Resep Bakpau pandan kukus yang Sempurna

Elizabeth Hudson   27/08/2020 06:57

Bakpau pandan kukus
Bakpau pandan kukus

Lagi mencari inspirasi resep bakpau pandan kukus yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bakpau pandan kukus yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep bakpao kukus, merupakan salah satu kue yang cukup populer di Indonesia, tapi kue tradisional ini berasal dari dataran Cina kue ini dikanal sabagai bakpao di Indonesia kata sarapan dari bahasa hokkian. Biasanya bakpao bisa ditemukan di pinggir jalan atau dipasar tapi biasaanya lebih banyak menggunakan gerobak keliling. Campur air susu hangat, gula pasir, dan ragi dalam gelas.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakpau pandan kukus, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan bakpau pandan kukus yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bakpau pandan kukus yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bakpau pandan kukus menggunakan 10 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Bakpau pandan kukus:
  1. Sediakan 250 gr tepung terigu (cakra atau segitiga)
  2. Ambil 3 sdm gula pasir/gula halus
  3. Gunakan 2 kuning telur
  4. Ambil 1 sdm mentega
  5. Gunakan Baking powder
  6. Sediakan 1/2 sdt fermipan
  7. Gunakan 2 sdm susu kental manis
  8. Gunakan Pasta pandan
  9. Sediakan Air hangat
  10. Siapkan Coklat batang (potong dadu untuk isian bakpau atau bisa pakai mesis coklat)

Tambahkan air pandan bertahap sambil diaduk, lakukan sampai air habis. Campur jadi satu tepung terigu, maizena, baking powder, gula halus, aduk dan saring. Bakpao bisa dikategorikan sebagai roti kukus. Bakpao terbuat dari adonan tepung (terigu atau tangmien) yang diberi ragi agar mengembang, kemudian diberi isian pada bagian tengahnya.

Cara menyiapkan Bakpau pandan kukus:
  1. Campur semua bahan kecuali tepung terigu dan pasta pandan
  2. Setelah tercampur rata lalu tambahkan terigu
  3. Uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket pada saat di pegang
  4. Setelah kalis, bagi adonan menjadi 8-10 bulatan dan diamkan selama 30 menit
  5. Setelah 30 menit lalu kempeskan dan diisi dengan coklat yg sudah di potong dadu lalu bulatkan dan diamkan selama 1 jam sampai mengembang
  6. Setelah mengembang lalu kukus selama 10 menit
  7. Hidangkan selagi hangat dan selamat mencoba:)

Dulu bakpao hanya berisi daging cincang. Cara Membuat Bakpao Coklat Kukus Lembut yang Empuk dan Lezat Cara Membuat Bahan Isian: Untuk yang pertama kita akan awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu membuat bahan isian untuk membuat sajian kue kali ini. Namun sebelum itu, ada baiknya jika anda terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat sajian kali ini. Resep roti kukus tiga rasa bisa menjadi menu sarapan lezat. Roti kukus tiga rasa ini merupakan menu sarapan untuk keluarga.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bakpau pandan kukus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved