Resep Cuko pempek Palembang Anti Gagal

Mario Ward   06/08/2020 15:38

Cuko pempek Palembang
Cuko pempek Palembang

Anda sedang mencari inspirasi resep cuko pempek palembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko pempek palembang yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek palembang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan cuko pempek palembang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah cuko pempek palembang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Cuko pempek Palembang memakai 6 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cuko pempek Palembang:
  1. Gunakan 500 gram gula batok/gula merah khusus buat cuko
  2. Siapkan 400 ml air
  3. Siapkan 15 bh cabe rawit
  4. Siapkan 15 bh bawang putih
  5. Ambil 1 sdm garam
  6. Siapkan 2 sdm air asam jawa

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Resep ini saya dapat dari hasil modifikasi sana dan sini. Ini adalah resep cuko jualan pempek saya 😁 "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan.

Langkah-langkah menyiapkan Cuko pempek Palembang:
  1. Siapkan gula merah pilih gula yang tidak pahit ya.
  2. Haluskan cabe rawit dan bawang putih.
  3. Rebus terlebih dahulu gula merah bersama air sampai gula larut.
  4. Setelah semua gula larut dan mendidih, masukkkan cabe rawit dan bawang putih yang sudah dihaluskan, asam jawa dan garam, saya tidak pake gula pasir lagi karena gulanya sudah manis. Aduk aduk trus sampai mendidih lalu matikan kompor, sambil diaduk agar bumbunya larut.
  5. Setelah bumbunya larut dinginkan. Dan hidangkan bersama pempek.

Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya. Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat. Bagi kami orang Palembang, biarlah rasa pempeknya kurang sedap dan enak. Pempek sebagai makanan khas Kota Palembang banyak disukai tak hanya oleh masyarakat Palembang, tetapi seluruh masyarakat di Indonesia menyukai makanan yang terbuat dari bahan tapioka dan ikan ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Cuko pempek Palembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved