Cara Gampang Membuat Sayur Lodeh Nangka, Lezat Sekali

Miguel Wheeler   15/08/2020 06:40

Sayur Lodeh Nangka
Sayur Lodeh Nangka

Sedang mencari ide resep sayur lodeh nangka yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur lodeh nangka yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur lodeh nangka, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayur lodeh nangka enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Ada yang suka sayur lodeh pakai terong, nangka muda, tempe tahu, pete, dan juga sayuran yang biasa di gunakan pada Sayur Asem Jakarta yaitu daun so, melinjo, jagung lengkap dengan labu jipang. Sayur lodeh khas Jawa Timur. foto: Instagram/@r.megasarindi. Resep Sayur Lodeh - Menikmati hidangan yang sederhana namun enak adalah hal yang banyak orang syukuri.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur lodeh nangka sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sayur Lodeh Nangka menggunakan 17 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sayur Lodeh Nangka:
  1. Gunakan selonjor nangka dicacah kecil - kecil
  2. Ambil sedikit tetelan daging (optional)
  3. Gunakan bumbu halus :
  4. Siapkan 3 buah cabe merah
  5. Sediakan 2 buah cabe rawit
  6. Sediakan 6 buah bawang merah
  7. Gunakan 2 buah bawang putih
  8. Siapkan 2 buah kemiri
  9. Sediakan seruas kunyit
  10. Sediakan seruas jahe
  11. Sediakan 1/2 sdt ketumbar
  12. Sediakan 1/4 sdt merica
  13. Gunakan 1 buah serai digeprek
  14. Siapkan seruas lengkuas digeprek
  15. Siapkan daun jeruk
  16. Sediakan 1 bungkus santan kara
  17. Ambil secukupnya garam dan gula pasir

Jantung pisang dan nangka muda, dua jenis bahan sayur (kalau bisa disebut sayur) terfavorit saya untuk diolah menjadi sayur lodeh. Sayangnya di Jakarta sangat sulit menemukan jantung pisang. Resep Sayur Lodeh Nangka Muda Dengan Kikil & Telur. Orang Indonesia umumnya sangat menyukai segala masakan yang gurih, pedas serta kaya akan bumbu.

Cara menyiapkan Sayur Lodeh Nangka:
  1. Rebus nangka sampai empuk dan hilang getahnya (sisihkan)
  2. Haluskan semua bumbu halus, lalu tumis hingga harum tambahkan lengkuas, serai daun jeruk
  3. Masukkan nangka yg sdh direbus, tambahkan garam dan gula cicipi rasanya jika sudah pas tambahkan santan
  4. Masak hingga matang, siap disajikan…😋

Sayur lodeh yang pertama ini merupakan jenis lodeh yang paling banyak ditemukan dan juga paling umum dimasak di rumah. Jika kamu masih belum mengetahui cara membuat lodeh nangka. Bahan sayur lodeh yakni nangka muda merupakan bahan olahan yang cukup istimewa, sebab bisa untuk membuat macam macam jenis masakan daerah, salah satunya seperti resep sayur gudeg. Sayur lodeh ✅ yang berasal dari Jawa memiliki rasa yang enak. Resep sayur lodeh biasa menggunakan bahan utama terong atau bisa pula dengan menggunakan bahan dasar nangka.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur lodeh nangka yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved