Resep Terong sambel lombok ijo yang Sempurna

Bess Boone   28/08/2020 16:11

Terong sambel lombok ijo
Terong sambel lombok ijo

Lagi mencari ide resep terong sambel lombok ijo yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal terong sambel lombok ijo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Whenever I cook sambal terong balado, I gotta make sure there is rice around to go with it 🙂 Whenever a sambal is involved, rice is Balado is an Indonesian type of sambal originated from West Sumatra, Padang cuisine to be exact. Lihat juga resep Sambel ijo (nasi padang) enak lainnya. Sambal cabe ijo meruakan sambal khas dari tanah minang.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari terong sambel lombok ijo, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan terong sambel lombok ijo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan terong sambel lombok ijo sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Terong sambel lombok ijo menggunakan 10 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Terong sambel lombok ijo:
  1. Gunakan 3 bh terong hijau
  2. Gunakan Utk sambel :
  3. Gunakan 8 btr bawang merah
  4. Gunakan 2 siung bawang putih
  5. Siapkan 15 bh lombok hijau
  6. Ambil 1 bh tomat
  7. Ambil 2 cm terasi bakar
  8. Gunakan Kaldu bubuk (selera)
  9. Siapkan Saya tdk pakai garam karena sudah pakai kaldu bubuk
  10. Gunakan Minyak utk menggoreng terong

Hai.di hari Senin yang cerah ceria di Batam ini, saya mau share resep beberok terong khas Lombok. Nah kalau bicara makanan satu ini, ternyata menu satu ini juga cukup terkenal ya selain plecing kangkung, sate ampet dan juga ayam bakar taliwang. SHUTTERSTOCK/JULIUS BRAMANTOIlustrasi beberuk terong khas Lombok. Jika dilihat sekilas, beberuk terung seperti lalapan yang dipotong-potong kemudian dicampur sambal uleg.

Cara menyiapkan Terong sambel lombok ijo:
  1. Cuci terong, belah dan potong menurut selera
  2. Rebus : lombok ijo, bawang merah, bawang putih, tomat sampai mateng, tiriskan
  3. Ulek bahan sambel yg sudah mateng ditambah terasi
  4. Tuangkan minyak goreng, jangan terlalu banyak..kemudian goreng terong… Jangan terlalu lama.. Asal sudah empuk, angkat tiriskan
  5. Tumis sabel diwajan bekas nggoreng terong tadi, masukkan kaldu bubuk… Setelah itu masuk kan terong..tes rasanya..bila dirasa pas.. Matikan kompor… Siap disajikan

Beberapa bumbu beberuk terung adalah cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan kencur. Resep Sambal Ijo dengan tambahan saus tiram. Pedasnya pun istimewa, boleh diadu dengan sambal-sambal lainnya. Namun yang membuat sambal ijo padang yang enak dari resep ini adalah penggunaan Saus Tiram Selera sebagai bahannya. Sambal yang berikut ini lumayan banyak juga lho penggemarnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Terong sambel lombok ijo yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved