Cara Gampang Membuat Baceman ceker campur usus yang Lezat

Nellie Moore   14/10/2020 14:34

Baceman ceker campur usus
Baceman ceker campur usus

Anda sedang mencari inspirasi resep baceman ceker campur usus yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal baceman ceker campur usus yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep baceman tersebut bisa santap langsung atau bisa juga digoreng terlebih dahulu. Lihat juga resep Sate Usus Bakar Bumbu Bacem enak lainnya! Lihat juga resep Ceker ayam bacem enak lainnya!

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari baceman ceker campur usus, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan baceman ceker campur usus yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan baceman ceker campur usus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Baceman ceker campur usus menggunakan 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Baceman ceker campur usus:
  1. Gunakan 1/2 kg ceker
  2. Gunakan 1/2 kg usus
  3. Ambil 3 lmbr daun salam
  4. Gunakan 2 cm lengkuas memarkan
  5. Gunakan 50 grm gula merah (di sisir)
  6. Sediakan 3 sdm kecap manis
  7. Sediakan 1 sdt air asam jawa
  8. Sediakan Bumbu halus
  9. Sediakan 6 btr bawang merah
  10. Siapkan 4 btr bawang putih
  11. Ambil 2 sdt ketumbar
  12. Ambil 1 sdt garam

Apabila Anda sudah bisa membuatnya, pasti tidak akan kesulitan untuk membuat jenis. Umumnya, resep baceman yang identik dengan cita rasa legit dan gurih ini, mudah ditemui di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Umumnya, resep baceman diolah dengan berbagai bumbu, seperti bawang merah, Begitu pula dengan resep mie ayam ceker. Tinggal tambahkan ceker ayam setengah matang saat memasak topping mie ayam atau kuah mie ayam.

Langkah-langkah menyiapkan Baceman ceker campur usus:
  1. Cuci bersih ceker dan usus, potong kuku pada ceker dan sisa kotoran.
  2. Kemudian haluskan semua bumbu sisihkan. bila sudah rebus usus terlebih dahulu. Angkat lalu tiriskan.
  3. Bila sudah tumis bumbu hingga harum jangan lupa masukkan daun salam, dan lengkuas, tumis hingga tercium harumnya lalu beri air
  4. Masukkan gula merah, kecap, garam, korekai rasa, kemudian masukkan ceker dan usus tunggu hingga bumbu meresap / air ungkepan menyusut setengah panci. Bila sudah angkat dan siap di sajikan.

Lalu ikutkan ceker tersebut di hidangan mie ayam. Dua varian mie ayam yang agak berbeda dan memiliki cita rasa yang juga berbeda adalah mie ayam Bangka dan mie ayam Solo. Cara Membuat Ceker Setan Super Pedas - Ceker setan adalah makanan khas dari kota Malang. Nama makanan ini sudah sangat terkenal dikota Malang, namun mungkin bagi anda yang didaerahnya belum terdapat makanan ini terdengarnya agak terasa asing. Makanan ini memiliki rasa yang pedas bahkan super pedas, itulah sebabnya makanan ini dinamakan ceker.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan baceman ceker campur usus yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved