Bagaimana Menyiapkan Terong Teri Sambal Hijau, Bisa Manjain Lidah

Jonathan Hampton   02/08/2020 09:28

Terong Teri Sambal Hijau
Terong Teri Sambal Hijau

Anda sedang mencari ide resep terong teri sambal hijau yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal terong teri sambal hijau yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari terong teri sambal hijau, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan terong teri sambal hijau yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Sebelum membuat oseng terung tempe ini teri dan tempe harus sudah digoreng. Sambal teri bisa jadi pilihan untuk pendamping lauk dan nasi hangat. Bahkan, meski hanya disandingkan dengan tahu, tempe, atau telur dadar sudah enak, lho.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan terong teri sambal hijau sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Terong Teri Sambal Hijau memakai 14 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Terong Teri Sambal Hijau:
  1. Sediakan 3 buah terong ungu (350 gr)
  2. Ambil 50 gr teri medan, goreng
  3. Sediakan 1/4-1/2 sdt garam (sesuai selera)
  4. Sediakan 1/2 sdt gula pasir (sesuai selera)
  5. Sediakan 2 lembar daun salam
  6. Ambil 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  7. Gunakan 1/2 sdm air jeruk nipis
  8. Gunakan Secukupnya minyak goreng
  9. Ambil Sambal Hijau (Ulek Kasar):
  10. Ambil 7 siung bawang merah
  11. Gunakan 2 siung bawang putih
  12. Ambil 10 buah cabai hijau
  13. Ambil 5 buah cabai rawit hijau
  14. Gunakan 3 buah tomat hijau kecil (besar 1), bs jg diiris kecil

Nah kamu bisa membuatnya sendiri lho. Resep memasak teri jengki oseng cabai hijau. Namun, kadang ada rasa bosan memakan teri goreng hanya sebagai pendamping makan nasi dan sambal. Karena menggunakan bumbu instan sambal balado, anda tidak perlu menghaluskan berbagai Langkah kedua adalah mempersiapkan sambal balado dengan menghaluskan bumbu-bumbu berikut.

Langkah-langkah membuat Terong Teri Sambal Hijau:
  1. Siapkan bahan yg diperlukan. Potong-potong terong sesuai selera, kmdn rendam dgn air garam. Ulek kasar bahan sambal, sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng, goreng terong sampai berwarna kecoklatan, matang, angkat dan tiriskan. Goreng jg teri medan sampai kering & rapuh, tiriskan.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis sambal hijau sampai hilang bau langu & matang, bumbui garam & gula pasir. Setelah sambal matang, beri sdkt kucuran air jeruk nipis, aduk rata.
  4. Selanjutnya masukkan terong & teri, aduk rata, kmdn matikan api. Sajikan dengan nasi putih hangat,, selamat mencoba😊

Sambal ijo bahkan bisa menjadi hidangan yang bergizi lho, karena cabai hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Resep sambal ijo selain bisa dikreasikan dengan ikan, juga tak kalah enak apabila dipadukan dengan teri dan tahu. Bahkan menu ini bisa menjadi lauk yang pedas dan enak. Ambil cabe hijau besar, cabe rawit hijau, tomat hijau, bawang merah dan bawang putih, kemudian rebus smapai layu. Uleg sampai halus cabe rawit merah, cabe merah besar, bawang putih Sambal tumpang juga nyaris sama populernya dengan sambal terong.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Terong Teri Sambal Hijau yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved