Resep Bacem kepala ayam, Lezat

Noah Hawkins   08/09/2020 17:26

Bacem kepala ayam
Bacem kepala ayam

Lagi mencari inspirasi resep bacem kepala ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bacem kepala ayam yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bacem kepala ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bacem kepala ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Bacem Kepala Ayam feat Tunggir enak lainnya. Lihat juga resep Ayam goreng bacem jogja enak lainnya. Dalam video kali ini saya akan memberikan resep dan cara memasak kepala ayam bacem yang enak mudah dan lezat.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bacem kepala ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bacem kepala ayam menggunakan 13 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Bacem kepala ayam:
  1. Sediakan 1/2 kg ayam kepala
  2. Ambil 1/2 kg kaki ayam
  3. Ambil Bumbu ;
  4. Siapkan 1 rantang Air kelapa
  5. Ambil 8 siung Bawang merah
  6. Sediakan 5 siung Bawang putih
  7. Sediakan Daun salam
  8. Ambil Lengkuas
  9. Siapkan 1 sdk makan Asam jawa
  10. Gunakan 1/2 ons Gula merah
  11. Ambil 1 sdk makan Ketumbar halus
  12. Gunakan Garam
  13. Siapkan Penyedap kalau suka

Sajikan hangat dan bisa dinikmati juga dengan nasi. Tuang air, masak hingga setengah matang. Kepala ayam bumbu rujak. foto: cookpad.com. Misalnya: Ayam Goreng "Mbok Sabar" yang sangat populer dan sudah memiliki beberapa cabang di luar Jogja.

Langkah-langkah menyiapkan Bacem kepala ayam:
  1. Ayam kita bersihkan dan rebus sampai mendidih kemudian buang airnya
  2. Masukan air kelapa kedalam ayam tadi,gula merah bawangmerah iris,bawangputih iris,ketumbar,garam,penyedap,salam lrngkuas…aduk dan panaskan diatas kompor..rebus sampai air kelapa berkurang
  3. Setelah matang pastikan kaki /kepala ayam sdh benar2 empuk tulangnya,kalau masih blm bisa tambah lagi air..
  4. Rebus sampai berkurang airnya dan ayam tulangny lunak
  5. Untuk menghidangkan ayam digoreng dulu,tdk terlalu lama dan sambil diaduk aduk di minyak,ayam siap dihidangkan.

Ada pula penjual yang sukses berdagang kepala kambing bacem. Jangan membayangkan kepala kambing utuh, karena di tempat ini kepala kambingnya sudah dipotong-potong mengikuti setiap bagian, misalnya: lidah, pipi, mata, dsb. Meski rasa manisnya ringan, namun justru itulah yang menjadi kelebihan air kelapa, terutama dalam olahan makanan seperti ayam bacem atau ayam bumbu. Memberi rasa gurih Misalnya: Ayam Goreng "Mbok Sabar" yang sangat populer dan sudah memiliki beberapa cabang di luar Jogja. Ada pula penjual yang sukses berdagang kepala kambing bacem.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Bacem kepala ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved