuai selera, sisihkan
  3. Siapkan wajan dan minyak goreng, panaskan dengan api sedang
  4. Setelah panas masukkan tempe terlebih dahulu, goreng sampai setengah mateng
  5. Setelah tempe setengah mateng masukkan terong dan cabai muda, tumis hingga layu
  6. Masukkan sambal pelecingan khas inak, campur rata
  7. Cicipi, tambahkan kecap dan penyedap rasa
  8. Setelah keluar aromanya, tambahkan kaldu sapi (aku pakai yg air bukan bubuk) tunggu sampai bumbunya meresap, cicipi
  9. Setelah matang, angkat dan sajikan… Selamat mencoba 😍

Sambal tempe penyet kemangi. foto: Instagram/@berbagiresepsambal. Dan bagi anda yang tinggal di rantau dimana bau terasi dianggap aneh dan bisa mengusik tetangga, saya sarankan untuk tidak. Silahkan klik link dibawah ini: Sambal Lethok (Sambal Tumpang) a la Paron Sambal Terasi Sambal Pecel Ngawi a la My Mom: Mantep Tenan! Sambal tempe kukus terbuat dari tempe kedelai kukus, bumbunya pun ikut dikukus semua. Letakkan bawang putih, bawang merah, cabai, dan daun jeruk di dalam wadah stainless steel.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal terong tempe cabai hijau yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved